Sebelum Terlambat, Terapkan Cara Mencegah dan Mengatasi Pagar Besi Berkarat

cara mencegah pagar besi berkarat KPS Steel distributor besi

Pagar besi banyak digunakan oleh rumah-rumah saat ini sebagai salah satu bagian eksterior sekaligus meningkatkan perlindungan. Namun masalah pagar besi berkarat seringkali dijumpai dan hal ini membuat pemilik rumah merasa bingung. 

Selain merusak penampilan, karat pada pagar besi bisa menurunkan kualitas dan ketahanannya. Oleh sebab itu masalah karat ini sebaiknya dicegah seoptimal mungkin. Jika tidak bisa dicegah dan sudah terlanjur muncul, maka karat pada pagar besi harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah lebih parah lagi. 

Cara Mencegah Pagar Besi Berkarat

Masalah karat ini mungkin sudah sangat umum dijumpai pada pengguna pagar besi di rumah. Padahal sebenarnya karat pada pagar besi bisa dicegah seoptimal mungkin. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mencegah munculnya karat pada pagar besi di rumah Anda. 

  • Bersihkan Pagar secara Rutin

Pagar besi sebaiknya dibersihkan secara rutin agar terhindar dari karat. Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan karat ringan, kotoran, endapan air, juga minyak yang mungkin menempel di pagar. Jika tidak dibersihkan maka hal-hal tersebut bisa saja merusak pagar besi dan memicu karat yang lebih parah. 

Proses pembersihan pagar besi tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan cuka atau baking soda yang sudah dicampurkan ke sedikit air. Oleskan saja campuran tersebut ke permukaan pagar besi kemudian diamkan. Selanjutnya tinggal dilap sampai kering dan bersih. 

  • Hindarkan dari Tanaman

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar pagar rumah yang terbuat dari besi tidak mudah berkarat adalah dengan menghindarkannya dari tanaman. Sebaiknya bersihkan tanaman merambat yang ada di dekat pagar besi. Tanaman-tanaman ini mungkin terlihat estetik namun bisa merusak kualitas pagar. 

Terutama untuk jenis tanaman rambat yang bisa memenuhi pagar besi rumah Anda. Jenis tanaman seperti ini justru bisa meninggalkan noda dan nantinya sulit dibersihkan. Noda tersebut bahkan bisa memicu masalah pagar besi berkarat yang lebih parah. 

  • Lakukan Pelapisan secara Berkala

Anda juga sangat disarankan untuk melakukan pelapisan pagar besi secara berkala. Ini merupakan salah satu cara cegah pagar besi agar tidak mudah berkarat yang sangat efektif. Anda bisa menggunakan minyak pelumas khusus untuk melapisi pagar besi.

Selain bisa mencegah karat, pelapisan secara berkala juga akan membuat tampilan pagar Anda jadi lebih bagus dan mengkilap. Paling tidak lakukan pelapisan pagar ini setiap satu tahun sekali. Tujuannya agar material besi selalu terlindungi dari berbagai jenis paparan eksternal yang memicu karat. 

  • Pilih Besi Berkualitas Tinggi

Tentunya Anda perlu memilih besi yang berkualitas tinggi untuk digunakan sebagai pagar. Jika kualitas besinya bagus maka pagar tersebut juga pasti tidak akan mudah berkarat. Selain itu tampilannya juga akan selalu optimal sehingga bisa meningkatkan estetika eksterior hunian Anda. 

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memilih pagar dengan material besi dari KPS Steel. KPS Steel mendistribusikan besi dengan kualitas terbaik yang terbukti kokoh dan tahan lama. Cocok untuk digunakan sebagai pagar rumah dan tidak mudah muncul karat. 

Cara Mengatasi Pagar Besi Berkarat

Lalu bagaimana jika pagar besi di rumah Anda sudah terlanjur berkarat? Tenang saja, ada beberapa cara menghilangkan karat pada pagar besi yang masih bisa Anda lakukan. Berikut ini hal-hal yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi masalah pagar besi berkarat

  • Gunakan Asam Sitrat

Pembersihan karat yang sudah terlanjur muncul pada pagar besi sebenarnya bisa dilakukan dengan memakai bahan-bahan di sekitar kita. Salah satunya adalah asam sitrat yang cukup mudah Anda dapatkan di supermarket. Bentuk alaminya juga bisa Anda dapatkan dengan mudah dari perasan air lemon. 

Anda bisa melarutkan 3 sdm asam sitrat dengan air panas. Selanjutnya Anda bisa mengoleskan campuran bahan ini ke pagar yang sudah berkarat. Tunggu dan diamkan saja selama beberapa saat lalu gosok bagian pagar yang berkarat sampai bersih. 

  • Hilangkan dengan Aluminium Foil dan Amplas

Jika pagar besi Anda memiliki karat ringan maka proses pembersihannya bisa berlangsung lebih mudah. Anda bisa menggunakan aluminium foil untuk mengangkat semua karat yang menempel. Namun jika karatnya cukup banyak maka Anda bisa menggunakan amplas atau amplas elektrik. 

Jika ingin memakai aluminium foil, maka potong saja terlebih dahulu. Kemudian masukkan aluminium foil ke dalam air atau bisa pakai cuka. Gosokkan secara perlahan ke bagian pagar yang berkarat.

Hal ini juga bisa Anda terapkan jika ingin menghilangkan karat pada pagar besi dengan memakai amplas. Pastikan untuk menggosok cukup keras sampai bagian yang berkarat benar-benar bersih. Memang dibutuhkan kesabaran namun jika dilakukan secara telaten pagar besi Anda bisa kembali bersih. 

  • Pakailah Fiber Wheel

Menggosok pagar besi secara manual untuk menghilangkan karat mungkin akan terasa melelahkan. Sebagai solusi lain Anda bisa coba memakai fiber wheel jika memungkinkan. Fiber wheel ini merupakan sebuah alat otomatis yang dapat melunturkan noda pada besi. 

Fiber wheel berbentuk roda dan bisa bekerja berkat adanya aliran listrik. Namun tidak semua orang bisa menggunakannya. Anda harus sangat berhati-hati dan memakai pelindung mata agar tidak ada percikan api yang masuk ke mata Anda. 

  • Gunakan Cairan Pembersih Karat

Pada beberapa kasus pagar besi berkarat, Anda bisa coba mengatasinya dengan cairan pembersih khusus. Ada produk cairan pembersih karat yang bisa Anda jumpai di toko-toko. Hanya saja pastikan cairan pembersih tersebut punya formula yang benar-benar bagus. 

Produk seperti ini sangat praktis untuk digunakan. Anda bisa langsung mengoleskannya ke bagian yang berkarat. Selanjutnya tinggal digosok saja untuk menghilangkan karat pada besi. 

  • Manfaatkan Air dan Baking Soda

Anda juga bisa menghilangkan karat pada pagar besi menggunakan campuran air dan baking soda. Ramuan ini sangat mudah untuk dibuat namun cukup efektif mengatasi karat. Apalagi karat ringan yang biasanya menempel di pagar besi rumah Anda. 

Cukup campurkan sedikit baking soda dengan air kemudian aduk secara merata. Oleskan campuran ini ke pagar besi yang berkarat. Tunggu selama kurang lebih 1 jam kemudian lap dengan menggunakan kain bersih untuk menghilangkan karatnya. 

  • Aplikasikan Cairan Solar

Pilihan cara lain yang bisa dicoba untuk menghilangkan karat adalah dengan mengaplikasikan cairan solar. Anda bisa mengoleskan cairan solar ke bagian besi yang berkarat lalu tunggu sampai semalaman dan bilas di keesokan hari. Hanya saja cara ini bisa jadi kurang nyaman karena aroma solar cukup sulit untuk hilang. 

Masalah pagar besi berkarat memang bisa diatasi dengan berbagai cara. Namun akan jauh lebih baik jika dari awal Anda sudah memilih material besi yang berkualitas untuk dijadikan pagar. Dalam hal ini Anda bisa mempercayai Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali terbaik, KPS Steel. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk besi berkualitas tinggi.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait