Tips Memilih Besi untuk Interior Rumah Industrial

Menentukan desain rumah merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar rumah terlihat indah dan nyaman untuk dihuni.

Namun, bukan berarti rumah yang indah selalu berkaitan dengan desain yang mewah. Pada zaman sekarang, banyak desain rumah yang sederhana namun tetap elegan. Salah satunya adalah desain rumah bernuansa industri atau kerap disebut dengan rumah industrial.  

Desain bangunan bernuansa industri sudah digunakan pada sebagian rumah, cafe dan beragam bangunan komersial lainnya di kota-kota besar. Pasalnya, desain ini menghadirkan kesan elegan dengan warna yang natural dan juga memberikan kesan sederhana, namun tetap memperlihatkan sisi keindahannya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja Kegunaan Tali Sling Baja

Tips Memilih Besi yang Tepat untuk Interior Rumah Industrial

Rumah industrial merupakan salah satu jenis desain interior rumah yang memperlihatkan komponen serta elemen struktural dari sebuah bangunan seperti pipa dan besi, sehingga terkesan seperti bangunan yang belum jadi (unfinished).

Adapun karakteristik dari rumah bernuansa industri adalah banyak memanfaatkan bahan atau material hasil daur ulang. Minimnya penggunaan dekorasi ruangan, sehingga terkesan sederhana, juga desain pada bagian atap yang umumnya terbuka dan memperlihatkan komponen bangunan tersebut.

Dalam menerapkan desain rumah bernuansa industri dibutuhkan ruang atau spaceyang luas agar desain tidak terkesan kaku. Selain itu, diperlukan juga persiapan yang matang dalam pemilihan material bangunan dan juga melakukan penataan agar desain yang dihasilkan sederhana, namun tidak terlihat murahan.

Salah satu material atau bahan yang umum digunakan pada rumah bernuansa industri adalah besi. Oleh karenanya, pemilihan besi yang tepat sangat perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa  tips memilih besi yang tepat untuk rumah industrial.

1. Menentukan Jenis Besi yang Akan Digunakan

Sebelum membeli besi yang akan digunakan dalam pembuatan rumah industrial, adakalanya terlebih dahulu anda harus menentukan jenis besi yang akan digunakan. Terdapat beberapa jenis besi yang dapat digunakan pada desain rumah bernuansa industri, seperti penggunaan besi metal pada desain pintu dan jendela, penggunaan besi wiremesh pada anak tangga, dan penggunaan besi hollow pada railing tangga.

2. Memilih Ukuran Besi Yang Sesuai dengan Kebutuhan

Memilih ukuran besi yang sesuai dengan kebutuhan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Selain lebih menghemat biaya, besi dengan ukuran yang tepat akan mempermudah pekerja untuk membuat furniture dengan waktu yang singkat. Adapun contoh pemilihan ukuran besi yang sesuai dengan kebutuhan adalah penggunaan besi hollow berukuran 30 x 60 dengan ketebalan 1,2 mm untuk pegangan pada tangga.

3. Memilih Besi dengan Kondisi yang Baik

Dalam membeli besi untuk desain rumah bernuansa industri. Usahakan untuk memilih besi dengan kondisi yang baik dan tidak berkarat. Pasalnya, kondisi besi yang berkarat akan membuat tampilan desain rumah tidak menarik. Selain itu, besi berkarat akan menimbulkan penyakit apabila bersentuhan langsung dengan kulit sehingga sangat membahayakan baik bagi pekerja bangunan maupun bagi penghuni rumah.

4. Memilih Besi dengan Merk yang Berkualitas

Dalam membangun rumah industrial, pemilihan besi dengan merk yang berkualitas sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, begitu banyak beredar merk besi yang tentunya mempunyai harga dan kualitas yang berbeda-beda. Apabila salah dalam memilih merk besi, maka ketahanan besi terhadap kerusakan juga akan semakin berkurang.

Adapun ciri dari merk besi yang berkualitas yaitu memiliki tulisan dan cap SNI (Standar Nasional Indonesia) dan pada umumnya, merk besi berkualitas senantiasa memperlihatkan secara jelas merknya pada permukaan besi.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih besi yag tepat untuk rumah bernuansa industriSetelah proses pemilihan besi telah dilakukan, usahakan untuk melakukan perawatan pada besi agar tidak mudah berkarat dan tahan lama.

Baca Juga: Besi Hollow Gypsum untuk Plafon Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu