5 Perbedaan Besi dan Baja yang Perlu Anda Ketahui

perbedaan besi baja

Kenali perbedaan besi dan baja untuk berbagai keperluanmu

Besi baja kerap kali dianggap sama, jika dilihat sekilas dan tidak diperhatikan secara detail memang terlihat mirip. Padahal keduanya memiliki banyak perbedaan, sehingga dari segi penggunaan juga berbeda. Meskipun keduanya merupakan material bangunan yang populer dan sering digunakan untuk konstruksi bangunan. Namun, dalam penggunaannya tidak boleh salah, karena fungsi baja jelas berbeda dengan besi.

Baca juga: Tahukah Anda? Salah Satu Rangkaian Rel Kereta Api Terbuat dari Besi Baja

Bila dilihat dari kekuatannya, besi dan baja memiliki perbedaan yang ketara, jadi tidak boleh disamakan untuk tujuan tertentu. Perhatikan penggunaan dari masing-masing bahan, antara besi maupun baja agar tidak salah saat akan digunakan.

Perbedaan Mendasar Antara Besi dan Baja

Agar lebih memahami tentang apa saja perbedaan antara besi dengan baja secara detail, simak penjelasan berikut ini. Dengan begitu tidak lagi asal-asalan menggunakan salah satunya hanya karena pertimbangan harganya saja.

1. Perbedaan Material Pembentuknya

Dari segi material pembentukannya jelas keduanya memiliki perbedaan, yang satu berasal dari alam, yang satunya lagi merupakan buatan. Besi adalah material alami yang dibuat dari unsur ferrum atau Fe tanpa adanya pengolahan buatan. Sementara itu baja berasal dari material buatan yang sengaja dipadukan dari berbagai unsur dan diproses secara khusus. Seperti besi, karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, alumunium, nitrogen dan oksigen.

Dapat disimpulkan jika perbedaan material jelas mempengaruhi bagaimana kualitas dari besi maupun baja tersebut. Hal ini juga menjadi dasar perbedaan harga antara keduanya sehingga tidak heran jika baja lebih mahal.

2. Berdasarkan Karakteristiknya

Jika diperhatikan lebih detail sebenarnya besi baja memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Hal ini dipengaruhi bahan yang digunakan untuk pembuatannya sehingga memiliki pengaruh pada karakteristiknya. Baja memiliki sifat anti karat sehingga bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak ada perubahan apapun. Sementara besi sangat mudah berkarat dalam waktu tertentu apalagi jika disimpan sembarangan.

Namun, besi memiliki tingat elastisitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan baja yang karakteristiknya lebih kaku. Sehingga, besi lebih mudah untuk dibentuk sementara butuh cara khusus jika ingin membentuk baja. Sedangkan baja memiliki kelebihan lain, seperti mengandung karbon sehingga tingkat kekerasannya sangat baik. Selain itu, baja memiliki kekuatan 1000 kali lipat dibandingkan dengan besi dan daya redamnya juga lebih kecil.

3. Perbedaan dari Segi Penggunaan

Jika dilihat dari penggunaannya, antara besi baja memiliki perbedaan mendasar. Besi sering digunakan untuk material bahan bangunan, sedangkan baja dipakai sebagai bahan pembuatan mobil, kereta api maupun relnya. Tak hanya itu, baja lebih sering dimanfaatkan untuk pembangunan jalan maupun jembatan. Bahkan sering juga digunakan untuk pembuatan peralatan rumah tangga karena dari segi kekuatannya lebih bagus.

4. Perbedaan Ketersediaan dan Harga

Karena besi tersedia di alam secara alami maka ketersediaannya bisa sangat terbatas untuk jangka panjang. Sementara baja akan selalu tersedia dengan melalui proses pembuatan terlebih dahulu. Namun, karena harus dibuat terlebih dahulu, pembuatan baja harus melalui proses panjang dan memakan waktu. Faktor inilah yang membuat harganya jauh lebih mahal dibandingkan besi.

5. Suara yang Dihasilkan Berbeda

Perbedaan terakhir yaitu dapat diperhatikan dari segi suara yang memang keduanya sangat mencolok bedanya. Jika keduanya sama-sama digunakan untuk tujuan pengecoran maka hasil suaranya sangat berbeda. Besi memiliki kemampuan untuk meredam getaran sehingga suara yang dihasilkan tidak begitu nyaring. Kalau baja dipukul dengan palu maka terdengar suara keras seperti “trang” dan sangat jelas.

Nah, itulah penjelasan tentang perbedaan besi dan baja. Apakah Anda sudah memahami perbedaan di antara keduanya? Jika Anda kesulitan membedakan dan bingung harus membeli yang mana, maka Anda dapat konsultasikan kepada kami saat membeli. Kami akan memberikan rekomendasi terbaik sehingga pembelian besi baja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Kenali Jenis Terbaik untuk Furniture Besi pada Hunian Anda

Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu