Tips dan Inspirasi Renovasi Teras Rumah

renovasi teras rumah kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Rumah subsidi juga bisa terlihat lebih estetik dengan sedikit sentuhan dan renovasi. Demi mencapai tujuan tersebut Anda bisa melakukan renovasi teras rumah subsidi yang biasanya sangat sederhana. Langkah tersebut akan membuat tampilan rumah dari depan jadi terlihat lebih menarik. 

Tentunya renovasi pada bagian teras rumah harus dilakukan dengan cermat. Jangan sampai proyek renovasi dijalankan asal-asalan dan memberi hasil tidak memuaskan. Sayang rasanya jika harus menghabiskan dana besar tapi hasilnya tidak sesuai harapan. 

Tips Renovasi Teras Rumah Subsidi

Rumah subsidi umumnya memang didesain dengan sederhana dan minimalis. Bahkan ada juga yang tidak disertai teras untuk meminimalkan biaya. Jadi Anda bisa melakukan renovasi agar bagian teras bisa lebih cantik. Berikut ini beberapa tips renovasi bagian teras rumah subsidi dikutip dari Lalamove.com.

  • Perhatikan Aturan Renovasi

Tips pertama, perhatikan dulu aturan renovasi rumah subsidi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Ternyata pihak pemerintah sudah memiliki aturan tersendiri mengenai proses renovasi rumah subsidi. Jadi pastikan untuk mengikuti aturan tersebut agar tidak terjadi masalah ke depannya. 

Rumah subsidi merupakan salah satu program dari pemerintah agar masyarakat bisa memiliki hunian dengan mudah. Oleh sebab itu ada beberapa aturan dari pemerintah terkait pemakaian rumah ini. Termasuk aturan dalam melakukan renovasi yang biasanya dilakukan para pengguna rumah subsidi. 

  • Sesuaikan dengan Konsep dan Ukuran Rumah

Jika memang sudah mantap melakukan renovasi teras rumah, maka sesuaikan saja dengan konsep dan ukurannya. Dua poin ini sangat penting untuk diperhatikan agar hasil renovasi bisa lebih bagus. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan tampilan rumah yang lebih estetik dan harmonis. 

Pada dasarnya tipe bentuk rumah subsidi hampir sama dengan ukuran yang sangat terbatas. Konsultasikan saja dengan ahlinya untuk merencanakan renovasi yang efektif berdasarkan konsep dan ukuran tersebut. Tidak ada salahnya juga mencari referensi bentuk teras rumah subsidi dari berbagai sumber. 

  • Utamakan Fungsi dan Estetika

Sebaiknya Anda mengutamakan dua hal penting saat melakukan renovasi pada bagian teras rumah yaitu fungsi dan estetika. Pastikan bahwa teras rumah memiliki fungsi yang tepat. Desainnya harus disesuaikan dengan fungsi yang ingin Anda dapatkan dari teras tersebut. 

Selanjutnya faktor estetika juga harus dipertimbangkan dengan matang. Apalagi salah satu kendala rumah subsidi adalah tampilannya yang cukup sederhana. Jadi pastikan renovasi teras ini bisa menghasilkan tampilan yang jauh lebih estetik sehingga menarik perhatian dan membuat nyaman. 

  • Pilih Jasa Tepercaya

Tips lain yang juga penting untuk diterapkan saat renovasi teras rumah adalah pilih jasa yang tepercaya. Tentunya Anda akan membutuhkan jasa yang bisa mengeksekusi ide renovasi tadi. Pilihlah jasa yang sudah terbukti profesional dan punya pengalaman dalam bidang ini. 

Anda bisa mencoba melihat hasil kerja dari jasa yang akan dipilih. Selain hasil kerjanya, pertimbangkan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa mereka. Pastikan biayanya sepadan dengan kualitas kerja yang mereka berikan kepada Anda. 

  • Gunakan Material Berkualitas

Pastikan untuk memilih jenis material yang berkualitas agar hasil renovasi lebih optimal. Baik dalam proses renovasi maupun pembangunan, pemilihan material adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pastikan Anda lebih teliti dalam memilih material dan hanya memakai yang berkualitas terbaik. 

Dalam proyek renovasi ini akan ada banyak jenis material yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah besi yang menjadi jenis material penting dalam proses renovasi. Pastikan Anda memakai produk besi berkualitas terbaik yang bisa diperoleh dari KPS Steel. 

Inspirasi Renovasi Teras Rumah

Ada banyak contoh inspirasi hasil renovasi teras untuk rumah subsidi. Anda bisa menjadikan contoh-contoh tersebut sebagai referensi. Pilih saja desain yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Dikutip dari Dekoruma.com, berikut ini beberapa ide desain renovasi teras rumah subsidi yang bisa Anda pilih.

  • Teras Rumah Minimalis

Ide pertama ada teras rumah dengan konsep minimalis yang sangat cocok diterapkan di rumah subsidi. Perlu diketahui bahwa salah satu syarat renovasi rumah subsidi adalah tidak mengubah fasad. Jadi akan jauh lebih mudah jika Anda menggunakan konsep minimalis ini. 

Artinya Anda hanya perlu melakukan sedikit renovasi dan tidak harus menambah lebih banyak aksen dekoratif. Konsep minimalis ini juga cocok bagi Anda yang tidak suka ribet dan ingin tampilan teras yang rapi. Gunakan saja warna-warna yang netral seperti putih untuk mendominasi area teras tersebut. 

  • Konsep Taman Kecil

Anda juga bisa membuat teras dengan konsep taman kecil yang asri. Pemilik rumah subsidi mungkin memang kesulitan untuk mendapat ruang hijau di rumahnya. Jadi demi mengatasi hal ini Anda bisa menambahkan taman kecil di area teras agar lebih estetik dan tampak asri. 

Tidak perlu menggunakan lahan yang besar, Anda bisa mengalokasikan sedikit saja lahan untuk rumput dan tanaman. Selain bisa menambah estetika, taman kecil ini juga bisa memberi kesan teduh di rumah. 

  • Teras Rangkap Ruang Tamu

Banyak sekali pemilik rumah subsidi yang memilih untuk membuat teras rangkap ruang tamu. Ide renovasi seperti ini sangat umum diterapkan oleh pemilih rumah subsidi karena masalah keterbatasan ruang. Biasanya mereka memilih membuat teras sekaligus ruang tamu karena jumlah ruang di dalam rumah sangat sedikit. 

Tidak masalah jika memang Anda ingin menyediakan ruang tamu di bagian teras. Justru ini bisa menjadi solusi untuk mendapat ruang lebih besar di dalam rumah. Apalagi jika Anda sudah menikah dan memiliki anak di rumah tersebut. 

  • Konsep Natural

Ide lainnya adalah teras dengan konsep natural. Jika sulit untuk menyediakan lahan taman kecil maka ide ini bisa jadi pilihan tepat. Demi mewujudkan teras berkonsep natural, Anda bisa memilih jenis material yang juga natural. Misalnya dengan menggunakan kayu dan batu alam sebagai pemanis. 

Hanya saja material yang memberi konsep natural butuh perawatan yang tepat. Jadi pastikan Anda merawat area teras dengan baik agar keindahannya tetap terjaga. Selain itu dalam konsep teras natural ini Anda juga bisa menambahkan tanaman untuk menambah estetika rumah.

  • Teras Simple dan Futuristik

Rumah subsidi tidak selamanya terlihat kuno dan kurang estetik. Anda bisa membuat tampilan rumah subsidi jadi lebih bagus dengan menggunakan konsep teras simple dan futuristik. Misalnya saja dengan pemakaian warna netral seperti hitam, putih, dan tidak menggunakan terlalu banyak aksen dekorasi. 

Demi memperkuat kesan futuristik, tidak ada salahnya untuk menggunakan perabot dengan konsep serupa. Anda bisa memilih meja dan kursi teras yang desainnya simple tapi modern. 

Silakan pilih mana konsep teras yang paling cocok. Pastikan untuk memakai material berkualitas dalam proyek renovasi teras rumah subsidi ini. Anda bisa menggunakan material besi berkualitas dari Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali KPS Steel untuk renovasi. Silakan hubungi kami jika ingin mendapat informasi lebih lanjut. Pelajari juga beragam informasi terkini seputar tips renovasi dan konstruksi bangunan melalui blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :