Tanda Wajib dan Tips Renovasi Kolam Renang

renovasi kolam renang kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Proses renovasi kolam renang bisa saja dibutuhkan dalam situasi tertentu. Dalam hal ini Anda sebaiknya tidak menunda proses renovasi dan segera melakukannya jika memang waktunya tiba. Apalagi jika sudah muncul tanda-tanda yang mengharuskan proses renovasi segera. 

Tentunya proses renovasi atau perbaikan kolam renang ini harus dilakukan dengan perhitungan yang matang. Jangan sampai renovasinya berjalan tidak sesuai sehingga justru memperparah kerusakan. Mari cari tahu tanda apa saja yang mengharuskan proses renovasi dan tips yang bisa dilakukan. 

Tanda yang Mengharuskan Renovasi Kolam Renang

Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan renovasi pada kolam renang. Nantinya akan ada beberapa tanda dari kolam renang yang bisa Anda kenali. Berikut ini beberapa tanda yang mengharuskan renovasi pada kolam renang dikutip dari Karya Utama Pool. 

  • Terjadi Kerusakan Fisik

Tanda yang pertama adalah terjadinya kerusakan fisik pada konstruksi kolam renang. Kerusakan yang dimaksud di sini bisa terjadi pada pondasi maupun bagian lain yang membuat kolam tidak berfungsi optimal. Biasanya hal ini terjadi dalam jangka waktu cukup lama setelah kolam dibuat. 

Umumnya kontraktor akan memberi garansi 7 hingga 10 tahun untuk ketahanan konstruksi kolam. Jadi rata-rata konstruksi kolam memang cukup kuat namun jika sudah di atas 10 tahun potensi kerusakan akan meningkat. Jenis kerusakannya pun bervariasi mulai dari yang ringan hingga berat. 

Jika memang ditemukan adanya kerusakan fisik, maka penting sekali untuk mencari sumber masalahnya. Bisa jadi kerusakan tersebut karena pemilihan material besi yang kurang berkualitas saat membuat pondasi. Produk besi berkualitas dari KPS Steel bisa jadi pilihan tepat apabila kerusakannya ada di bagian tersebut. 

  • Ada Masalah pada Instalasi Pipa

Jika Anda menemukan adanya masalah pada instalasi pipa, maka renovasi kolam renang juga bisa dipertimbangkan. Adanya gangguan pada instalasi pipa bisa memicu beragam masalah lain. Misalnya saja gangguan sirkulasi air yang akan menyebabkan kolam tidak berfungsi dengan baik. 

Faktor pemicu kerusakan pada instalasi pipa kolam renang bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya disebabkan oleh kualitas pipa yang kurang baik. Selain itu hal ini juga bisa dipicu oleh adanya tekanan air yang terlalu tinggi.

  • Ada Keramik yang Lepas

Tanda lain yang membuat Anda perlu mempertimbangkan adanya renovasi pada kolam renang adalah keramik yang terlepas. Pada jenis kerusakan konstruksi dan gangguan pipa, Anda mungkin akan butuh renovasi besar. Namun jika kerusakannya karena keramik lepas maka bisa dilakukan renovasi kecil. 

Perlu diketahui bahwa nat yang digunakan untuk memasang keramik di kolam renang bisa dengan mudah terlepas karena terkikis air. Apalagi jika nat yang dipakai kurang berkualitas dan komposisinya tidak tepat. Jika sudah begitu maka keramik akan lebih mudah lepas.  

  • Terjadi Kebocoran

Tentunya kebocoran pada kolam renang menjadi sebuah masalah besar yang harus segera diatasi. Jika Anda memang sudah menemukan adanya kebocoran apalagi di beberapa titik dan cukup parah, segera rencanakan renovasi kolam renang. Kebocoran bisa bertambah parah apabila Anda membiarkannya begitu saja. 

Biasanya kebocoran semacam ini terjadi pada kolam yang sudah lama tidak digunakan. Selain itu kebocoran juga bisa saja terjadi pada jenis kolam yang tidak dibuat dengan konstruksi yang tepat. Jika sudah terjadi kebocoran maka kolam tidak akan bisa berfungsi dengan baik. 

  • Konsep Kolam Renang Sudah Membosankan

Tanda lain yang juga bisa menjadi sinyal bahwa Anda perlu melakukan renovasi pada kolam renang adalah rasa bosan. Anda mungkin sudah bosan dengan konsep kolam renang yang ada. Pada akhirnya hal ini akan membuat Anda malas merawat kolam dan tidak memiliki keinginan menggunakannya.

Solusinya tentu saja adalah renovasi agar ada perubahan yang memberi tampilan baru pada kolam Anda. Jika memang ini masalahnya maka Anda akan membutuhkan langkah renovasi yang besar. Biasanya harus dilakukan pembongkaran dulu untuk mengubah total tampilan kolam. 

Tips Renovasi Kolam Renang

Apabila Anda mendapati satu atau beberapa tanda khusus untuk melakukan renovasi pada kolam renang, maka segeralah membuat rencana. Jangan sampai menunda renovasi terlalu lama. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar proses renovasi berjalan dengan baik menurut Jasa Kolam.

  • Cek Dulu Struktur dan Sistem Kolam

Pertama-tama, cek dulu struktur dan sistem kolam yang akan direnovasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan apa sebenarnya sumber kerusakan yang terjadi pada kolam. Dalam hal ini Anda bisa meminta bantuan ahli agar pengecekan bisa dilakukan dengan tepat dan menyeluruh. 

Seringkali Anda sudah merasa tahu tanda kerusakan atau masalah pada kolam. Namun ketika ditelusuri lebih jauh ternyata kerusakannya tidak sesuai prediksi Anda. Itulah mengapa tetap harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. 

  • Tentukan Titik Fokus Renovasi

Kemudian Anda bisa menentukan titik fokus renovasi kolam renang tersebut. Setelah ada pemeriksaan secara menyeluruh maka Anda bisa tahu dimana sumber masalahnya. Dari sinilah Anda bisa menentukan apa yang sebenarnya harus direnovasi atau diperbaiki. 

Penentuan titik fokus renovasi ini tentu saja sangat penting karena akan mempermudah para pekerja. Pekerja jadi tahu apa yang harus mereka lakukan dan bagian mana yang perlu diperbaiki. Pada akhirnya proses renovasi juga bisa berjalan lebih cepat berkat hal ini. 

  • Perhitungkan Biaya Renovasi

Tentunya Anda harus memperhitungkan biaya renovasi karena bisa jadi dana yang harus dikeluarkan tidak kecil. Tentunya besar biaya renovasi akan sangat dipengaruhi oleh bagian apa yang diperbaiki. Perhitungan dari awal akan membantu Anda untuk mengoptimalkan anggaran yang tersedia secara optimal. 

  • Pilih Jasa yang Profesional

Tips selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah pilih jasa yang profesional. Jika Anda ingin proses renovasi berjalan lancar maka gunakanlah jasa-jasa yang berpengalaman di bidangnya. Jika jasa yang mengerjakan renovasi sudah tepercaya, Anda pun akan merasa lebih tenang. 

Selain itu hal ini juga penting untuk dilakukan demi mendapat kualitas hasil renovasi yang bagus. Percuma saja mengeluarkan banyak uang untuk renovasi jika hasilnya tidak sesuai harapan. Apalagi jika proyek renovasi dikerjakan asal-asalan dan malah mendatangkan masalah lainnya. 

  • Pertimbangkan Material yang Berkualitas

Jangan lupa pertimbangkan juga pemakaian material yang berkualitas. Hal ini juga tidak kalah penting karena kualitas material akan berpengaruh pada hasil akhir renovasi. Pastikan Anda hanya menggunakan jenis material yang berkualitas tinggi demi hasil terbaik. 

Dalam hal ini Anda bisa mengandalkan jasa yang sudah disewa tadi. Jika mereka punya pengalaman dan profesional di bidangnya, maka pemilihan material berkualitas adalah hal mudah untuk dilakukan. Jadi Anda bisa lebih tenang menunggu hasil renovasi selesai. 

Bagi Anda yang ingin melakukan renovasi kolam renang dengan hasil terbaik, gunakanlah material besi yang berkualitas. Produk besi dari KPS Steel, Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda. Segera hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar produk besi yang kami miliki. Pelajari juga beragam informasi terkini seputar tips renovasi dan konstruksi bangunan melalui blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait