3 Tips Menggunakan Pipa Schedule 40 yang Jarang Diketahui

pipa-schedule-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Pipa SCH 40 atau pipa schedule 40 merupakan spesifikasi pipe yang lebih detail, di mana angka 40 menandakan ukuran secara teknis. Bukan main-main, penentu ketebalan material ini langsung dari ANSI atau American National Standards Institute. Pipa SCH 40 artinya material bisa menahan tekanan sampai rasio 40 bar dan biasanya digunakan pada berbagai sektor industri. Hal ini berarti cairan likuid yang dapat dihantarkan melalui pipa tipe ini juga semakin beragam.

Bisa limbah bahan bakar, cairan untuk produk, maupun kebutuhan air bersih untuk suatu pabrik. Penting bagi kita untuk memahami fungsional dari pipa schedule 40 sebelum menggunakannya. Hal ini dilakukan agar penggunaannya semakin efektif dan aman.

Baca Juga: Perbedaan Pipa Schedule 40 dan Pipa Schedule 80

3 Tips Menggunakan Pipa Schedule 40

Agar pipa dapat bermanfaat sesuai dengan fungsinya, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk memilih pipa yang akan digunakan, dan tidak mudah tergiur dengan harga yang murah. Meskipun harga ekonomis menjadi pertimbangan penting, tetapi kualitas produk merupakan hal yang tidak dapat dilupakan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebelum proses penggunaan pipa sch 40, terlebih dahulu terapkan ketiga tips berikut ini:

1. Ketahui Jenis Pipa

Ada dua jenis pipa schedule 40, yakni seamless dan welded. Jika aktivitas industri tidak begitu banyak proses hantaran panasnya maka bisa memilih welded. Material ini jauh lebih hemat biaya dan memiliki tingkat keseragaman cukup baik.

Namun, jika penggunaannya akan bersinggungan dengan panas maka sebaiknya pilih jenis seamless. Material ini lebih kuat dan tebal serta tahan panas. Meskipun dari segi harga memang lebih mahal dan permukaannya terkadang tidak semua seragam.

2. Perhatikan Sambungan Pipanya

Bahan dasar pipa schedule 40 adalah baja, namun khusus untuk sambungan tentunya dibutuhkan material yang lentur. Proses pemasangan harus tepat, bisa dengan dilas, menggunakan kunci, dan memanfaatkan lem supaya material lebih tahan pada posisinya.

Pilihan material penyambung pipa bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Terkadang beberapa industri hanya membutuhkan lem biasa saja sudah bisa membuat daya tahan konstruksi bertahan lama. Namun, ada juga industri yang membutuhkan material lebih kuat.

3. Ukur dan Uji Coba Setelah Pemasangan

Ukur tekanan pipa schedule setelah pemasangan selesai untuk melihat apakah hasil kerja sudah benar atau sebaliknya. Jika terjadi kebocoran sedikit saja masih bisa dievaluasi dan proses perbaikannya tidak begitu kompleks, meskipun sebaiknya maksimal dari awal.

Lakukan sebanyak mungkin percobaan dengan berbagai metode untuk memastikan Anda mendapatkan sambungan pipa terbaik. Untuk kebutuhan industri yang menyangkut banyak orang, sebaiknya konstruksi bangunan dibuat sekuat mungkin supaya menghindari terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.

Untuk mengaplikasikan tiga tips di atas tentunya diperlukan keahlian khusus, bagi Anda yang berkecimpung di dunia konstruksi bisa mempelajarinya sendiri atau meminta bantuan orang yang paham soal teknik pembangunan. Hal ini dilakukan agar proses pemasangan berjalan lancer dan penggunaan pipa sesuai dengan sisi fungsionalnya.

Tempat Beli Pipa Schedule 40 Terbaik

Anda akan menemukan banyak penjual pipa secara offline maupun toko online. Keduanya memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri, jika offline maka barang bisa langsung dicek kualitasnnya, sedangkan jika online maka tidak perlu repot datang ke toko. Permasalahannya adalah belum banyak orang bisa menentukan mana toko material yang jujur, apalagi jika sangat awam dalam bidang material. Solusinya, Anda bisa membekali diri dengan membaca banyak sumber terpercaya.

Jika masih ragu dengan berbagai penawaran yang ada, Anda bisa menghubungi KPS Steel sekarang juga. Dapatkan penawaran produk terbaik pelayanan yang ramah dan edukatif dalam memberikan informasi kepada pelanggan. Nah, apakah Anda sudah memahami tips-tips yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan pipa schedule 40?

Baca Juga: Tabel Ukuran Pipa Schedule dan Ragam Fungsinya

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa schedule di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu