Cara Menghitung Besi Wiremesh Sesuai Kebutuhan Anda

Selain untuk efisiensi dana, Menghitung Besi Wiremesh sebelum membeli juga dapat mengurangi resiko kekurangan bahan. Untuk Anda yang memiliki profesi di bidang konstruksi, tentu saja tidak asing dengan berbagai bahan dan elemen penting apa saja yang harus digunakan demi menghasilkan sebuah bangunan dengan kualitas terbaik.

Salah satu dari elemen penting untuk bangunan terutama bagian pondasi adalah besi wiremesh. Apakah Anda sudah mengetahui tentang besi wiremesh ini? Dan bagaimana cara menghitung besi wiremesh yang sesuai dengan kebutuhan bangunan?

Informasi berikut mungkin akan menambah wawasan Anda, terutama untuk Anda yang awam tapi ingin mengetahui lebih dalam seputar bangunan dan konstruksi.

Sekilas Tentang Wiremesh

Wiremesh adalah salah satu bahan bangunan berbentuk anyaman besi yang terbuat dari jaring-jaring baja. Proses penganyaman besi ini dilakukan dengan teknik pengelasan menggunakan energi listrik dengan tegangan yang tinggi. Penggunaan wiremesh ini biasanya diperuntukkan untuk pondasi bangunan dan gedung, tulangan untuk beton precast, tiang pancang beton, box culvert, dan lain sebagainya. 

Cara Menghitung Besi Wiremesh

Jika Anda akan membeli besi wiremesh untuk keperluan bangunan milikmu, maka Anda dapat menggunakan cara menghitung besi wiremesh berikut ini. simak ulasan lengkapnya, ya.

1. Perhatikan Desain Bangunan

Anda harus mengetahui desain bangunan milikmu, sehingga Anda dapat menentukan besi wiremesh yang akan Anda beli sesuai kebutuhanmu. Beberapa poin yang harus Anda perhatikan adalah bentuk desain bangunan, diameter tulangan, dan juga jarak pemasangan yang akan menggunakan besi wiremesh tersebut. 

Jika Anda kurang yakin, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli bangunan dan konstruksi yang lebih senior dan lebih paham tentang desain bangunan miikmu. 

2. Gunakan Satuan Meter Sebagai Acuan Hitungan

Ukuran yang dijadikan acuan untung menghitung kebutuhan wiremesh sebaiknya menggunakan satuan stAndard meter. Jika menggunakan satuan ukuran yang berbeda, Anda dapat merubah atau mengonversikannya terlebih dahulu. Konversikan juga kualitas pada pondasi konvensional menjad satuan mutu baja wiremesh.

3. Gunakan Rumus Umum Kebutuhan Besi Wiremesh

Rumus umum yang digunakan untuk menghitung kebutuhan besi wiremesh adalah lebar area pondasi dengan panjang area pondasi kemudian dibagi sepuluh. Mengapa harus dibagi 10? Karena angka ini tertuju pada ukuran pembagian yang digunakan sebagai satuan ukuran pada satuan lembar baja wiremesh. 

4. Ketahui Ukuran Lembaran Wiremesh

Lembaran wiremesh biasanya diproduksi dengan ukuran yang biasanya adalah 2.1 m x 5.4 m. Inilah yang menyebabkan rumus umum yang digunakan untuk menghitung kebutuhan besi wiremesh adalah 10.

5. Contoh Menghitung Besi Wiremesh Sesuai Kebutuhan

Jika bangunan yang akan Anda dirikan memiliki panjang 20 m dan lebar 15 m, maka rumus yang dapat Anda gunakan adalah 20 x 15 : 10 = 30. Sehingga besi wiremesh yang Anda butuhkan adalah 30 lembar.

Baca juga: Ketahui apa itu Besi Wiremesh dan Tips Pemilihannya

Kegunaan Perhitungan Kebutuhan Besi Wiremesh

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengetahui cara menghitung besi wiremesh. Simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Efisiensi Anggaran

Dengan mengetahui ukuran besi wiremesh yang dibutuhkan dengan tepat dan dalam waktu sedini mungkin, maka kita juga bisa menyiapkan anggaran yang sesuai dan mampu membuat alokasi pembelian yang bersamaan dengan bahan bangunan yang lain

2. Menghemat Waktu Pengerjaan Bangunan

Dengan mengetahui kebutuhan besi wiremesh yang akan kita gunakan, kita akan terhindar resiko kekurangan yang menyebabkan kita harus melakukan proses pembelian ulang yang akan menyebabkan proses pengerjaan bangunan molor dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian besi wiremesh, cara menghitung besi wiremesh sesuai kebutuhan, dan manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan perhitungan kebutuhan besi wiremesh dengan tepat. Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Kreasi dari Besi yang Unik Untuk Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk wiremesh di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu