Bangun Tangga Industrial Minimalis Tangga Wiremesh

bangun tangga industrial minimalis tangga wiremesh

Bagi Anda yang tertarik memberikan kesan industrial di rumah pribadi, maka bisa mempertimbangkan penggunaan tangga wiremesh.

Besi jenis ini memiliki tampilan yang khas dan memberikan sentuhan industrial yang cukup kental. Anda bisa mencoba menggunakannya di bagian pagar, anak tangga, atau mungkin bagian lain dari bangunan rumah.

Baca Juga: Kegunaan Dan Jenis-Jenis Plat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

Jika masih asing dengan nama besi wiremesh ini maka sebaiknya mengenalnya dulu lebih dalam sebelum membangun tangga wiremesh atau mungkin pagar wiremesh.

Mengenal Material Besi Wiremesh

Wiremesh merupakan salah satu jenis besi yang bentuknya seperti kawat yang dianyam, oleh sebab itu beberapa orang menyebutnya juga dengan istilah besi anyam. Sebab terdapat pola seperti anyaman di permukaannya yang kemudian membuat tampilannya unik, tidak licin, dan mendukung konsep rustic industrialis.

Ukuran Besi Wiremesh

Secara umum besi wiremesh ini terdiri dari dua macam, yakni:

  • Berupa lembaran yang memiliki ukuran standar 2.1×5.4 m.
  • Berupa gulungan yang memiliki ukuran standar lebar 2.1 m dan panjang bisa mencapai 54 m.

Selain itu, ukuran diameter besinya juga beragam dimulai dari 4  dan yang paling tebal adalah 10. Saat membelinya di toko besi ataupun toko bahan tangga bisa menyebut ukuran ini dengan istilah M4, M5, dan seterusnya.

Besi dengan tampilan unik ini sering dimanfaatkan untuk membangun pagar, tangga, rak, dan juga lapisan beton. Secara fisik tampilannya memang murni logam dengan warna keabu-abuan. Mengingat permukaannya bertekstur seperti anyaman dan warnanya pun khas logam pada umumnya, maka saat digunakan untuk membangun tangga maupun pagar akan memunculkan tema industrial.

Membangun Anak Tangga Wiremesh untuk Kesan Industrial

Kegunaan wiremesh yang cukup beragam membuatnya banyak diminati, dan biasanya akan dibuat natural tanpa cat untuk kesan industrialis. Anda yang ingin mengusung konsep tersebut tidak ada salahnya mencoba membangun tangga dengan besi wiremesh. Tangga ini bisa ditempatkan di bagian luar ruangan bisa pula di bagian dalam, tinggal disesuaikan dengan desain bangunan rumah secara keseluruhan.

Warna anak tangga akan cenderung gelap namun berpola berkat tekstur alami yang dimiliki besi wiremesh. Selain itu, tangga yang dibangun juga cenderung lebih aman karena permukaannya dijamin tidak licin. Bahkan jika tangga ini dibangun di bagian luar bangunan, sehingga selain tampil rustic juga relatif lebih aman.

Ketika melangkah di anak tangga wiremesh maka akan menciptakan bunyi seperti menginjak lempengan logam. Efek ini akan membantu Anda menaiki anak tangga dengan nyaman dan aman, sekaligus mencegah resiko maling masuk karena langkah kakinya akan menciptakan bunyi gaduh.

Keunggulan Besi Wiremesh

Tangga dari material ini juga memiliki keunggulan lain, misalnya dari segi kekuatan. Besi wiremesh terbuat dari metal yang kuat dan tidak mudah keropos karena ternyata anti karat juga. Material ini bahkan diketahui bisa tahan lama karena sifatnya yang kokoh dan tidak mudah rusak, sekalipun digunakan untuk konstruksi area luar bangunan seperti tangga di luar rumah yang disebutkan tadi.

Meskipun akan menampilkan tangga dari material besi atau logam, namun wiremesh mampu menghadirkan tampilan yang modern dan cocok untuk bangunan bergaya modern minimalis. Sehingga bisa mendukung konsep bangunan rumah bergaya modern dengan sentuhan industrial sekaligus. Tentunya sangat menarik untuk dipertimbangkan, apalagi proses konstruksinya akan lebih cepat.

Hal ini bisa didapatkan karena pemasangan besi wiremesh untuk pembangunan tangga tidak memakan waktu lama. Pemasangan terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan material tangga lainnya karena bentuknya lembaran atau gulungan yang tinggal dipotong dan dibentuk sesuai kebutuhan. Besi wiremesh memang memiliki daya tahan yang bagus, maka sangat cocok untuk digunakan sebagai material pembuatan tangga di rumah. Silahkan mempertimbangkannya, sehingga bisa memiliki tangga wiremesh yang terkesan rustic industrial yang tentu tampil unik sekaligus modern.

Baca Juga: Pilihlah Kualitas Besi Beton SNI Untuk Rumah Paling Bagus!

Untuk menemukan besi wiremesh terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi wiremesh berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :
Menu