Wajib Tahu, Ini Manfaat Pipa Besi untuk Saluran Air

Pipa dengan bahan besi dikenal akan ketangguhan dan daya tahan yang tinggi dalam menahan tekanan air.

Secara umum pipa yang digunakan untuk pembuatan saluran air adalah pipa dengan material besi, dan jenis dari pipa ini sendiri cukup beragam. Selain memakai pipa dari material besi, beberapa jenis pipa lain juga kerap digunakan untuk pembuatan saluran air. 

Baca Juga: Intip Jenis Besi yang Tepat untuk Kreasi Interior Rumah Anda

Misalnya saja pipa dari material plastik, yang cenderung lebih murah dan sering digunakan untuk lingkungan rumah tangga. Namun, penggunaan pipa dari material besi sangat tepat untuk dijadikan prioritas saat membuat saluran air. Mengapa? Simak pada penjelasan berikut ini!

Manfaat Penggunaan Pipa Besi untuk Saluran Air 

Berikut ini sejumlah manfaat dari pipa jenis besi untuk saluran air: 

  1. Menjaga Rasa Asli Air 

Pembuatan saluran air yang ditujukan untuk menyediakan air bersih sangat cocok jika menggunakan pipa dari material besi. Pasalnya material besi tidak berpotensi merubah rasa dari air yang mengalir di dalamnya. Sehingga mampu menjaga kualitas air, agar tetap bersih saat mengalir ke rumah-rumah. 

Apabila bermasalah dengan kualitas air yang menjadi buruk saat diterima atau dialirkan ke rumah-rumah. Maka perlu menghindari pipa air dari material seng dan mengutamakan pipa dari besi. Meskipun pipa plastik atau PVC juga tidak merubah rasa air namun daya tahannya tidak setinggi dengan bahan besi. 

  1. Tahan Terhadap Abrasi 

Pemilihan jenis pipa untuk pembuatan saluran air sebaiknya mencari yang tahan terhadap abrasi. Sebab tekanan air yang mengalir secara perlahan bisa mengikis lapisan pipa. Sehingga, pipa akan rusak dan menyebabkan kebocoran, aliran air menjadi terus mengecil dan bahkan terhenti. 

Mencegahnya bisa dengan menggunakan pipa dari bahan besi, sebab material ini tahan terhadap abrasi. Sehingga cocok digunakan untuk daerah yang aliran airnya cukup deras dan berlimpah. Supaya tidak khawatir pipa mudah menipis dan rusak. 

  1. Mudah untuk Dipasang 

Manfaat berikutnya dari penggunaan pipa jenis besi untuk pembuatan saluran air adalah mudah untuk dipasang. Sehingga membantu menghemat waktu dan juga tenaga, kemudian berujung pada penghematan biaya. Sebab kemudahan saat pemasangan membuatnya tidak membutuhkan banyak tukang. 

Anda pun tidak perlu keluar uang berlebih untuk membayar jasa tukang yang jumlahnya berlebihan. Sehingga penggunaan pipa dari besi sangat tepat untuk dijadikan prioritas saat membangun saluran air. 

  1. Cocok untuk Daerah dengan Iklim Ekstrim 

Khusus untuk daerah yang memiliki iklim cenderung ekstrim maka untuk pembuatan saluran air sebaiknya memakai pipa dari material besi. Sebab besi memiliki kekuatan yang tinggi, sehingga membuatnya tidak mudah rusak. Sekalipun sering bersinggungan dengan perubahan cuaca yang mendadak dan cukup ekstrim. 

  1. Kedap Suara Sehingga Tidak Berisik 

Manfaat lain yang diberikan oleh pipa dari besi adalah sifatnya yang kedap suara. Mengapa hal ini menjadi bermanfaat? Sebab bisa memastikan proses pemasangan pipa saat pembuatan saluran air bebas dari kebisingan. Sehingga Anda tetap nyaman saat proses pembuatannya berlangsung. 

Selain itu sifat tersebut membuat suara aliran air tidak begitu keras yang kadang bisa mengganggu kenyamanan. Oleh sebab itu untuk mencegah bunyi berisik saat air mengalir maka penggunaan pipa jenis besi menjadi pilihan yang sangat ideal. 

Jenis-Jenis Pipa Besi yang Sering Digunakan 

Manfaat beragam yang diberikan oleh pipa dari material besi untuk saluran air membuatnya menjadi pilihan terbaik. Jenis dari pipa ini ternyata juga beragam, ada yang terbuat dari baja dan ada pula dari jenis logam lainnya. Berikut detail jenis-jenis tersebut: 

  • Pipa baja, menjadi jenis terkuat dan termahal. 
  • Pipa dari besi tempa, yang cocok untuk mengalikan air panas. 
  • Pipa tembaga, cocok untuk aliran air panas dan dingin. 
  • Pipa galvanis, cocok untuk mengalirkan air bersih namun tidak cocok untuk air panas. 

Jenis dari pipa besi memang sangat banyak, dan untuk memilih silakan disesuaikan kebutuhan. Sebab beberapa cocok untuk air dingin saja dan beberapa lagi cocok untuk air panas dan air dingin. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ini Dia Kegunaan Besi WF untuk Konstruksi Jembatan

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu