Mengenal Apa itu Konstruksi Baja Berat dan Keunggulannya

konstruksi baja berat kps steel distributor besi baja jakarta

Baja merupakan salah satu pilihan material bangunan yang cocok untuk macam-macam jenis pembangunan, karena memiliki berbagai keunggulan. Untuk bisa membuat bangunan yang kokoh, konstruksi baja berat bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berbagai teknik pembangunan modern telah menerapkan konstruksi yang satu ini karena karakteristiknya yang bagus. Berbagai manfaat dan keunggulan pun bisa didapat dengan optimal.

Pengertian Konstruksi Baja Berat

Sebelum membahas berbagai keunggulan dari konstruksi yang satu ini, ada baiknya memahami dulu apa pengertiannya.

Konstruksi baja berat adalah susunan dari rangka baja yang terdiri dari beberapa batang baja. Baja tersebut dirangkai atau disambung menjadi bentuk segitiga yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pembangunan.

Dalam merangkai atau menyambungkan batang baja tersebut, Anda bisa mengelas bagian ujungnya. Selain mengelas, bisa juga dengan memakai paku keling atau dengan cara dibaut.

Keunggulan Konstruksi Menggunakan Baja Berat

Konstruksi dari baja berat ini banyak diaplikasikan pada berbagai jenis pembangunan, misalnya untuk pembuatan jembatan, gedung, dan gudang.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, berbagai keunggulan dari baja berat memang membuatnya semakin banyak digunakan pada era modern ini. berikut adalah keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai konstruksi baja berat.

1. Baja Memiliki Sifat yang Kuat dan Kaku

Keunggulan pertama dari material baja yaitu memiliki sifat yang kuat dan kaku. Daya tariknya yang tinggi adalah faktor yang membuat munculnya kedua sifat tersebut.

Hal ini tentunya sangat dibutuhkan untuk berbagai pembangunan yang membutuhkan tingkat kekuatan yang tinggi, misalnya berbagai bangunan kokoh seperti jembatan dan gedung bertingkat.

2. Baja Memiliki Sifat yang Sama

Secara umum, baja dibuat oleh pabrik atau industri besar. Hal tersebut membuatnya memiliki tingkat mutu yang sama, sehingga sifat dan kualitas yang dihasilkan juga sama.

Berbagai perhitungan yang spesifik telah dilakukan dalam proses pembuatan baja, sebelum nantinya Anda pakai menjadi konstruksi bangunan. Ini menjadi keuntungan selanjutnya bagi pengguna konstruksi baja, karena kekuatan dan daya tahannya telah terjamin.

3. Tahan Lama

Keunggulan selanjutnya yaitu memiliki sifat yang tahan lama. Konstruksi ini terbuat dari material yang kuat, sehingga daya tahannya juga menjadi lebih baik dibanding berbagai jenis material lainnya.

Supaya lebih awet, berbagai pemeliharaan perlu dilakukan, misalnya dengan melakukan pengecatan secara berkala. Dengan begitu, Anda bisa mencegah timbulnya korosi atau karat pada baja. Pastikan juga Anda memakai produk baja yang berkualitas, misalnya dari KPS Steel.

4. Mudah Dibentuk dan Serbaguna

Baja berat memiliki karakteristik yang fleksibel serta lentur, jika dibandingkan dengan material lainnya seperti beton. Dengan sifat tersebut, maka konstruksinya menjadi mudah dibentuk menjadi berbagai macam pola atau motif.

Desain yang bisa dihasilkan pun menjadi semakin bervariasi, sangat cocok untuk desain ala modern yang estetik. Konstruksi ini juga serbaguna, karena bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Seperti misalnya, untuk struktur rumah, gedung, hingga pembangunan jembatan.

5. Konstruksi Baja Terbilang Praktis dan Cepat

Untuk membuat konstruksi baja, proses yang dilakukan terdiri dari fabrikasi dan instalasi. Jika Anda bandingkan dengan material lain seperti beton atau kayu, maka proses ini tergolong praktis dan sangat cepat.

Karena memiliki sifat yang mudah dibentuk, maka berbagai desain yang diinginkan bisa dibuat dengan proses yang cukup praktis. Inilah yang membuat konstruksi ini semakin banyak dipakai, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang dalam proses membuat konstruksi bangunan.

6. Hemat Biaya

Dengan sifat yang mudah dibentuk dan desain yang sesuai keinginan, maka Anda bisa melakukan perhitungan bahan dengan lebih tepat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan penghematan biaya pembangunan.

QnA Seputar Konstruksi Baja Berat

Banyak pertanyaan yang muncul terkait konstruksi yang satu ini, berikut merupakan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

1. Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Konstruksi Baja?

Ada berbagai perencanaan yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai proses pembangunan dengan memakai konstruksi baja ini. Anda perlu mengetahui detail dari kebutuhan pembangunan, jenis material yang akan dipakai, perhitungan biaya, serta detail lokasi.

Selanjutnya, diperlukan tahap persiapan lahan, fabrikasi dari material baja, dan baru bisa masuk ke perakitan dan konstruksi yang ingin dibentuk.

2. Bagaimana Cara Menghitung Biayanya?

Untuk perhitungan biaya, akan tergantung dari kesepakatan dua belah pihak. Biasanya, bisa memakai sistem harga yang didasarkan dengan volume meter persegi atau bisa dihitung dari volume dari berat baja. Selain itu, bisa juga dengan perhitungan sistem borongan, tergantung dari satuan pekerjaan.

3. Bagaimana Cara Merawat Konstruksi Baja Berat?

Jika melihat dari segi perawatan, bisa dibilang cukup sederhana. Anda cukup menjaga kebersihan dan melapisi konstruksi dengan cat anti karat supaya lebih tahan lama.

Itulah berbagai informasi mengenai konstruksi dari baja berat, mulai dari pengertian, keunggulan, hingga berbagai pertanyaan yang sering muncul. Tentunya, berbagai keunggulan dari jenis konstruksi ini bisa Anda manfaatkan untuk berbagai pembangunan, misalnya untuk membangun gedung atau pabrik.

Baca Juga: Cara Memasang Sambungan Besi WF dan H Beam dengan Tepat

Jika membutuhkan konstruksi baja berat yang berkualitas dan kokoh, maka KPS Steel siap membantu Anda. Pastikan berbagai kebutuhan konstruksi Anda terpenuhi dengan produk yang terbaik, sehingga hasil pembangunan juga akan menjadi optimal sesuai harapan

Bagikan Artikel :

Butuh Beragam Baja untuk kebutuhan konstruksi