Elemen Dekoratif Dari Material Besi Atau Baja

elemen-dekoratif-dari-material-besi-atau-baja-kps-steel

Dalam penataan ruang, elemen dekoratif merupakan salah satu unsur penting yang berfungsi menyempurnakan tatanan interior.

Aneka elemen dekoratif dapat dibuat dari beragam material, seperti kayu, bambu, rotan, plastik, juga logam, termasuk besi dan baja. Besi/baja yang secara visual dikenal memiliki karakter kaku/keras sekaligus kuat ternyata tidak hanya cocok digunakan sebagai material konstruksi atau bahan baku industri otomotif. Material ini juga dapat dibentuk sedemikian rupa menjadi elemen dekoratif yang artistik.

Objek dekorasi berbahan besi/baja berpotensi mempercantik interior hunian (rumah tapak maupun apartemen); ruang kantor; maupun ruang-ruang komersial lain. Ayo, kita eksplorasi sekilas bersama KPS Steel, distributor besi Jakarta, mengenai seluk-beluk elemen dekoratif yang terbuat dari material besi/baja!

Baca Juga: Ayo, Peduli Lingkungan Dengan Mengelola Limbah Besi!

Ragam Dekorasi Dan Penempatan

Terdapat beragam dekorasi interior dari material besi/baja yang dapat dibuat sendiri ataupun dibeli. Elemen dekoratif tersebut secara umum dapat dikelompokkan sebagai berikut.

  • Dekorasi untuk digantung/ditempel pada dinding, berupa objek 2D atau 3D (tetapi keindahan cenderung tampak dari arah depan). Misal, frame ornamental untuk foto, cermin, dan lainnya.  
  • Dekorasi untuk dipajang pada bidang datar (lemari/rak, meja konsol, coffee table, meja makan, dsb.). Biasanya berupa bentuk objek 3D dengan ukuran proporsional.
  • Dekorasi yang dapat berdiri tegak di atas lantai, biasanya berupa objek 3D.
  • Dekorasi untuk digantung pada plafon atau rangka atap.

Seperti diketahui, terdapat beragam produk kreatif besi/baja yang bersifat fungsional sekaligus tampil sebagai elemen dekoratif. Misalnya, furniture, lighting fixture, railing tangga, dan sebagainya.    

Pembuatan Elemen Dekoratif Besi Dan Baja

Pembuatan dekorasi dari material besi/baja dapat dilakukan secara fabrikasi, berupa objek yang dibuat dengan cetakan (besi tuang/cast iron); besi tempa (wrought iron); ataupun baja. Namun, ada pula yang dibuat secara manual dengan peralatan sederhana. Dengan cara, besi dipotong, dibengkokkan, disambung, dibentuk, dan/atau ditempa secara manual. Objek yang dibuat dengan kombinasi sistem fabrikasi dan manual juga banyak.

Beberapa dekorasi besi/baja dikombinasikan dengan material lain, seperti jenis logam lain, kaca/cermin, batu, dan sebagainya. Objek besi/baja dapat tampil dengan karakter asli, misalnya agar selaras dengan gaya industrial. Atau di-finishing dengan warna dan tekstur yang diinginkan. Misal, besi/baja dan cat minyak/duco diaplikasikan dengan teknik penguasan ataupun metode semprot (spray). Finishing juga dapat dilakukan dengan metode powder coating.  

Estetika Dekorasi Besi/Baja

Keindahan dekorasi interior dari material besi/baja terpancar dari karakter bahan dengan atau tanpa pelapis akhir. Secara umum, besi/baja memberi kesan kuat, tegas, elegan, dan maskulin. Namun, bentuk objek maupun kombinasi material dan/atau pelapisan warna tertentu dapat menciptakan beragam kesan berbeda yang diinginkan.       

Berikut pembahasan KPS Steel, distributor besi Jakarta, mengenai elemen dekoratif dari besi/baja. Ayo, aplikasikan elemen dekoratif dari besi/baja untuk melengkapi tatanan interior rumah Anda. Bahkan Anda dapat merintis usaha pembuatan elemen dekoratif dari besi/baja.

Baca Juga: Mari Ketahui Plus-Minus Besi Tempa Untuk Ruang Luar

Untuk mendapatkan produk besi/baja, Anda dapat menghubungi KPS Steel, distributor besi Jakarta. Anda juga dapat mengunjungi kami di sini.

Bagikan Artikel :
Menu