Ternyata Ini Kegunaan Pipa Schedule pada Beragam Konstruksi

penggunaan pipa schedule pada beberapa konstruksi berikut

Pipa Schedule atau Sch adalah sebuah golongan pipa berdasarkan tingkat ketebalannya menurut standar ANSI (American National Standards Institute). Seperti layaknya pipa-pipa pada umumnya, pipa Schedule ini digunakan untuk keperluan pembangun sebuah konstruksi.

Pipa Schedule pada awalnya tergolong dalam 3 macam berdasarkan ketebalannya, yaitu:

  • Standard
  • Extra Strong
  • Double Extra Strong

Sekarang, pipa ini diberikan penomoran schedule atau schedule number seperti 5 dan 5S, 10 dan 10S, 20, 30, 40, lalu penomoran yang lebih besar lagi dengan kelipatan 20 seperti 60, 80, 100, 120, 140, 160. Masing-masing penomoran memiliki ketebalan dan fungsi.

Setiap konstruksi yang dibangun pasti memiliki pipanya masing-masing. Meskipun kegunaan pipa cenderung sama pada setiap konstruksi seperti sebagai mengalirkan gas fluida ke tempatnya dan bisa juga dijadikan tiang untuk membangun kerangka konstruksi karena sifatnya yang kokoh.

Berikut beberapa penggunaan pipa Sch atau Schedule pada beberapa konstruksi:

1. Konstruksi Pabrik Gas

Pada konstruksi ini pipa Sch 40 dengan tambahan lapisan cocok untuk digunakan karena bentuknya yang lebih kaku dan memiliki bobot yang berat menjadikannya cocok sebagai penyalur air, listrik dan gas. Untuk penentuan diameter penggunaan pipa Sch 40 ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan kegunaan atau area tempat konstruksi Anda berada.

Pipa ini mudah ditemukan sobat, jadi Anda tidak perlu sulit untuk mencarinya, ditambah lagi dengan harganya yang tergolong murah. Pipa ini akan sangat efisien untuk digunakan.

Selain karena kegunaannya, mudah untuk ditemukan, dan harganya murah, pipa Sch 40 ini memiliki sifat anti korosi dan tahan cuaca yang membuat penyaluran air, listrik dan gas pada konstruksi Anda baik.

2. Konstruksi Rumah dan Gedung

Seamless pipa dan pipa hydrant Schedule 40 yang berfungsi untuk mengalirkan air dalam tekanan tertentu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan rumah tangga dan gedung perkantoran.

Setiap rumah dan gedung pasti memiliki sumber airnya masing-masing untuk beberapa kebutuhan seperti aktivitas kamar mandi dan mencuci dimana beberapa aktivitas tersebut memerlukan aliran air.

Baca Juga: Menilik Kegunaan Plat Kapal Pada Industri Minyak dan Gas

3. Konstruksi Pertambangan Minyak

Sobat sekalian mungkin pernah melihat pipa besar baik itu pipa untuk mengalirkan minyak atau pipa untuk mengalirkan limbah. Pipa Sch dengan kode tertentu dengan diameter tertentu juga dapat digunakan untuk pengaliran minyak.

Pipa yang kokoh serta anti korosi ini cocok digunakan pada konstruksi pertambangan seperti pertambangan minyak.

4. Konstruksi Perusahaan Manufaktur

Kegunaan pipa pada perusahaan ini adalah untuk mengalirkan air pada tekanan tertentu dan untuk mengalirkan bahan bakar.

5. Pembangunan Restoran yang memiliki Kanopi

Tidak hanya untuk mengalirkan cairan, pipa Sch ini khususnya jenis pipa seamless bisa digunakan untuk membuat sebuah kanopi untuk menambah kesan unik pada sebuah restoran. Pipa yang berukuran kecil dapat dimanfaatkan sebagai penyangga kanopi agar tergantung dengan kokoh.

Selain untuk konstruksi bangunan, pipa Sch ini ternyata bisa juga untuk digunakan sebagai tiang lampu, bisa digunakan juga untuk membuat sepeda, dan keperluan-keperluan lainnya yang memerlukan pipa sebagai bahan penyangganya.

Sifat pipa yang kokoh serta panjang menjadikannya multifungsi untuk segala jenis pekerjaan, dari pekerjaan yang ringan sampai ke pekerjaan berat. Semakin beragam ukuran sebuah pipa semakin spesifik lagi kegunaannya.

Khususnya pada pipa Sch ini, tidak hanya pipa Sch 40 yang memiliki kegunaan, pipa-pipa dengan ketebalan lainnya juga memiliki kegunaannya masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis konstruksi yang ingin Anda dirikan.

Baca Juga: Perbedaan Pipa Galvanis Dan Pipa Besi

Sebagai pilihan terbaik, KPS Steel juga menjual pipa schedule berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai pipa schedule. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu