Mengenal Rangka Pipa untuk Saluran Air Rumah

mengenal-rangka-pipa-untuk-saluran-air-di-rumah

Saluran air merupakan unsur penting dalam pembangunan sebuah hunian, pembuatannya sendiri akan menggunakan salah satu atau beberapa jenis rangka pipa.

Rangka pipa air ini akan dibuat untuk membangun saluran air. Baik itu saluran air bersih untuk keperluan mandi, mencuci, memasak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, bahkan juga bisa untuk air kotor, yakni air kotor yang perlu dibuang dari dalam rumah keluar.

Baca Juga: Kreasi Rumah dengan Material Besi, Wajib coba!

Sekilas Tentang Rangka Pipa untuk Saluran Air

Penggunaan pipa memang identik untuk pembuatan saluran air, sebab bentuknya panjang dan umumnya berupa silinder dengan bagian tengah yang kosong. Bagian tengah inilah yang menjadi tempat air bergerak, baik bergerak masuk ke rumah maupun keluar. Pembuatan saluran air cukup penting dan bahkan menjadi standar untuk menjadikan sebuah hunian layak huni. 

Dalam kegiatan rumah tangga dijamin penggunaan air sangat krusial, setiap harinya ada saja aktivitas memakai air. Kebutuhan air bersih bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok untuk menunjang berbagai keperluan. Yakni berhubungan dengan sanitasi, seperti keperluan mandi, mencuci baju, mencuci peralatan masak, mencuci bahan masakan, dan lain-lain. 

Air yang sudah dipakai dan yang tadinya air bersih  akan berubah menjadi air kotor atau limbah. Sehingga dalam sebuah hunian tidak cukup memakai rangka pipa untuk saluran penyediaan air bersih namun juga saluran khusus untuk pembuangan. Sehingga air di dalam hunian terus mengalir dan memastikan kondisi rumah selalu bersih dan sehat. 

Jenis Pipa yang Cocok untuk Saluran Air

Jenis rangka pipa yang digunakan untuk pembuatan saluran air sendiri beragam, dilihat dari segi material yang menyusunnya. Berikut adalah jenis-jenis yang paling sering dan paling umum digunakan: 

1. Pipa CVPC 

Jenis pipa pertama yang umum digunakan untuk pembuatan saluran air adalah pipa CVPC (Chlorinated Polyvinyl Chloride). Pipa air jenis ini masih satu jenis dengan pipa jenis PVC hanya saja lebih tebal sedikit. 

Pipa CVPC sendiri memiliki sejumlah keunggulan seperti ketahanannya pada suhu tinggi yang mencapai 180 derajat dan air suhu rendah atau dingin. Sehingga pipa jenis ini sering digunakan untuk rumah tangga yang memerlukan suplai air hangat dan dingin.

2. Pipa PVC

Jenisrangka pipa berikutnya untuk pembuatan saluran air di sebuah hunian adalah pipa PVC. Dibanding CVPC, jenis satu ini lebih sering digunakan karena lebih efisien karena proses instalasinya lebih mudah. Pipa PVC diketahui cocok untuk pembuatan saluran air bersih maupun air limbah, tidak heran jika kemudian sering dipilih. 

3. Pipa Tembaga 

Jenis berikutnya adalah pipa tembaga, sesuai namanya pipa air satu ini terbuat dari material tembaga. Dikenal sebagai jenis pipa dengan harga mahal namun sepadan dengan ketahanannya yang baik. Ditambah lagi, pipa dari material ini juga tahan karat yang cocok untuk saluran air bersih dengan suhu dingin maupun panas. 

3. Pipa Galvanis 

Pipa galvanis yang terbuat dari perpaduan material besi seng dan dilapisi oleh material baja juga sering dipakai untuk instalasi saluran air. Hanya saja penggunaannya harus teliti karena tidak bisa asal dipotong dan perlu perhitungan yang tepat. Selain itu pipa galvanis juga lebih cocok untuk air dingin, dan akan sebaliknya pada air panas. Sehingga tidak dianjurkan untuk dijadikan rangka saluran air panas. 

4.Pipa PPR 

Jika tinggal di daerah yang rawan gempa maupun abrasi maka untuk kebutuhan saluran air bisa mengandalkan pipa PPR. Pipa jenis ini terbuat dari material plastik khusus yang nyaris mirip dengan PVC. Selain itu pipa PPR juga cocok untuk air panas dan dingin, sekaligus strukturnya ringan sehingga mudah untuk dipasang. 

Baca Juga: Besi Bekas di Rumah Bisa Bermanfaat, Begini Tipsnya

Dari sekian jenis pipa besi di atas, mana yang Anda butuhkan untuk pembuatan rangka pipa saluran air? Sebaiknya dikonsultasikan dengan ahlinya, karena beda kondisi air dan kondisi lingkungan beda pula kebutuhan jenis pipanya. 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai rangka pipa, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu