Benarkah Besi Pipa Hanya Untuk Saluran Air?

Benarkah-besi-pipa-hanya-untuk-saluran-air-KPS-Steel-Jakarta

Baja yang memiliki bentuk seperti pipa sering membuat kita mengira bahwa baja tersebut adalah saluran air.

Karena bentuknya yang lonjong memanjang dan tengah berlubang, merupakan bentuk yang sangat ideal untuk dijadikan saluran air. Pemikiran tersebut ada benarnya namun tidak 100% benar. Memang, saluran air tertentu menggunakan pipa baja. Namun jenis yang lain juga menggunakan pipa berbahan PVC.

Baca Juga: Peran Konstruksi Baja Dalam Sejarah Ritel Modern Di Inggris

Kegunaan pipa besi yang lain tidak hanya berkutat pada masalah air saja. Banyak sekali kegunaannya.

Kegunaan Besi Pipa Pada Zaman Dahulu

Zaman dahulu sebelum banyak penemuan baru di dunia konstruksi rumah, besi pipa hadir pada rumah pribadi. Pipa ini sering dijadikan sebagai saluran air. Sebenarnya, hal ini sangat baik karena pipa baja lebih tahan panas dari pada pipa dengan bahan lain yang banyak digunakan pada masa sekarang.  Selain sebagai saluran air, pipa besi pada masa itu digunakan sebagai saluran gas. Ini terjadi pada rumah yang didirikan pada tahun pra 1960-an. Setelah tahun itu, muncul bahan baru yang menggantikan pipa besi pada rumah pribadi. Setelah banyak rumah beralih pada pipa dengan bahan dasar yang lain, pipa besi beralih fungsi.

Dua Kegunaan Besi Pipa

Dengan pergeseran fungsi yang terjadi pada tahun 1960-an, popularitas pipa besi tetap tidak menghilang. Justru pipa besi lebih melambung karena banyak sektor lain selain masalah saluran air rumah tangga yang mampu ditopang oleh pipa baja.

  1. Sebagai Pengalir Pada Pabrik

Untuk skala rumah tangga memang pipa baja telah digantikan oleh pipa berbahan PVC. Namun, pada pabrik raksasa yang besar, pipa yang dibutuhkan adalah pipa yang memiliki ketahanan akan suhu apa pun dingin maupun panas. Misalnya pada pabrik oli. Aliran cairan yang banyak dengan tekanan yang tinggi menuntut suatu pipa yang kokoh. Pipa baja ini menjadi penopang segala kegiatan perpindahan cairan pada pabrik oli. Selain pabrik, pipa baja juga sangat berperan pada tambang minyak. Tambang minyak yang besar memiliki mobilitas cairan yang tinggi sehingga pipa baja yang tebal dan kokoh lah yang mampu menopangnya.

  1. Sebagai Tiang Penyangga

Di sepanjang jalan, kita sering melihat lampu kota, lampu taman, traffic light, penyangga baliho besar, penyangga layar video tron dan penyangga rambu-rambu di jalan. Semua benda tersebut disangga oleh pipa baja. Pipa baja mempunyai sifat stainless yang artinya adalah tidak bernoda. Maksudnya, pipa baja terbebas dari noda karat sehingga ideal jika dijadikan penyangga benda yang diletakkan di luar ruangan. Panas maupun hujan tidak akan berpengaruh pada performa pipa baja tersebut.

Baca Juga: Mengenal Standar Pada Produk Besi Dan Baja

Ternyata pipa baja sangat banyak manfaatnya pada kehidupan manusia. Dapatkan berbagai produk pipa baja hanya di KPS Steel Jakarta yang merupakan distributor produk besi/baja besar. KPS Steel menyediakan pipa furniture, pipa SNI, Sch 40, Sch 80, galvanis medium, galvanis sch 40 welded dan lainnya lengkap untuk segala keperluan pipa baja Anda.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu