Mengenal Material Perancah (Scaffolding) Dari Pipa Baja

material-perancah-atau-scaffolding-dari-pipa-baja-kps-steel-apa-itu-scaffolding

Para pelaku konstruksi tentu tak asing dengan istilah perancah (scaffolding) atau steger. Perancah adalah bidang permukaan sementara yang dapat menopang pekerja—juga material dan peralatan kerja—selama melakukan pekerjaan pada ketinggian yang tidak dapat dijangkau.

Misalnya dalam pekerjaan konstruksi—memasang, mengecat, dan/atau membersihkan dinding dan langit-langit bangunan. Perancah juga berfungsi sebagai penyangga bekisting dalam pengecoran beton.

Scaffolding atau perancah dapat dibuat dari material kayu, bambu, atau besi/baja. Perancah besi/baja di antaranya terbuat dari pipa baja hitam (black steel pipe), yang di pasaran termasuk di distributor besi Jakarta KPS Steel disebut juga dengan sebutan pipa hitam.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya dari KPS Steel, distributor besi Jakarta!

Plus-Minus Perancah Pipa Baja

Produk besi/baja berbentuk tabung ‘pipa hitam’ ini sangat cocok untuk scaffolding, karena dikenal kuat dan tahan lama hingga puluhan tahun. Perancah pipa baja cukup kuat menopang beban yang berat dan aman bagi pekerja jika disusun sesuai ketentuan yang memenuhi standar keselamatan.

Idealnya ada operator khusus pemasangan. Selain itu untuk penggunaan yang sesuai ketentuan, para pekerja juga telah mendapat pelatihan.          

Scaffolding pipa baja dibuat dengan cara fabrikasi berupa konstruksi knockdown. Set perancah dapat disusun sebagai rangka dengan panjang dan tinggi yang dapat diatur sesuai kebutuhan; lalu dibongkar kembali jika pekerjaan telah selesai.

Penggunaan scaffolding ini relatif hemat waktu karena proses bongkar-pasang yang dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu juga hemat biaya karena dapat disewa dalam jumlah tertentu dengan harga yang relatif murah; atau dibeli untuk dipakai berulang kali sehingga ekonomis.

Berbeda dengan material kayu dan bambu yang cenderung ‘terbuang’ jika tidak dipakai lagi.

Baca Juga: Baja Untuk Konstruksi Jalan dan Jembatan

Jenis-Jenis Perancah Pipa Baja

Dilihat dari komponennya jenis perancah pipa baja antara lain perancah tubular (tube & coupler scaffold); perancah rangka (frame scaffold); dan perancah yang dapat dipindah-pindah (movable scaffold). Masing-masing dengan karakternya sendiri.

Misalnya, set perancah tubular terdiri dari batang-batang pipa baja (steel tube) dan kelengkapan berupa aneka jenis klem dan baut berikut kuncinya, bidang kerja (papan kayu/metal), tangga, roda, dan sebagainya.

Pemasangan dilakukan dengan merangkai batang-batang pipa dengan klem dan baut menurut sistem modular tertentu. Perancah ini relatif aman dan efektif.

Set perancah rangka pipa baja terdiri dari sejumlah rangka (frame) pipa baja dan kelengkapan berupa cross brace, join pin, tangga, roda, catwalk sebagai bidang kerja, dan sebagainya.

Perancah ini relatif lebih mudah dan cepat untuk dibongkar-pasang, terutama karena elemen rangka cukup besar. Sementara jenis perancah beroda yang dapat dipindah-pindah (movable) cocok digunakan pada permukaan yang rata.   

Perancah pipa baja hasil fabrikasi ini harus dipilih sesuai jenis pekerjaan konstruksi dan/atau kondisi lapangan. Anda dapat membeli atau menyewanya pada pihak penyedia.

Baca Juga: Berbagai Peralatan Untuk Pekerjaan Pembesian

Sementara itu, jika Anda memerlukan material pipa hitam atau produk besi/baja lainnya, Anda dapat menghubungi kami di KPS Steel distributor besi Jakarta.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis pipa. Mulai dari pipa hitam, pipa schedule, hingga pipa galvanis.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu