Ketahui Jenis-jenis Besi Wiremesh

ketahui jenis jenis besi wiremash

Berkembangnya zaman dapat terlihat dari kemajuan sistem pembangunan.

Saat ini, demi menghasilkan bangunan yang kokoh dengan proses yang cepat biasanya memerlukan bahan baku bangunan tertentu. Salah satu bahan baku bangunan yang punya peranan penting adalah besi wiremesh.

Baca Juga: Kenali Bahan Besi Terbaik Untuk Membuat Pintu Besi

Besi wiremesh merupakan salah satu jenis  besi kawat yang dianyam dengan pola kotak-kotak atau jajar genjang. Maka dari itu, jenis besi ini juga dikenal dengan sebutan besi anyam.

Besi wiremesh sangat penting dalam proses pembuatan sebuah bangunan, karena berfungsi penting sebagai penguat ataupun kerangka saat proses pengecoran dak beton maupun sebagai penyangga dinding beton suatu bangunan. Fungsinya yang sangat penting untuk pembangunan tersebut membuat besi anyam dibuat dalam beberapa jenis agar mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Bentuk Besi Wiremesh

Sebelum membahas tentang jenis besi anyam, Anda wajib tahu kalau di pasaran Anda akan menemukan besi anyam dalam 2 bentuk yang bisa dipilih, yaitu

1.Bentuk Lembaran

Bentuk ini paling banyak dijumpai dan biasanya disebut dengan besi anyam konvensional. Ukuran standar dari besi ini yakni 2,1 x 5,4 meter. Kekuatan besi anyam lembaran sama kuatnya dengan besi anyam yang berbentuk gulungan.

Karena bentuknya yang berupa lembaran proses perakitannya cukup rumit sehingga pemasangannya membutuhkan waktu lama. Harganyapun lumayan mahal karena hitungannya per batangan atau per kilogram. Untuk penggunaannya, besi anyam lembaran ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada jendela dan pondasi bangunan.

2. Bentuk Gulungan atau Rol

Bisa dikatakan bahwa besi anyam bentuk gulungan ini merupakan modifikasinya besi anyam lembaran. Ukuran standarnya yakni 2,1 x 54 meter. Anda bisa menggunakan besi anyam gulungan ini untuk membangun jenis bangunan yang melebar, contohnya lantai dan atap.

Untuk harga besi anyam gulungan ini tergolong murah, karena dihitung per meter, dan proses pengangkutannya pun mudah karena bentuknya sudah tergulung. Dalam proses pemasangannya juga tidak terlalu rumit, sehingga tidak memakan waktu yang lama.

Jenis Besi Wiremesh

Setelah Anda mengetahui bentuk besi anyam yang tersedia di pasaran, selanjutnya di bawah ini kami akan membahas tentang apa saja jenis besi anyam yang ada dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1.Mining Mesh

Mining mesh berbentuk seperti jala dan proses pembuatannya dengan cara dipanggang. Jenis besi anyam ini didesain sangat aman agar tidak membahayakan pekerja pada proses pemasangan. Hal ini dapat dilihat dari sisi-sisinya yang diberi potongan flush, dan bagian kawatnya yang didesain tahan listrik.

Anda dapat membeli mining mesh dalam bentuk gulungan maupun lembaran. Jenis besi  anyam ini sangat cocok untuk proses pembangunan gedung-gedung tinggi.

2. Construction Mesh

Seperti namanya, construction mesh merupakan jenis besi anyam yang diperuntukkan untuk berbagai konstruksi, seperti jembatan, dinding gedung bertingkat, dan bagian atap suatu pertambangan. Jenis besi anyam ini mampu memperkuat konstruksi agar bisa kokoh bertahan meski di beri muatan yang banyak serta diterpa dengan kondisi cuaca maupun lingkungan yang berbeda-beda.

3. Special Mesh

Berbeda dengan 2 jenis sebelumnya, Special Mesh didesain tak kaku dan sangat fleksibel sehingga mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Biasanya digunakan untuk memperkuat balok bangunan tanpa merusak struktur dari balok tersebut.

Baca Juga: Besi Siku, Material Kokoh, Tahan Lama Untuk Canopy Anda

Itulah beberapa jenis besi wiremesh yang bisa Anda pilih. Hal terpenting yang harus diingat adalah, pastikan Anda memilihnya dengan benar sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan Anda. Pastikan juga untuk memilih besi wiremesh yang benar-benar terbuat dari  besi berkualitas terbaik atau sudah berlogo SNI agar memberikan hasil yang maksimal. Untuk menemukan besi wiremesh terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan besi berkualitas, Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu