Amankan Dan Percantik Rumah Dengan Teralis

Tindak kejahatan bisa dapat terjadi kapan saja. Cara yang bisa dilakukan oleh pelaku adalah dengan menerobos jendela rumah yang tidak memiliki perlindungan.

Untuk itu, Anda memerlukan memasang keamanan pada jendela rumah Anda. Salah satu caranya adalah dengan memasang teralis pada jendela rumah. Teralis juga memiliki kegunaan lain, seperti untuk melindungi anak-anak, misalnya di area balkon, tangga, dan sebagainya.

Besi adalah salah satu material teralis paling ideal. Selain menjadi sarana pengaman, ternyata teralis besi dapat pula dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif yang berpotensi mempercantik hunian. Produk besi apa yang cocok untuk teralis dan bagaimana masing-masing menjadi sarana pengaman sekaligus elemen dekoratif? PT. KPS Steel selaku distributor besi Jakarta akan menjelaskannya kepada Anda.

Mengapa Teralis Besi?

Kekuatan serta daya tahannya  menjadi keunggulan sehingga besi/baja ideal untuk material teralis dan banyak diminati. Besi/baja juga antirayap dan tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan suhu. Dengan teralis besi keamanan pun relatif lebih terjamin.

Dalam proses pembuatannya, besi/baja juga mudah dibentuk menjadi teralis, tentu dengan keahlian tukang besi dan peralatan khusus (di bengkel las). Meskipun terkesan kaku dan keras, material besi dapat dibentuk menjadi aneka desain yang artistik.

Baca Juga: Mengetahui Dan Mendalami Kegunaan Dari Plat Hitam Eser

Teralis besi dapat diselaraskan dengan desain rumah, seperti klasik, modern, dan minimalis. Ada motif geometris seperti garis vertikal atau horizontal; bundar, persegi, atau bentuk geometris lain; lengkung; dan sebagainya. Besi bahkan dapat dibentuk menjadi motif non-geometris yang cenderung abstrak atau ornamental seperti bunga, daun, dan sulur-suluran bernuansa klasik.     

Ragam Teralis Besi

Dari sekian banyak produk besi/baja, beberapa yang cocok untuk material teralis adalah besi polos, besi ulir, besi hollow, besi plat, dan wiremesh. Masing-masing memiliki karakter yang dapat dipilih sesuai desain.

Besi polos, hollow, dan besi plat (yang dipotong seperti pita) sangat sesuai untuk teralis bentuk geometris, seperti garis-garis vertikal atau horizontal. Bentuk ini menegaskan kesan tegas dan simpel, yang cocok untuk hunian modern yang pada umumnya minim ornamen.        

Besi ulir memiliki karakter berupa teksturnya yang artistik. Bentuknya yang sesuai untuk model teralis yang ornamental, bahkan bila sekadar disusun sebagai garis-garis lurus atau lengkung. Teralis besi ulir dengan motif bunga, daun, dan sulur-suluran sangat selaras bila diaplikasikan pada hunian bergaya klasik. 

Sementara, lembaran wiremesh cenderung cocok untuk teralis yang memiliki karakter industrial. Misalnya untuk pengaman ruko atau gudang. Hunian yang memiliki gaya industrial juga dapat menggunakan wiremesh.

Pada dasarnya, dua atau lebih jenis besi dapat dikombinasikan untuk mendapat bentuk yang memberikan pengamanan terbaik sekaligus menarik dan berpotensi mempercantik hunian. Kombinasi dengan material lain seperti kayu juga dimungkinkan.    

Baca Juga: Mari Pelajari Lebih Lanjut Tentang Tangga Putar Besi

Jika berniat melengkapi hunian Anda dengan teralis, pilihlah desain yang paling sesuai. Distributor besi Jakarta, PT. KPS Steel, dapat menyediakan berbagai jenis besi terbaik untuk bahan bakunya. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui harganya atau untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai besi yang ditawarkan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

No results found.
Menu