Kelebihan Baja Ringan & Manfaatnya untuk Rumah Minimalis

kelebihan-baja-ringan-KPS-steel-distributor-besi-jakarta

Kelebihan Baja Ringan

Perkembangan jaman yang kian maju ini membawa perubahan dalam konstruksi bangunan. Jaman dulu konstruksi bangunan mungkin banyak terbuat dari beton dan kayu saja. Akan tetapi saat ini, banyak bangunan yang menggunakan konstruksi baja ringan karena lebih modern dan menawarkan banyak kelebihan. Kelebihan baja ringan untuk konstruksi bangunan membuatnya menjadi pilihan favorit sebagai salah satu jenis material bangunan khususnya untuk gaya rumah minimalis.

Konstruksi baja ringan bisa digunakan untuk berbagai bagian bangunan khususnya bagian pada bagian atap. Meskipun memiliki bobot yang ringan, akan tetapi material bangunan jenis ini memiliki kekuatan yang cukup kokoh dan juga tahan lama.

Baca Juga: Ukuran Pipa Seamless dan Pipa Welded yang Perlu Diketahui

Keunggulan Konstruksi Baja Ringan

Baja ringan menjadi salah satu material bangunan favorit saat ini khususnya untuk konstruksi atap. Hal ini karena jika dibandingkan konstruksi konvensional, konstruksi baja ringan memiliki lebih banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan dari konstruksi baja ringan:

1. Ringan Namun Memiliki Kekuatan Tarik Mumpuni

Baja ringan saat ini menjadi salah satu material bangunan favorit karena memiliki bobot ringan namun tetap kuat dan kokoh untuk bangunan. Jika dibandingkan bayu atau besi, baja ringan memiliki bobot lebih ringan sehingga mampu mengurangi beban bangunan. Tidak hanya itu baja ringan juga memiliki potensi beban mati yang kecil namun tetap tidak mengurangi kekuatan tarik yang dimilikinya. Kelebihan inilah yang membuat baja ringan sangat cocok jika digunakan untuk konstruksi atap.

2. Memiliki Kekuatan Lebih daripada Konstruksi Konvensional

Meskipun memiliki bobot yang ringan, akan tetapi kelebihan baja ringan adalah memiliki kekuatan yang tidak kalah dari kontruksi konvensional. Bentuknya yang tipis namun kokoh tetap mampu menahan konstruksi bangunan yang besar. Baja ringan juga tidak mudah menyebabkan keruntuhan pada beban tarik baik saat proses fabrikasi, transportasi maupun pada saat pembuatan konstruksi.

3. Kontruksi Baja Ringan Memiliki Konsistensi Bentuk yang Tinggi

Mutu dan kualitas baja ringan lebih bagus jika dibandingkan dengan material kayu atau yang lainya. Hal ini membuat konstruksi baja ringan memiliki konsistensi bentuk yang tinggi sehingga tidak mudah bergerak atau berubah bentuk bangunan. Dengan kelebihan ini, kamu bisa menciptakan struktur yang presisi saat membangun rumah atau bangunan.

4. Tahan Lama dan Anti Keropos

Karena terbuat dari bahan pabrikan, baja ringan memiliki daya tahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan konstruksi kayu. Konstruksi baja ringan anti rayap dan juga anti karat sehingga kamu tidak perlu khawatir material akan rapuh atau keropos. Kelebihan baja ringan inilah yang membuatnya menjadi material bangunan favorit saat ini.

5. Hemat Waktu

Jika dibandingkan dengan material bangunan jenis lain, konstruksi baja ringan menawarkan proses pemasangan atau instalasi yang lebih cepat. Tidak hanya itu, proses penyambungan konstruksi baja ringan juga lebih sederhana karena hanya membutuhkan baut, keling, atau las sehingga lebih menghemat waktu pengerjaan.

Manfaat Baja Ringan untuk Konstruksi Rumah Minimalis

Di era modern ini, banyak rumah minimalis yang memilih baja ringan sebagai konstruksi bangunannya khususnya untuk tipe rumah minimalis. Baja ringan biasanya dipilih untuk konstruksi atap karena memiliki bobot yang ringan namun tetap kuat dan kokoh. Siapa sangka, dibalik bentuknya yang tipis dan bobot yang kecil, baja ringan ternyata memiliki kekuatan tarik cukup tinggi yaitu mencapai 550 MPa. Padahal baja biasa hanya memiliki kekuatan tarik berkisar 300 Mpa.

Kelebihan baja ringan sangat bermanfaat khusus untuk konstruksi rumah minimalis yang berada di wilayah rawan gempa. Bobot baja ringan yang kecil membuat beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya menjadi lebih kecil atau rendah. Bobot rangka atap yang ringan membuat beban bangun lebih kecil sehingga resiko rumah hancur karena gempa bisa diminimalisir. Itulah ulasan menarik seputar, manfaat dan kelebihan baja ringan untuk kontruksi rumah minimalis.

Baca Juga: Manfaat Pipa Besi Galvanis dan Keunggulannya

Bagi kamu yang ingin membeli baja ringan untuk konstruksi bangunan, jangan lupa cek produk lengkapnya di KPS Steel. Disini kamu bisa menemukan beragam jenis baja ringan kualitas terbaik dengan harga yang pastinya bersaing. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu