Cara Perawatan Wire Rope agar Awet dan Tidak Gampang Renggang

kawat las kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Wire rope sangat penting dalam berbagai jenis industri, karena bisa berfungsi untuk mempermudah pekerjaan. Maka dari itu, diperlukan cara perawatan wire rope yang tepat supaya kondisi dan fungsinya bisa tetap berjalan optimal dan aman.

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang cara tersebut, mulai dari cara perawatan supaya awet hingga cara merawatnya supaya tidak renggang.

Selain itu, jika Anda bertanya tentang mengapa wire rope perlu dirawat, maka berbagai alasannya pun akan dibahas di sini. Temukan juga rekomendasi produk wire rope terbaik untuk berbagai industri dan keperluan Anda!

Cara Perawatan Wire Rope agar Awet

Jika Anda masih asing dengan istilah wire rope, perlu diketahui bahwa ini merupakan salah satu jenis alat yang terbuat dari kawat besi dan dililit dalam sebuah kesatuan, sehingga memiliki bentuk panjang.

Dalam berbagai jenis industri, terutama yang berhubungan dengan alat berat, komponen ini memiliki peran yang sangat penting. Fungsinya adalah untuk memudahkan berbagai pekerjaan, misalnya untuk mengangkat, menarik, maupun mengikat benda lainnya.

Namun, perlu dipahami juga bahwa ada berbagai cara perawatan yang sebaiknya diperhatikan. Inilah penjelasan lebih lanjut tentang cara perawatan wire rope agar awet, pastikan Anda melakukannya dengan baik!

  • Perhatikan Penyimpanannya

Cara pertama yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu lokasi penyimpanan dari wire rope. Perlu dipastikan bahwa komponen ini Anda letakkan di tempat yang kering dan tidak terpapar berbagai cuaca yang bisa merusak kondisinya. Contoh kondisi cuaca yang sebaiknya dihindari yaitu hujan dan panas matahari yang terik.

Hal tersebut bisa membuat kondisinya semakin cepat rusak dan usia pakainya menipis. Jadi, sebaiknya Anda memilih tempat penyimpanan wire rope yang tepat supaya kondisinya tetap awet.

  • Hindari Penyimpanan di Tempat Rentang Korosi

Masih tentang tempat penyimpanan, perlu diperhatikan juga bahwa sebaiknya Anda menjauhkan wire rope dengan lokasi yang rentan terhadap risiko berkarat atau korosi.

Contoh lokasi yang sebaiknya dihindari dalam hal ini yaitu kawasan pinggir pantai, karena bisa saja kawat besi ini jadi sering terkena air laut. Tempat lain yang perlu dihindari yaitu area yang berpotensi untuk terkena dari uap bahan kimia.

Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan jika Anda ingin mencegah terjadinya korosi pada wire rope. Karena ini merupakan kawat besi, tentu saja korosi adalah musuh besar dari komponen ini karena bisa menyebabkan kerusakan.

  • Jauhkan dari Tempat Kotor

Selanjutnya, penting untuk menjauhkan wire rope dari lokasi yang kotor atau berdebu. Adanya kotoran yang menempel pada komponen ini, jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan.

  • Jangan Kontak Langsung dengan Tanah

Cara perawatan wire rope yang berikutnya yaitu Anda perlu mencegah supaya komponen ini tidak bersentuhan atau kontak langsung dengan tanah. Hal ini bisa membuat wire rope jadi rawan mengalami kerusakan.

Maka dari itu, sebaiknya alasi dengan bahan lain supaya tidak terjadi kontak langsung, misalnya dengan memanfaatkan pallet.

  • Keringkan sebelum Disimpan Lama

Apabila Anda akan menyimpan wire rope dalam jangka waktu yang cukup lama, maka sangat disarankan untuk menyimpannya dalam kondisi kering.

Jadi, Anda dapat mengeringkannya terlebih dahulu, serta jangan lupa untuk membersihkannya supaya kondisinya tetap terjaga. Selanjutnya, gunakan pelindung dan berilah lubrikasi untuk menutup komponen ini.

  • Pastikan Tidak Terlindas Kendaraan

Selanjutnya, perlu dipastikan bahwa wire rope tidak berada di kawasan di mana kendaraan dapat berlalu lalang dengan bebas. Komponen ini perlu dijaga supaya tidak terlindas kendaraan, termasuk berbagai kendaraan alat berat industri, karena hal ini bisa berpotensi mempercepat kerusakan.

  • Tutup dengan Bahan jika Dipakai di Luar Ruangan

Cara terakhir yang akan dibahas dalam bagian ini yaitu penting untuk menutup wire rope dengan bahan lain ketika digunakan di area luar ruangan. Misalnya, dapat memanfaatkan plastik atau terpal.

Itulah cara penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan wire rope, sehingga Anda bisa membuatnya tetap awet atau tahan lama. Usia pakai dari komponen ini memang sangat dipengaruhi oleh cara merawatnya. Maka dari itu, setiap langkah di atas jangan sampai disepelekan.

Namun, untuk memastikan bahwa wire rope tetap awet, selain tentang perawatannya, penting juga untuk memilih produk terbaik. Maka dari itu, produk Wire Rope dari Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali KPS Steel dapat yang terjamin kualitasnya bisa menjadi pilihan tepat. 

Jangan ragu, ayo segera hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan, termasuk untuk mengetahui produk lainnya.

Cara Perawatan Wire Rope agar Tidak Gampang Renggang

Selain cara perawatan agar awet, sebenarnya ada pula cara perawatan komponen wire rope supaya tidak mudah renggang. Simak penjelasan berikut dan pastikan perawatan telah dilakukan secara optimal supaya kondisinya tetap prima!

  • Perhatikan Tahap Pemotongannya

Cara pertama yang perlu diperhatikan yaitu tentang tahap pemotongannya. Perlu diketahui bahwa dalam tahap pemotongan awal, sebaiknya dilakukan proses seizing. Hal tersebut dapat menjaga ujung wire rope dan mencegahnya supaya tidak mudah terurai.

Selain itu, pada bagian ujung yang tidak berotasi, maka sebaiknya dilakukan teknik tapered. Kedua perawatan tersebut dapat mencegah risiko kerenggangan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

  • Gulung dengan Mesin Coiling dan Perhatikan Arahnya

Cara yang kedua untuk untuk meminimalisir renggang yaitu dengan memperhatikan gulungannya.  Untuk melakukan penggulungan, maka sebaiknya Anda memakai mesin coiling supaya dapat tergulung dengan rapi dan tepat.

Selain itu, perhatikan juga untuk bagian puntiran yang standar dari wire rope tersebut. Selanjutnya, arah gulungan drum perlu diperhatikan dan jangan sampai salah menggulung.

Alasan Wire Rope Harus Dirawat

Setelah membaca cara perawatan wire rope, maka mungkin saja Anda bertanya tentang mengapa hal tersebut harus dilakukan.

Perlu diketahui bahwa pentingnya merawat wire rope tentunya bukan tanpa alasan. Ini merupakan komponen penting dalam berbagai jenis industri, terutama yang berhubungan dengan alat berat, karena fungsinya memindahkan sebuah barang ke satu tempat ke tempat lainnya.

Alasan wire rope harus dirawat yaitu supaya menjaga komponen ini sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya. Tentunya, pekerjaan pun perlu dilakukan dengan aman, sehingga tidak terjadi masalah dalam berbagai prosesnya.

Perawatan yang tepat dapat meminimalisir risiko kerusakan dari komponen ini, termasuk patah pada area tertentu. Maka dari itu, penting untuk mengecek kondisinya secara rutin, terutama ketika akan dipakai. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkannya dengan optimal dan tetap aman.

KPS Steel Distributor Wire Rope Berkualitas

Ketika Anda sudah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya kini Anda telah memahami betapa pentingnya merawat wire rope. Hal ini dapat menghindarkan wire rope dari berbagai risiko kerusakan, sehingga tingkat keamanannya pun dapat dipertahankan.

Dari penjelasan di atas juga sudah dijabarkan tentang cara atau langkah-langkah untuk melakukan perawatan wire rope, mulai dari cara merawat supaya awet hingga cara menjaga agar tidak renggang. Pada dasarnya, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kondisi wire rope.

Selanjutnya, selain penting untuk memahami dan melakukan cara perawatan wire rope, penting juga untuk memilih produk terbaik. Tentu saja, produk Wire Rope dari Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali KPS Steel dapat menjadi andalan untuk Anda. Segera hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan, termasuk untuk mengetahui produk lainnya. Pelajari juga beragam informasi terkini seputar konstruksi bangunan melalui laman blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait