Yuk Cari Tahu Apa Saja Kegunaan Tali Sling Baja!

Membahas tentang tali sling baja tentunya erat kaitannya dengan tali baja itu sendiri.

Dimana tali baja adalah tali yang dibuat dari kumpulan kawat yang dibuat dari baja besi. Kawat-kawat ini dikumpulkan dan dipilin jadi satu yang disebut dengan strand. 

Selanjutnya strand itu  dikumpulkan lagi dalam jumlah besar kemudian  dipilin lagi secara bersamaan dan membentuk sebuah tali baja dengan konstruksi tertentu. Lalu apa yang dimaksud dengan tali sling baja dan apa kegunaannya? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Rangka Pipa Untuk Saluran Air Rumah

Pengertian Tali Sling Baja

Tali sling baja adalah yang dipotong dengan ukuran tertentu, dan pada bagian ujungnya ditekuk membentuk mata. Lalu dikunci dengan menggunakan alat khusus seperti wire clip atau juga ferrule. 

Fungsi dari alat tersebut adalah untuk alat pengangkat dan pengangkut. Biasanya alat ini digunakan pada beberapa bidang industri seperti:

  • Perkapalan
  • Pertambangan
  • Minyak dan gas
  • Transportasi
  • Penebangan
  • Konstruksi

Kegunaan Berdasarkan Jenisnya

Secara umum kegunaan dari tali baja sling ini adalah untuk mengangkat dan menarik beban yang berat, seperti menarik kapal tongkang dan mengangkat kontainer. Sedangkan berdasarkan jenisnya tali memiliki kegunaan sebagai berikut:

1. Tali Sling Baja General

Jenis tali sling baja general adalah tali yang dapat digunakan pada  kontruksi umum dengan banyak macamnya. Disebut dengan general karena dapat digunakan pada aplikasi umum.

2. Tali Sling Baja High Performance

Jenis Tali Sling Baja High Performance adalah tali baja khusus yang penggunaannya juga pada tempat khusus yaitu yang lebih ekstreme. Karena jenis high performance ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding dengan sling baja general.

 3. Tali Sling Baja Stainless Steel

Tali jenis stainless steel adalah tali yang dalam proses pembuatannya menggunakan finishing stainless steel. Biasanya tali sling ini digunakan pada lokasi yang memiliki cuaca ekstrem, dengan tingkat pengaratan yang tinggi, seperti di tengah laut, pinggir laut, atau daerah dengan kadar asam yang tinggi.

4. Tali Sling Baja Chain

Tali baja sling jenis chain adalah tali yang memiliki bentuk mirip seperti rantai yang dibuat dengan menggabungkan beberapa lingkaran besi. Biasanya tali sling chain mempunyai fungsi utama yaitu untuk mengangkat serta menarik benda, untuk membantu menggerakkan mesin, dan untuk pengaman atau pengikat.  

Walaupun bentuknya mirip dengan  rantai besi, tapi sebetulnya jenis tali chain ini mempunyai perbedaan di bagian ujungnya. Dimana bagian ujungnya selalu di tekuk membentuk mata kail, yang dijamin dapat menahan beban lebih kuat dibandingkan dengan rantai biasa tentunya.

 5. Tali Sling Baja Wire Rope

Tali wire rope adalah salah satu jenis tali baja yang dibentuk dari pilinan tali baja yang kemudian dipilin lagi dengan mengelilingi bagian  core talinya. Setelah tali baja ini selesai dipilin, selanjutnya wire rope akan dilengkungkan di bagian ujungnya, hingga membentuk ujung kail pengait.

Bentuk dari wire rope ini agak tebal dan kokoh, karena itu mempunyai bobot yang cukup berat. Biasanya kegunaanya untuk menarik katrol atau tuas, mengikat rangka atau material bangunan, untuk penambatan transportasi laut, untuk penahan beban, dan lain sebagainya.

6. Tali Sling Baja Round

Tali ini cocok digunakan untuk mengangkat benda dengan sempurna serta aman. Dengan bentuknya yang melingkar sempurna sehingga menjamin keamanan akan beban yang terangkat. 

Selain itu tali round ini dibuat dari material yang lebih ringan dan berasal dari campuran besi baja dan  pelapis sintetik. Jadi walaupun memiliki bentuk lebih tipis dan ringan, tapi cukup bisa diandalkan dalam mengangkat beban dengan bobot yang cukup berat.

Baca Juga: Besi Hollow Gypsyum Untuk Plafon Rumah Anda

Demikianlah informasi mengenai kegunaan tali sling baja berdasarkan jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai tali baja, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu