Mengenal Berbagai Jenis Pipa Konstruksi yang Paling Sering Digunakan

mengenal-jenis-pipa-konstruksi-yang-paling-sering-digunakan-kps-steel-jakarta-indonesia

Mengenal berbagai jenis pipa yang paling populer. Salah satu komponen yang sangat dibutuhkan saat membuat rumah adalah pipa.

Fungsi pipa itu sendiri beragam sesuai dengan jenisnya. Karena itu, sangat penting untuk kita mengetahui bermacam jenis pipa, agar kita mengetahui  apa saja jenis pipa yang sering dan harus digunakan.

Di bawah ini adalah berbagai jenis pipa beserta fungsinya:

1. Pipa Hitam

Pipa yang satu ini sering disebut juga sebagai pipa baja. Lebih banyak digunakan untuk rumah serta bangunan lain yang membutuhkan pasokan gas alam.

Kelebihan pipa ini adalah mempunyai ketahanan yang kuat serta tahan terhadap api. Bukan hanya digunakan untuk saluran gas, pipa ini juga digunakan untuk saluran pembuangan dan pipa pemanas.

2. Pipa Galvanis

Jenis selanjutnya adalah pipa Galvanis yang terbuat dari seng, yang membuat pipa ini tahan terhadap korosi. Pipa ini banyak digunakan sebagai pipa saluran air. Jenis ini tidak cocok digunakan sebagai pemasok gas layaknya pipa hitam.

Karena kelebihannya yang tahan lama, pipa ini banyak digunakan pada bangunan. Bahkan kini mulai banyak digunakan di area pertanian dan juga irigasi yang tentunya membutuhkan banyak aliran air.

3. Pipa Furnitur

Termasuk varian dari pipa hitam, pipa ini banyak digunakan untuk keperluan furniture seperti rangka kursi atau meja. Rangka almari pun banyak yang menggunakan pipa ini. karakteristik pipa ini adalah kuat dan tahan lama.

Selain itu keunikan warnanya yang berwarna hitam menjadikan objek yang berasal dari pipa ini terlihat artistik. Penggunaan pipa ini sering ditemukan di berbagai keperluan misalnya rangka perabot, railing tangga, perabot dapur dan fixture lampu.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Plat Lantai

4. Pipa Seamless

Pipa seamless adalah jenis pipa yang tidak mempunyai sambungan sama sekali sesuai dengan namanya. Jika pun dalam proses konstruksi yang menggunakan pipa ini membutuhkan sambungan, maka hanya perlu melengkungkan plat dengan mesin rol kemudian tinggal mengelasnya saja.

Sebagai pipa yang sering digunakan, seamless juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah tahan terhadap korosi dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi.

Sedangkan kekurangannya adalah dari sisi harga yang cukup mahal karena dalam pembuatannya pipa ini melalui proses produksi yang kompleks.

5. Pipa Schedule

Semua pipa yang sering digunakan adalah jenis pipa panjang yang mempunyai lubang di tengahnya. Demikian pula dengan pipa schedule, hanya saja pipa ini mempunyai ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan ini dipengaruhi diameter luar dan dalamnya.

Terdapat 3 jenis schedule yang paling sering dikenal yaitu, standart, extra strong dan double extra strong. Pipa ini juga mempunyai penomoran yang memudahkan untuk mengetahui fungsinya dan bahan yang digunakan.

Dengan mengenal berbagai jenis pipa ini diharapkan Anda akan lebih tahu jenis dan juga fungsi penggunaannya. Untuk mendapatkan pipa yang berkualitas, tentu Anda harus jeli mengenai tempat yang terpercaya sebagai penyedia berbagai jenis pipa.

Karena tidak semua tempat menyediakan pipa dengan kualitas tinggi. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Baca Juga: Atap Avantguard Pelindung Rumah Terpercaya

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi plat di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu