Besi yang Cocok Membuat Furniture Rumah Tangga

ini besi yang cocok untuk membuat furniture rumah tangga

Memiliki berbagai macam perlengkapan furniture rumah tangga dengan nilai kegunaan yang baik akan membuat berbagai aktivitas di rumah nyaman.

Perlengkapan rumah atau biasa kita sebut dengan furniture rumah tangga menjadi salah satu kebutuhan yang dipenuhi seperti meja dan kursi, serta beberapa perlengkapan lainnya seperti lemari pakaian, laci, lemari buku, rak, dan lainnya.

Baca Juga: Ragam Ide Kanopi Minimalis dengan Besi Hollow

Sebelum membeli, kenali terlebih dahulu bahan yang digunakan. Kedua bahan biasanya antara kayu dan besi. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Bahan Kayu

Furniture dari bahan kayu biasanya memiliki kelebihan desain yang bagus, unik, dan seakan-akan menyatu dengan alam. Namun kekurangannya adalah mudah rapuh jika termakan oleh rayap.

Bahan Besi

Begitu juga dengan besi. Perabotan rumah dari besi memang tidak memiliki desain yang seunik perabotan rumah dari kayu. Nilai kegunaannya serta harganya yang lebih pas dikantonglah membuat besi bisa menjadi andalan Anda untuk memiliki perlengkapan rumah. Tetapi, Anda pun perlu khawatir, jika kayu mudah keropos karena rayap, besi pun bisa berkarat. Jika diminta untuk memilih menghadapi kayu keropos karena rayap atau besi yang bisa berkarat, Anda akan memilih yang mana?

Karat pada perlengkapan rumah dari besi mudah untuk dihilangkan. Anda bisa menggunakan cuka biasa yang dapat dengan mudah ditemukan untuk menghilangkan karat tersebut. Cukup tuangkan cuka biasanya pada furniture yang berkarat lalu tunggu sekitar 24 jam. Setelah itu, gosok bagian karatnya menggunakan spons atau sikat. Tidaklah sulit sobat untuk merawat perlengkapan rumah yang terbuat dari besi.

Selain perawatannya yang cukup mudah, furniture besi merupakan tren arsitektur 2020. Pastinya Anda menyukai sesuatu yang sedang tren, karena pada umumnya manusia selalu tertarik kepada sebuah tren baru dan akan berusaha menerapkan tren tersebut dalam hidupnya.

Lalu apakah furniture rumah tangga yang terbuat dari besi bisa dibuat sendiri tanpa harus membeli di toko? Jawabannya bisa. Pilihlah jenis besi yang cocok untuk furniture Anda, buatlah kerangka barangnya, lalu tinggal kerjakan saja di rumah. Mudah dan cenderung tidak sulit membuat tren furniture besi naik di tahun 2020. Selain untuk konsumsi pribadi, furniture besi karya Anda juga bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Sebelum membuat furniture besi sendiri, simak beberapa besi yang cocok untuk membuat furniture rumah tangga:

1. Besi Hollow

Biasanya besi ini digunakan untuk keperluan infrastruktur. Tetapi seiring berjalannya waktu, besi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat furniture rumah tangga seperti lemari baju, lemari piring, dan lemari-lemari lainnya yang nanti bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang rumah Anda. Kelebihan dari besi hollow adalah materialnya yang kokoh jadi kuat untuk pemakaian jangka panjang. Selain itu besi hollow ini tahan api dan tahan rayap juga. Jadi tidak perlu khawatir soal ketahanan dari salah satu jenis besi ini.

2. Besi Siku

Kata “siku” pada jenis besi ini sudah menggambarkan bahwa besi ini memiliki bentuk yang bersiku. Sudut yang terbentuk bisa mencapai 90 derajat. Selain untuk industri konstruksi, besi siku juga bisa digunakan untuk membuat furniture rumah tangga. Anda bisa variasikan besi ini dengan beberapa material lainnya seperti kayu. Besi ini bisa kalian coba untuk membuat beberapa rak gantung yang unik, dipasang pada kamar Anda atau ruang tamu.

Baca Juga: Membuat Perabotan Rumah Minimalis dengan Besi

Membuat furniture besi untuk keperluan rumah tangga Anda tidaklah rumit, selain biaya yang digunakan tidak terlalu mahal, Anda juga bisa membuat desain yang Anda inginkan sendiri. Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan berbagai jenis besi berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu