Mengenal Pipa Hitam dan Manfaatnya

mengenal-pipa-hitam-dan-manfaatnya-kps-steel-jakarta-indonesia

Apa itu pipa hitam?

Pipa merupakan benda yang mempunyai bentuk silinder dan memanjang yang biasanya berfungsi untuk sebagai alat untuk mengalirkan cairan, gas, dan solid. Selain itu, terdapat berbagai jenis pipa, salah satunya adalah pipa hitam.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Pipa Konstruksi yang Paling Sering Digunakan

Pipa hitam merupakan pipa yang mempunyai karakter yang tahan terhadap karat, struktur yang kuat, dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, pipa yang satu ini juga berasal dari campuran stainless steel dan besi, stainless steel sendiri di sini digunakan sebagai pelindung besi agar tidak mudah berkarat.

Tidak hanya itu saja, harga pipa juga ditentukan dari diameter, ketebalan, dan panjang pipa itu sendiri. Pipa ini termasuk jenis pipa yang sangat kuat yang memiliki daya tahan pemakaian hingga 10 tahun. Sehingga pipa ini sangat bagus untuk digunakan sebagai sebagai bahan baku atau material konstruksi bangunan dan juga digunakan di berbagai industri.

Inilah Berbagai Manfaat Pipa Hitam yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Secara garis besar pipa ini terdiri dari dua jenis yaitu pipa SNI dan pipa furnitur. Kedua jenis pipa ini juga memiliki beberapa manfaat dan kegunaan yang bisa diterapkan di berbagai industri, diantaranya yaitu:

1. Sebagai Bahan Baku Konstruksi Bangunan

Salah satu manfaat dari pipa ini yaitu digunakan sebagai bahan baku atau material konstruksi bangunan. Misalnya saja, untuk bahan pembuatan jembatan dan peralatan lainnya.

2. Sebagai Tiang Bangunan atau Rumah

Selain sebagai bahan baku atau material konstruksi bangunan, pipa ini juga sangat bagus untuk digunakan sebagai tiang untuk menyangga bangunan atau rumah Anda.

Tidak hanya rumah, Anda juga bisa menggunakan pipa ini untuk menyangga kanopi yang ada di rumah Anda.

3. Alat Mengalirkan Cairan

Tidak hanya sebagai bahan konstruksi dan tiang penyangga, pipa ini juga bisa Anda gunakan sebagai alat untuk mengalirkan cairan di pabrik-pabrik. Salah satu contohnya yaitu digunakan di pabrik oli.

4. Pipa yang Digunakan untuk Pertambangan Minyak Bumi dan Gas

Selain pipa carbon steel, pipa ini biasanya juga digunakan di industri pertambangan gas dan minyak bumi. Fungsinya yaitu sebagai alat untuk mengalirkan minyak dan juga gas agar proses pertambangan aman dan tidak terjadi kebocoran.

5. Sebagai Pipa Furniture

Berbeda dengan kegunaan dan pipa sebelumnya yang menggunakan pipa jenis SNI, ada pula jenis pipa lain yang biasanya digunakan sebagai pipa furnitur. Pipa furnitur ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai rangka furnitur. Misalnya saja, lemari, rak, kamar tidur, kursi, meja, tempat tidur, dan lainnya.

Selain sebagai rangka furnitur, ternyata pipa furnitur ini juga bisa digunakan sebagai rangka bahan transportasi dan otomotif. Misalnya saja untuk rangka sepeda motor dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Plat Lantai

Itulah berbagai manfaat dan kegunaan dari pipa hitam, diantaranya yaitu sebagai bahan material bangunan, tiang penyangga rumah, alat pertambangan minyak bumi dan gas, hingga rangka furnitur dan otomotif.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa hitam di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu