Berikut Kegunaan Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

berikut kegunaan wiremesh pada konstruksi bangunan

Wiremesh umumnya dimanfaatkan untuk pagar, namun sebenarnya masih ada kegunaan lainnya dalam konstruksi bangunan. Kenali apa saja dalam artikel ini.

Selain untuk tempat berlindung, kini bangunan juga banyak dimanfaatkan untuk tujuan investasi jangka panjang. Alasannya karena semakin lama harga jual bangunan mengalami peningkatan sehingga menguntungkan. Perlu diketahui bahwa nilai jual bangunan umumnya tergantung pada luas bangunan serta konstruksi bangunan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Wiremesh untuk Dak?

Jadi, meskipun bangunan tidak terlalu luas namun apabila konstruksinya bertingkat atau tergolong bangunan mewah, tentu nilai jualnya juga akan tinggi.

Apa Saja Bagian dari Konstruksi Bangunan?

Dalam hal membangun sebuah bangunan tidak hanya memerlukan biaya untuk membeli bahan dan upah tukang, akan tetapi diperlukan model/desain bangunan. Adapun desain sebuah bangunan setidaknya terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut:

1. Fondasi

Bagian esensial dalam konstruksi bangunan adalah fondasi, karena seluruh bagian bangunan disokong oleh fondasi yang kokoh. Fondasi dibagi dalam beberapa jenis yakni fondasi tikar, fondasi tapak, fondasi sumuran, pelat beton jalur, dan lainnya.

2. Kolom

Bagian kolom merupakan bagian penting dari struktur bangunan. Fungsinya sebagai perantara penyaluran beban yang berasal dari atas bangunan ke bagian fondasi. Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini maka akan meruntuhkan lantai juga seluruh bangunan.

3. Sloof

Sloof merupakan bagian bangunan yang terletak di atas fondasi, gunanya sebagai pengunci kolom dan dinding dimana apabila terjadi pergerakan tanah maka bangunan tidak roboh.

4. Dinding/Tembok

Konstruksi bangunan yang fungsinya menutupi sekeliling dari bagian dalam bangunan (interior). Dinding/tembok disusun dari batu atau bata dengan bentuk vertikal.

5. Atap

Pembuatan atap dapat disesuaikan dengan budget dan jenis bahan yang digunakan. Umumnya atap dibuat agar bagian dalam bangunan terlindung dari angin, hujan, dan cuaca panas.

Kegunaan Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

Bagi Anda yang ingin mendirikan konstruksi bangunan yang kokoh dan berukuran besar tentu harus menyediakan extra budget untuk membeli bahan-bahan bangunan yang banyak dan berkualitas. Salah satu bahan konstruksi yang dipakai sebagai bahan bangunan adalah wiremesh. Wiremesh terbuat dari besi/kawat yang berbentuk gulungan atau lembaran anyaman, sering disebut besi atau kawat anyam. Ada beberapa kegunaan dari wiremesh sebagai bahan bangunan yaitu:

  • Penguat/Tulangan Dalam Pengecoran

Wiremesh dapat dijadikan sebagai penguat dalam pengecoran lantai dan jalan. Biasanya pembangunan rumah memakai wiremesh berukuran M4, M5, M6, sedangkan untuk gedung bertingkat umumnya memakai wiremesh yang berukuran M8, M9, M10.

  • Pengayak Pasir

Wiremesh sebagai pengayak pasir berguna untuk menahan batu, kerikil maupun agregat kasar juga kotoran yang tidak dibuthkan dalam pasir. Pengayak pasir ini berbentuk lubang kecil yang ukurannya sekitar 0,3 sampai 10 mm.

  • Penguat Bronjong/Talaud

Wiremesh ini yang terbuat dari kawat bronjong segi enam. Wiremesh ini juga efektif sebagai penguat dinding talaud. Kegunaannya sebagai solusi untuk mengantisipasi tanah longsor maupun erosi yang sering terjadi pada rumah di area berkontur, jembatan atau tanggul.

  • Anak Tangga dan Balustrade

Kegunaan wiremesh selanjutnya  adalah untuk pembuatan anak tangga dan bagian borden (pengaman area tangga) yang diaplikasi pada balustrade. Wiremesh ini umumnya dikombinasikan dengan bahan baja agar lebih keras dan kokoh.

  • Pagar atau Pembatas

Selain anak tangga, wiremesh juga dapat digunakan sebagai pagar pembatas dimana pemasangannya sangat ekonomis serta terbuat dari bahan kuat dan anti karat.

Demikian penjelasan kami tentang kegunaan wiremesh. Apabila Anda jarang atau belum pernah menggunakan wiremesh untuk pengaplikasian konstruksi bangunan, kini Anda tidak perlu lagi untuk menggunakan wiremesh. Semoga informasi kami bermanfaat.

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Besi Wiremesh

Untuk menemukan besi wiremesh terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan besi berkualitas, Anda dapat melihat-lihat produknya di sini.

Bagikan Artikel :
Menu