Cara Menghitung Kebutuhan Genteng dan Mengenal Jenis Atap Holodeck

menghitung-kebutuhan-genteng-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Menghitung kebutuhan genteng perlu dilakukan dengan cara benar agar pekerjaan berjalan lancar. Selain itu, juga agar bisa memastikan biaya yang diperlukan dalam pembangunan. Genteng sendiri mempunyai beberapa jenis. Jenis klasik yang biasa dipakai oleh masyarakat Indonesia ialah genteng tanah liat. Namun, di zaman modern semakin berkembang produk yang menawarkan keunggulan lebih baik, salah satunya atap holodeck.

Atap holodeck sudah mulai banyak digunakan dalam pembangunan. Produk ini juga mudah ditemukan pada toko bangunan. Sehingga tidak sulit apabila Anda juga ingin memasang atap jenis ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung kebutuhan genteng dan mengenal jenis genteng atap holodeck. Simak pembahasan berikut selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal Genteng Metal, Material Atap Hunian Modern

Mengenal Jenis Genteng Atap Holodeck

Atap holodeck mempunyai ciri berongga, sejuk dan awet. Jenis ini tidak hanya dapat dipasang pada rumah hunian, tetapi bisa digunakan pada beragam bangunan lainnya seperti atap pabrik. Berikut kelebiha dari atap holodeck dibanding jenis atap lainnya.

1. Tahan Bakar

Kelebihan pertama ialah tahan bakar. Anda pasti sudah tidak asing dengan berita kebakaran suatu bangunan di televisi. Biasanya, bangunan akan habis terbakar. Apabila memakai atap holodeck, akan lebih tahan bakar. Apabila sampai terbakar, api tidak akan mudah menyebar. Tentunya keunggulan ini akan sangat bermanfaat bagi pemilik hunian.

2. Tetap Sejuk

Menghitung kebutuhan gentengdengan memasang atap holodeck mampu mencegah panas matahari masuk ke dalam bangunan. Hal ini karena bahan dan desainnya bergelombang. Hal ini akan membuat penghuni bangunan menjadi nyaman ketika siang hari. Bahkan suhunya bisa berkurang sampai 5 derajat celcius. Hal tersebut juga mampu menghemat penggunaan pendingin udara karena atap sudah berperan dalam mencegah penyebaran panas matahari.

3. Anti Korosi

Atap holodeck mampu menahan lebih dari 90% asam, basa dan garam. Sehingga bisa dipakai pada pabrik kimia yang berada di sekitar area pantai. Keuntungan yang didapat tidak hanya sejuk dan kuat namun juga anti korosi.

4. Perlindungan A.S.A

Atap holodeck menggunakan bahan Acrylonitrile Styrene Akrilat (A.S.A). Lapisan ini mampu menghadirkan perlindungan tinggi terhadap UV, meningkatkan disipasi panas, mencegah kelunturan warna bahkan mencegah pertumbuhan jamur.

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Rumah

Saat hendak membangun rumah atau gedung, maka wajib untuk memperhitungkan jumlah genteng yang hendak dipakai. Tidak hanya sekedar menentukan jenis dan model genteng saja. Terdapat dua cara yang bisa digunakan dalam tahap ini. Yakni melalui luas atap dan melalui panjang serta lebar pondasi bangunan. Simak penjabaran dari dua cara tersebut di bawah ini.

1. Menghitung Luas Atap

Pada cara ini dapat diambil contoh mengenai luas atap 15 x 10 m = 150 m2. Setelah itu, dikalikan dengan dua sisi atap maka jumlah perhitungan ialah 300 m2. Total luas ini dapat dipakai sebagai acuan untuk membeli genteng bangunan.

Misalnya saja 1 m2 genteng berisi 30 buah. Maka perhitungannya ialah 300 m2 x 30 = 9000 buah genteng yang wajib dibeli. Anda perlu membeli lebih banyak sebagai antisipasi apabila terdapat produk yang rusak saat pemasangan.

2. Panjang dan Lebar Pondasi

Cara menghitung kebutuhan gentengberikutnya ialah melalui panjang dan lebar pondasi. Contohnya saja sebuah bangunan mempunyai panjang 9 m dan lebar 7 m. Anda perlu menambahkan 1 m sehingga perhitungannya ialah 10 x 8 = 80 m2.

Kemudian jumlah luas dikalikan dengan angka 35 dan perhitungannya ialah 80 m2 x 35 = 2.800 buah genteng yang perlu dibeli. Perhitungan ini baru sebatas bagian atap inti. Akan membutuhkan perhitungan lagi apabila ada bagian lain yang membutuhkan genteng.

Apabila Anda membutuhkan atap holodeck, tidak perlu kebingungan mencarinya di toko bangunan. Cukup hubungi kami. Anda akan mendapatkan holodeck berkualitas yang akan menunjang keamanan, tampilan dan kenyamanan bangunan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Hollodeck yang Perlu Dipahami

Banyak sekali jenis genteng yang bisa diaplikasikan pada bangunan. Namun, pada zaman modern seperti sekarang, atap holodeck adalah rekomendasi terbaik. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis atap, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis atap di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu