Cara Menghitung Luasan Atap Bangunan dan Rekomendasinya

cara menghitung luasan atap bangunan kps steel distributor besi jakarta

Mencari cara menghitung luasan atap yang tepat dan efisien? Terdapat dua cara paling akurat untuk mengukur luas atap bangunan Anda. Simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Atap adalah bagian vital dari setiap bangunan, dan perhitungan serta pemilihannya memerlukan perhatian khusus. KPS Steel, distributor besi di Jakarta, tidak hanya menyediakan berbagai jenis besi dan tali sling, tetapi juga menawarkan atap holodeck dan UPVC berkualitas tinggi.

Produk-produk ini cocok untuk berbagai kebutuhan konstruksi, baik untuk bangunan komersial maupun perumahan. Kami menyediakan layanan pengiriman untuk pulau Jawa dan Bali. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda ingin tahu informasi lebih lanjut.

Cara Menghitung Luasan Atap Bangunan

Menghitung luas atap bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan tukang bangunan. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, melalui formula menghitung kemiringan dengan derajat dan tinggi.

Untuk memudahkan perhitungan, formula yang dibahas pada artikel adalah cara menghitung luasan atap dengan kemiringan 30 derajat. Dalam hal ini, perlu digabungkan konsep geometri dan trigonometri untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Pertama, tentukan panjang dan lebar atap yang akan Anda hitung. Kemudian, gunakan formula: Luas atap rumah = (panjang x lebar) / cosinus (y).

Di sini, “y” adalah derajat kemiringan, yakni 30 derajat. Dengan kata lain, akan dibagi hasil perkalian panjang dan lebar dengan cosinus 30 derajat.

Sebagai contoh, jika atap rumah memiliki ukuran panjang 8 meter dan lebar 10 meter dengan sudut kemiringan 30 derajat, maka luas atap adalah: (10 x 8) / cosinus (30) = 80 / 0,866 = 92,37 meter persegi.

Angka dari cara menghitung luasan atap ini memberi Anda ukuran yang tepat dari luas atap dengan kemiringan 30 derajat untuk merencanakan material dan biaya yang lebih efisien.

Rekomendasi Atap Bangunan

Setelah mengetahui cara menghitung luasan atap, sekarang saatnya untuk menentukan jenis atap yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. KPS Steel merekomendasikan 6 jenis atap bangunan di bawah ini.

1. Atap UPVC

Atap UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) adalah pilihan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Material ini terkenal karena ketahanannya terhadap korosi, cuaca ekstrem, dan hama.

Atap UPVC juga ringan yang membuatnya mudah dipasang dan mengurangi beban struktural pada bangunan. Tampilannya yang modern dan variasi warna yang tersedia membuatnya cocok untuk berbagai jenis bangunan.

2. Atap Holodeck

Atap holodeck adalah inovasi dalam desain atap yang menawarkan tampilan elegan dan futuristik. Material ini tahan terhadap beban berat dan tahan lama.

Atap holodeck juga memiliki sifat isolasi termal yang baik, membantu dalam efisiensi energi bangunan. Ideal untuk bangunan modern yang mencari sentuhan estetika yang berbeda.

3. Atap Beton

Atap beton adalah salah satu jenis atap paling tahan lama dan kuat. Material ini memberikan isolasi suara yang luar biasa, menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah yang bising. 

Atap beton juga menawarkan fleksibilitas dalam hal warna dan gaya, dan dapat dicetak untuk meniru penampilan material lain seperti kayu atau ubin.

4. Atap Kaca

Atap kaca menawarkan estetika yang benar-benar unik dengan pemandangan langit yang menakjubkan. Meskipun indah, jenis atap ini memerlukan perawatan ekstra dan perhatian terhadap detail saat pemasangan. 

Diperlukan juga pertimbangan isolasi yang tepat untuk menjaga efisiensi energi. Cocok untuk ruang-ruang tertentu dalam bangunan yang ingin menekankan keindahan dan transparansi.

5. Atap Metal

Atap metal adalah pilihan efisien dan ramah lingkungan. Material ini tahan terhadap berbagai elemen, termasuk angin kencang, hujan, dan badai. 

Mudah ditemukan dalam berbagai gaya dan warna, atap metal adalah pilihan yang serbaguna. Dengan perawatan minimal, atap metal dapat bertahan hingga 50 tahun atau lebih.

Baca Juga: Perbedaan Atap UPVC vs Atap Holodeck

6. Atap Semen

Atap semen adalah pilihan yang kuat, tangguh, dan tahan terhadap api. Atap ini menawarkan fleksibilitas dalam desain dan dapat disesuaikan dengan berbagai jenis arsitektur.

Atap semen juga memiliki kinerja isolasi yang baik dan dapat membantu menjaga bangunan tetap sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Cocok untuk berbagai jenis struktur, dari rumah tinggal hingga bangunan industri.

Keakuratan dan kualitas adalah segalanya. Pemilihan atap yang tepat serta pengetahuan tentang cara menghitung luasan atap adalah langkah vital dalam membangun rumah atau bangunan yang tangguh dan tahan lama.

Jangan biarkan proses memilih atap menjadi rumit dan melelahkan. Temukan semua yang Anda butuhkan di KPS Steel, penyedia atap UPVC dan atap holodeck berkualitas.

KPS Steel merupakan distributor besi terlengkap dan terpercaya di Jakarta. Selain atap UPVC dan holodeck, KPS Steel juga menyediakan berbagai jenis besi dan atap lainnya di halaman produk ini.

KPS Steel menyediakan beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami untuk informasi terkait pemesanan atau kerja sama. Ketahui juga informasi terkini seputar dunia konstruksi dan cara menghitung luasan atap di blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Butuh Atap untuk Keperluan Konstruksi?