Cara Memilih Besi Beton yang Berkualitas

cara-memilih-besi-beton-yang-berkualitas

Jika pemilihan besi beton tidak berkualitas, maka konstruksi yang dihasilkan juga tidak akan berkualitas.

Salah satu material yang memiliki peranan penting dalam konstruksi beton maupun bangunan adalah besi beton. Besi jenis beton ini merupakan material yang digunakan untuk beton bertulang, alias penulangan konstruksi beton.

Untuk mewujudkan konstruksi beton yang berkualitas, tentu Anda tidak boleh asal memilih ketika membelinya. Jika asal, bisa-bisa nanti kualitas hasil konstruksi beton tidak sesuai keinginan, dan yang paling parah mengecewakan. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari cara memilih besi jenis beton yang berkualitas. Inilah beberapa caranya:

Baca Juga: Besi Beton, Penguat Dalam Konstruksi Beton

Daftar Cara Memilih Besi Beton yang Berkualitas

Memilih besi jenis beton yang berkualitas, bisa dibilang tidak gampang karena Anda perlu memperhatikan lebih detail besinya. Lantas, bagaimana cara memilih agar mendapatkan kualitas tinggi? Simak cara berikut:

1. Pahami Jenis Besi Beton

Tak kenal maka tak sayang, hal ini juga berlaku dalam pemilihan besi jenis beton. Pasalnya, jika tidak kenal dan memahami setiap jenisnya, maka bisa jadi Anda akan keliru memilih ketika membelinya. Nah, besi ini terdiri dari dua jenis, yakni:

  • Beton Ulir

Beton ulir merupakan jenis besi yang memiliki tampilan seperti sirip dan biasanya sangat sulit untuk dibentuk.

  • Beton Polos

Sedangkan besi polos merupakan besi yang memiliki karakter mudah dibentuk, karena sesuai namanya, permukaan besi ini polos.

2. Pastikan Memilih Besi Ber-SNI

Memilih besi jenis beton, ternyata juga sama dengan memilih produk-produk lainnya, yakni harus bisa memastikan bahwa yang dipilih sudah memenuhi standar nasional alias SNI. Caranya bagaimana? Caranya sangat gampang, yakni lihatlah merk yang tertulis di permukaan besi, setelahnya pastikan merk tersebut sudah masuk ke dalam kategori SNI.

Nah, beberapa merk yang sudah SNI adalah:

  • Krakatau Steel (KS)
  • Cakratunggal Steel (CS)
  • Master Steel (MS)
  • Delco Prima (DP), dll.

3. Jangan Memilih Besi yang Berkarat

Tampilan besi juga dapat mencerminkan kualitas besinya, sehingga Anda juga harus memeriksa tampilannya. Nah, jika Anda menemukan besi yang berkarat, sebaiknya tidak memilih atau bahkan membelinya.

Pasalnya, besi yang berkarat menandakan bahwa besi tersebut tidak awet atau tidak tahan terhadap korosi. Jika besi sudah tidak tahan korosi, bisa dipastikan besi beton tersebut bukanlah besi yang berkualitas.

4. Diameter Besi Sesuai Kebutuhan

Besi jenis beton hadir dengan diameter yang beragam, sehingga Anda juga perlu memastikan bahwa pilihan Anda sudah sesuai dengan kebutuhan. Diameter besi ini terdiri dari beberapa ukuran, yakni:

  • 6 mm
  • 8 mm
  • 10 mm
  • 12 mm
  • 13 mm
  • 16 mm
  • 22 mm
  • 25 mm

5. Jangan Tertipu dengan Harga

Tips terakhir yang perlu Anda ingat baik-baik adalah jangan sampai tertipu dengan harga. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menjual besi dengan harga murah, namun kualitasnya tidak bagus. Meskipun Anda mengeluarkan biaya yang sedikit, tetapi besi yang akan Anda dapatkan akan berpengaruh pada konstruksi beton.

Jika besinya tidak berkualitas, maka bisa-bisa konstruksi yang dihasilkan juga tidak akan berkualitas. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset harga, agar tahu harga pasaran besi yang sebenarnya. Jadi, Anda tidak akan tertipu dengan harga dan bisa mendapatkan yang berkualitas.

Baca Juga: Pemanfaatan Besi Beton Pada Konstruksi

Nah, itulah beberapa cara memilih besi beton yang bisa Anda terapkan ketika hendak membelinya nanti. Jangan sampai melewatkan satu langkah pun, agar besi yang Anda dapatkan nanti benar-benar besi yang berkualitas nomor wahid. Jadi, sudah siapkah Anda hunting dan belanja besi sekarang?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu