Aplikasi Material Besi Pada Gaya Industrial

Gaya industrial (industrial style) berawal dari penggunaan kembali bekas pabrik/ gudang untuk rumah atau fungsi lainnya.

Ciri utamanya yaitu memiliki tampilan material kasar/setengah jadi seperti dinding bata tanpa plesteran; dinding/lantai beton ekspos; elemen kayu tanpa finishing; ekspos struktur besi/baja; perabot vintage; dan sebagainya. Gaya yang konon merefleksikan kejujuran tersebut agaknya kian digemari masyarakat. Selain pada rumah tinggal gaya ini diterapkan pada interior bangunan komersial seperti kafe dan restoran. Tertarikkah Anda mengusung gaya ini?

Baca Juga: Mengenali Pipa Besi Galvanis Dan Kegunaannya

Ulasan kami berikut ini akan mengeksplorasi penggunaan material besi/baja untuk menampilkan ciri khas rancangan interior bergaya industrial. Temukan inspirasinya! 

Ekspos Tiang Dan Balok Baja

Material baja profil dapat dipilih sebagai elemen tiang-balok pada konstruksi rumah dua lantai yang dipadukan dengan sistem bondek. Ekspos tiang-balok baja profil dan plat bondek yang terlihat di ruang-ruang lantai 1 akan menciptakan kekhasan gaya industrial.

Tampilan tersebut dapat diperkuat dengan ekspose jaringan air (plumbing), jaringan mekanikal-elektrikal, dan penggantung lampu berbahan metal. Pembuatan dinding dan lantai beton ekspos juga berpotensi menegaskan gaya industrial.

Hadirkan Tangga Besi

Ciri khas industrial dapat dihadirkan lewat aplikasi tangga berbahan besi/baja. Banyak model tangga dapat dipilih, tangga lurus; tangga lingkar; bentuk L, U, atau Y shape; dan lainnya. Di antara banyak model, tangga putar adalah salah satu yang dapat diekspos untuk menambah nilai estetika gaya industrial.

Bagaimana dengan pilihan jenis besi? Untuk konstruksi utama/rangka, seperti ibu tangga, balustraid/railing dapat dipilih besi batangan yang sesuai—besi profil, besi as, besi hollow, dan lainnya. Untuk anak tangga dapat dipilih besi plat atau wiremesh berlubang rapat. Namun pada dasarnya dapat pula dilakukan kombinasi antara material besi dengan beton dan kayu.

Tambahkan Aksen Besi Pada Pintu/Jendela

Bahan metal juga dapat dihadirkan lewat elemen pintu/jendela. Anda tidak harus membuat model pintu/jendela besi plat yang cendrung besar seperti di pabrik/gudang. Namun, cukup gunakan besi sebagai aksen yang terekspos, seperti rangka, teralis, pegangan, dan sebagainya. Material papan kayu solid dapat dipilih sebagai kombinasi.

Lengkapi Ruang Dengan Perabot Dan Dekorasi Dari Besi

Selain lewat tampilan material struktur dan konstruksi, sempurnakan gaya industrial dengan menghadirkan perabot dan elemen pengisi ruang lain. Tentu saja material besi pun dapat berperan di sini. Temukan di pasar atau rancang sendiri perabot serta dekorasi dari material besi yang dapat pula dipadukan dengan material kayu. Misalnya rak/kabinet, meja/kursi atau furnitur lain, dan berbagai elemen dekoratf.

Nuansa monokrom cenderung mendominasi sehingga tercipta kesan maskulin.

Baca Juga: Besi Hollow, Efektif Menopang Bangunan Dan Berbobot Ringan

Untuk mendapatkan beragam jenis besi yang dibutuhkan dalam rancangan industrial, Anda dapat menghubungi distributor besi Jakarta di KPS Steel Jakarta. Kami menyediakan kualitas terbaik dengan harga miring. Silakan hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :
Menu