5 Inspirasi Variasi Tiang Kanopi Baja Ringan, Kuat & Elegan!

Variasi tiang kanopi baja ringan kps steel distributor besi jakarta

Variasi tiang kanopi baja ringan adalah elemen penting dalam pembuatan kanopi, berfungsi sebagai penopang penutup atau atap kanopi. Dalam pembuatannya, baja ringan sering menjadi bahan yang digunakan karena kekuatan dan ketahanannya terhadap cuaca.

Selain fungsional, tiang kanopi juga dapat memberikan nilai estetika pada tampilan keseluruhan kanopi. Ada berbagai pilihan desain tiang kanopi baja ringan yang dapat memberikan Anda inspirasi dalam merancang kanopi, dari yang simpel hingga yang elegan.

Artikel ini akan membahas beberapa variasi desain tiang kanopi baja ringan yang kuat dan elegan, yang dapat menjadi ide dan inspirasi bagi Anda dalam merancang kanopi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Anda juga bisa mempertimbangkan Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan Minimalis untuk Rumah impian keluarga.

Inspirasi Variasi Tiang Kanopi Baja Ringan

Sebelum membuat kanopi rumah, intip dulu 5 inspirasi desain tiang kanopi menggunakan baja ringan yang mungkin sesuai dengan gaya rumah dan preferensi pribadi Anda. 

1. Tiang Kanopi Baja Ringan Ditutup Semen

Variasi pertama tiang kanopi baja ringan adalah tiang kanopi yang ditutup dengan semen. Tiang kanopi ini menggunakan baja ringan yang dilapisi dengan semen, sehingga terlihat seperti kolom bangunan pada umumnya.

Namun, perbedaannya adalah pada tiang kanopi ini tidak menggunakan baja ringan hingga bagian atasnya secara penuh. Meskipun begitu, hal ini tidak mempengaruhi kekuatan struktur tiang kanopi. Sebab, faktor kekuatan tiang kanopi tergantung pada ukuran dan ketebalan baja ringan yang digunakan.

2. Tiang Kanopi Baja Ringan dengan Atap Spandek

Kanopi baja ringan dengan atap spandek adalah salah satu desain variasi tiang kanopi baja ringan yang populer. Bahan atap spandek memberikan tampilan yang lebih modern, tahan lama, serta mampu menyerap panas. Cocok untuk arema pemukiman dengan cuaca yang dingin.

Bahkan, bahan ini dapat digunakan selama 20 tahun atau lebih. Untuk memastikan ketahanan kanopi depan rumah, kanopi dari baja ringan berperan sebagai rangkanya. Selain itu, dapat dipilih motif yang indah pada bagian atas rangka baja ringan untuk memberikan tampilan yang lebih modern pada kanopi baja ringan.

3. Tiang Kanopi Baja Ringan dengan Titik Tumpu

Agar tiang kanopi baja ringan terlihat kokoh, salah satu opsi desain yang dapat digunakan adalah bentuk sedikit miring dan menggunakan tiga tiang yang ditempatkan berdempetan, dengan jarak antar tiang tidak lebih dari 10 cm.

Walaupun menggunakan baja ringan, variasi tiang kanopi baja ringan ini memberikan kesan kuat dan tahan lama. Selain itu, penggunaan tiga tiang akan lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan dua tiang depan dan belakang.

Namun, penting untuk diingat bahwa desain ini hanya dapat digunakan jika bentangan kanopi tidak lebih dari 4 meter. Jika lebih, maka harus digunakan tiang penopang di bagian belakang untuk mencegah adanya goyangan.

4. Tiang Kanopi Baja Ringan dengan Partisi Kisi

Tiang kanopi baja ringan dengan partisi kisi adalah desain kanopi yang menggunakan partisi kisi ketupat pada bagian sampingnya. Bagian ini berfungsi sebagai pemisah antara Anda dan tetangga.

Fungsi lain dari partisi kisi ketupat ini adalah untuk menjaga privasi dan memberikan tampilan yang menarik pada kanopi. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk membuat partisi kisi ketupat, Anda tidak bisa menggunakan baja ringan.

Sebaliknya, digunakan besi kecil berukuran 2×2 m yang kemudian dicat dengan warna putih agar lebih estetis. Anda juga dapat mengecat partisi kisi dengan warna yang sesuai dengan rumah. Desain tiang kanopi ini dibentuk sedikit miring dan menggunakan tiga tiang yang berdempetan dengan jarak tidak lebih dari 10 cm.

5. Tiang Kanopi Baja Ringan di Sisi Kiri atau Kanan

Variasi tiang kanopi baja ringan dengan satu tiang pada bagian kiri atau kanan rumah memberikan tampilan menarik secara struktural. Namun, desain seperti ini hanya cocok jika rumah Anda memakai atap fiber ringan dan terletak di area yang jarang terkena angin kencang.

Pasalnya, faktor keamanan dan ketahanan harus diperhatikan dalam merancang desain kanopi ini, termasuk menggunakan bahan berkualitas, perencanaan dan pengerjaan yang teliti. Dengan demikian, rumah Anda akan memiliki kanopi yang tahan lama dan estetis.

3 Cara Membuat Tiang Kanopi Baja Ringan dengan Mudah

Kanopi merupakan komponen penting dalam sebuah struktur atau bangunan yang memiliki kemampuan untuk melindungi Anda dan kendaraan dari panas matahari dan hujan sehingga mencegah halaman depan dari kebasahan. 

Berikut adalah 3 cara mudah dan praktis dalam membuat kanopi menggunakan baja ringan:

1. Ukur Luas Lahan Rumah

Langkah pertama dalam membuat variasi tiang kanopi baja ringan pilihan Anda adalah mengukur luas lahan tempat Anda akan memasang kanopi tersebut. Hal ini dapat membantu Anda dalam memperkirakan jumlah bahan yang dibutuhkan.

Untuk mengukur luas lahan, Anda dapat menggunakan rumus matematika sederhana. Misalnya, jika lahan tersebut berbentuk persegi, Anda hanya perlu mengalikan panjang dan lebar lahan tersebut.

2. Pilih Desain dan Hitung Ukuran Baja Ringan

Sebelum melakukan perhitungan kebutuhan bahan, Anda disarankan untuk membuat desain dari kanopi baja yang diinginkan terlebih dahulu. Umumnya, kanopi baja memiliki tinggi sekitar 3 hingga 4 meter dan membutuhkan 2 atau 3 tiang baja ringan untuk menopang atap di setiap sudutnya.

Baja ringan biasanya dijual dalam ukuran 6 meter per batang di pasaran. Oleh karena itu, Anda hanya membutuhkan satu batang baja ringan untuk membuat satu tiang pada satu sudut. Jika mengikuti contoh sebelumnya, dibutuhkan empat batang baja ringan untuk membuat satu tiang pada setiap sudut kanopi.

3. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum Anda mulai membuat kanopi, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, seperti baja ringan kaso, baut seng, baut baja ringan, dan lainnya. Jumlah semuanya harus disesuaikan dengan ukuran kanopi yang akan dibuat. 

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan alat-alat seperti meteran, mata bor listrik, dan gunting khusus baja ringan.

Pastikan semua bahan dan alat yang dibutuhkan telah disediakan dengan lengkap, karena kelengkapannya sangat penting untuk kelancaran proses pembuatan kanopi. Hindari kekurangan bahan atau alat di tengah proses pembuatan, karena hal ini dapat sangat mengganggu pekerjaan Anda.

Demikianlah berbagai pilihan variasi tiang kanopi baja ringan yang kuat dan elegan untuk rumah Anda, serta cara membuatnya. Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik, kanopi baja ringan juga dapat memberikan sentuhan estetika unik dan menarik pada hunian Anda.

Jika Anda sedang mencari baja ringan atau besi untuk menyelesaikan proyek konstruksi, jangan lupa untuk memperhatikan berbagai faktor seperti harga, ukuran, dan kualitas bahan yang dipilih. Pastikan juga Anda membeli bahan dari toko yang terpercaya, seperti KPS Steel.

KPS Steel, toko besi dan baja ringan terlengkap di Jakarta, menyediakan banyak jenis besi dan baja ringan berkualitas dan berstandar SNI untuk kebutuhan konstruksi Anda. Kami selalu siap membantu Anda dalam memilih dan memesan bahan konstruksi yang tepat. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait