Cara Memasang Sambungan Besi WF dan H Beam dengan Tepat

cara memasang sambungan baja wf dan h beam kps steel distributor besi jakarta

Pemasangan sambungan besi WF dan H Beam bukanlah sekadar proses teknis, melainkan seni yang memerlukan keahlian dan pengetahuan mendalam.

Setiap struktur bangunan, baik itu gedung bertingkat, jembatan, atau bahkan rumah tinggal, memerlukan sambungan material yang kuat dan tahan lama.

Sambungan ini berfungsi sebagai titik temu antara berbagai elemen konstruksi, menghubungkan mereka menjadi satu kesatuan yang kokoh dan stabil. Tanpa sambungan yang tepat, struktur bangunan dapat menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

10 Cara Memasang Sambungan Besi WF dan H Beam

Pemasangan sambungan kedua bahan ini merupakan kunci dalam pembangunan struktur bangunan yang kuat dan stabil. Anda pun perlu mengikuti beberapa langkah yang harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah 10 langkah pemasangannya: 

1. Persiapan Besi WF dan H Beam

Langkah pertama dalam proses ini adalah mempersiapkan besi WF dan H Beam yang akan disambung. Ini melibatkan pemotongan kedua sisi besi secara lurus menggunakan gerinda.

Penting untuk melakukan ini dengan hati-hati dan presisi yang tinggi, mengingat bahwa sambungan yang pas dan kuat akan menjadi faktor krusial dalam menjaga kekokohan dan keandalan struktur keseluruhan.

Jika Anda belum menemukan tempat yang menyediakan besi WF dan H Beam, Anda bisa mengunjungi website KPS Steel, distributor besi terlengkap di Jakarta.

2. Pemotongan Bibir Punggung dan Bibir Tengah Baja WF

Setelah besi dipotong, langkah selanjutnya adalah memotong bibir punggung dan bibir tengah baja WF dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Potongan miring ini akan memudahkan proses penyambungan dan meningkatkan kekuatan sambungan. Ini adalah langkah yang memerlukan keahlian dan presisi, karena sudut potongan harus tepat.

3. Pembersihan dan Penyamaan Area Potongan

Setelah proses pemotongan, penting untuk membersihkan dan meratakan area potongan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa sambungan akan rapat dan kuat ketika dipakai.

Anda bisa memakai gerinda atau penggaris siku untuk mengukur setiap potongan telah rata.

4. Pendekatan Sisi Besi

Langkah selanjutnya dalam sambungan besi WF dan H Beam adalah mendekatkan kedua sisi besi yang akan disambung. Ini adalah proses yang memerlukan keahlian dan presisi.

Soalnya, kedua sisi besi harus didekatkan hingga benar-benar rapat. Jika sisi-sisi ini tidak rapat, ini dapat mempengaruhi kekuatan dan stabilitas sambungan.

5. Penyelarasan Posisi Sambungan

Setelah kedua sisi besi didekatkan, penting untuk memastikan bahwa posisi sambungan lurus dan sejajar. Jika sambungan tidak lurus, ini dapat mempengaruhi kekuatan dan stabilitas struktur bangunan.

Proses ini melibatkan penggunaan alat seperti penggaris siku dan level untuk memastikan bahwa sambungan lurus.

6. Pengelasan Posisi Tengah

Setelah posisi sambungan diselaraskan, proses pengelasan sambungan besi WF dan H Beam dapat dimulai.

Pengelasan harus dilakukan di posisi tengah atas dan tengah bawah besi WF. Pengelasan ini akan membantu memastikan bahwa sambungan kuat dan tahan lama.

7. Pengecekan Tingkat Kelurusan Sambungan

Langkah sambungan besi WF dan H Beam selanjutnya adalah memeriksa tingkat kelurusan sambungan.

Jika sambungan tidak lurus, Anda perlu melakukan penyesuaian. Pada proses ini, gunakan alat seperti penggaris siku dan level untuk memastikan bahwa sambungan lurus.

8. Pengelasan Kembali

Setelah pengecekan tingkat kelurusan, proses pengelasan dapat dilanjutkan. Pengelasan harus dilakukan lagi di setiap bibir besi WF dan H Beam. Pengelasan ini akan memperkuat sambungan dan memastikan bahwa struktur bangunan akan tahan lama.

9. Pembersihan Bekas Pengelasan

Setelah proses pengelasan selesai, penting untuk membersihkan bekas pengelasan. Pembersihan ini akan membantu Anda memastikan bahwa hasil akhir tampak rapi dan profesional.

10. Pemotongan dan Pemasangan Plate

Langkah terakhir dalam proses pemasangan sambungan besi WF dan H Beam adalah pemotongan dan pemasangan plate. Plate ini akan membantu memperkuat sambungan dan memastikan bahwa struktur bangunan akan tahan lama. 

Ini adalah tahap finishing, di mana Anda perlu menggunakan alat seperti gerinda dan mesin las untuk memotong dan memasang plate.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa sambungan akan dipasang dengan benar dan aman. Selalu ingat bahwa kualitas sambungan sangat krusial untuk kestabilan dan kekuatan struktur bangunan Anda.

Baca Juga: Detail Sambungan Baja WF dan Cara Menerapkannya

KPS Steel Pusat Besi WF dan H Beam Berkualitas

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam pemasangan sambungan besi WF dan H Beam, Anda perlu menggunakan baja WF berkualitas seperti yang disediakan oleh KPS Steel.

Besi wide flange (WF), juga dikenal sebagai besi wide flange beam, merupakan salah satu jenis profil besi yang memiliki kemiripan dengan besi H-beam dan besi INP.

Dengan panjang standar 12 meter, jenis besi WF yang ada di KPS Steel sangatlah kuat dan sesuai untuk menahan beban dan tarikan, termasuk beban tarik aksial. 

Kunjungi juga produk halaman kami untuk mengetahui berbagai jenis besi lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin melakukan pemesanan, silahkan menghubungi tim KPS Steel dan konsultasikan kebutuhan konstruksi Anda!

Bagikan Artikel :

Butuh Besi WF dan H Beam untuk Kebutuhan Konstruksi?