Rekomendasi Aplikasi untuk Menghitung Kebutuhan Besi

rekomendasi aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi kps steel distributor besi jakarta

Dalam industri konstruksi, setiap detail perencanaan perlu dipertimbangkan dengan cermat, termasuk dalam penghitungan kebutuhan bahan konstruksi seperti besi. Berkat perkembangan teknologi, kini sudah tersedia aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi.

Selain itu, tersedia pula distributor besi Jakarta yang menyediakan beragam besi dan baja lengkap untuk kebutuhan konstruksi. Hal ini tentu semakin mempermudah pihak kontraktor maupun tenaga ahli teknik sipil untuk merencanakan konstruksi bangunan.

Rekomendasi Aplikasi untuk Menghitung Kebutuhan Besi Konstruksi

Menghitung kebutuhan besi dan bahan konstruksi lainnya bukanlah tugas yang mudah. Namun dengan bantuan teknologi dan aplikasi yang tepat, Anda dapat melakukan perencanaan dengan lebih efisien dan akurat. Berikut ini beberapa rekomendasi terbaiknya:

1. Kalkulator Besi Beton

Aplikasi “Kalkulator Besi Beton” adalah solusi pintar untuk menghitung kebutuhan besi beton dalam proyek konstruksi. Dengan lebih dari 500 unduhan dan rating 3.7 di Google Play Store, aplikasi ini cukup fungsional untuk digunakan.

Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk menghitung kebutuhan besi beton dengan akurat, agar bisa menghindarkan resiko kesalahan perhitungan yang dapat berdampak pada efisiensi dan keamanan proyek. 

Pengguna hanya perlu memasukkan data seperti dimensi besi beton yang dibutuhkan, serta biaya yang ingin diinvestasikan. Kemudian, aplikasi ini akan menghitung besi beton yang sesuai dengan berat dan biaya yang telah diinputkan.

Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini adalah antarmuka yang sederhana dan intuitif, memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dan mendapatkan hasil perhitungan dengan cepat dan mudah.

2. Estimator Besi Tulangan

Rekomendasi aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi selanjutnya bernama “Estimator Besi Tulangan”. Hingga saat ini, aplikasi ini sudah memperoleh lebih dari 5 ribu unduhan dengan rating 4.0 di Google Play Store.

Menurut deskripsi di halaman Google Play Store, aplikasi ini berfokus untuk menghitung besi tulangan dalam 1 bentang kolom atau balok. Cara menggunakannya, pengguna cukup memasukkan data dimensi dan spesifikasi besi tulangan yang dibutuhkan.

Dimensi yang dimaksud yaitu panjang, lebar, dan tinggi tulangan dalam satuan meter (m). Kemudian, aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi ini akan menampilkan gambar atau ilustrasi besi tulangan berdasarkan data.

Selanjutnya, masukkan rincian diameter tulangan tumpuan, tulangan lapangan, dan tulangan tumpuan. Di akhir, akan ditampilkan berapa hasil tulangan sengkang yang dibutuhkan.

3. Kalkulator Besi

Selanjutnya ada aplikasi bernama “Kalkulator Besi” yang sudah mencapai lebih dari 10 ribu download dengan rating 4.2 di Google Play Store, lebih banyak dibanding tiga aplikasi sebelumnya.

Aplikasi ini memberikan solusi lengkap untuk menghitung kebutuhan besi tulangan berdasarkan luas dan parameter lain yang telah diketahui, dengan tiga pilihan mode perhitungan yaitu Kolom, Balok, dan Pelat Lantai.

Kelebihan utama dari aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi ini adalah fleksibilitas dan akurasi perhitungannya. Pengguna dapat menyimpan data hasil perhitungan, yang memungkinkan Anda untuk melihatnya kembali saat diperlukan. 

Hasil perhitungannya juga sangat rinci. Misalnya dalam perhitungan besi kolom, pengguna tidak hanya mendapatkan informasi tentang jumlah tulangan yang diperlukan, tetapi juga spesifikasi tinggi, panjang, berat, hingga jenis dan jumlah tulangan pokok dan sengkang.

Baca Juga: Cara Menghitung Luasan Atap Bangunan dan Rekomendasinya

4. Aplikasi Perhitungan Sipil

Dengan lebih dari 100.000 unduhan dan rating 4.4 di Google Play Store, app bernama “Aplikasi Perhitungan Sipil” ini adalah rekomendasi terbaik bagi para profesional dalam industri konstruksi.

Sebenarnya, aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi ini adalah aplikasi perhitungan sipil secara umum. Sehingga selain besi atau baja, disini pengguna juga bisa menghitung kebutuhan beton, batu bata, balok, semen, pasir, agregat beton, bahkan hingga volume cat.

Khusus untuk besi baja, disini Anda bisa menghitung berapa banyak baja yang dibutuhkan dalam pelat RCC beserta total biayanya. Adapun khusus untuk kalkulator Roller-compacted concrete (RCC), perhitungannya mencakup:

  • Perhitungan pelat sederhana
  • Perhitungan pelat satu arah
  • Perhitungan pelat dua arah
  • Perhitungan kolom Empat Bar
  • Perhitungan kolom bulat

Bahkan, di aplikasi ini juga tersedia fitur konverter satuan panjang, luas, volume, daya, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga beberapa keunggulan lainnya yaitu:

  • Tidak butuh koneksi internet
  • Cepat dan sederhana
  • Mendukung tampilan tablet
  • Ukuran APK kecil
  • Tidak ada proses latar belakang
  • Ada fitur share

Untuk memenuhi kebutuhan besi guna konstruksi bangunan, Anda dapat menghubungi KPS Steel. KPS Steel menyediakan beragam jenis besi dan baja ringan, atap, tali sling, hingga mata bor besi yang dapat digunakan untuk kebutuhan konstruksi.

KPS Steel juga merupakan distributor besi di Jakarta yang menyediakan pengiriman untuk pulau Jawa dan Bali. Kami menyediakan beragam ukuran sesuai kebutuhan konstruksi Anda, atau berdasarkan hasil analisis dari aplikasi untuk menghitung kebutuhan besi.

Kunjungi laman produk KPS Steel untuk melihat beragam jenis besi dan atap lainnya yang tersedia. Pelajari juga berbagai informasi terkini seputar dunia konstruksi melalui blog KPS Steel. Hubungi kami untuk informasi lanjut seputar pemesanan maupun kerja sama.

Bagikan Artikel :

Butuh Besi Untuk Kebutuhan Konstruksi?