Tips Dalam Memilih Cat Besi Yang Berkualitas

tips-dalam-memilih-cat-besi-yang-berkualitas-kps-steel

Cat merupakan bahan pelapis yang berpotensi membuat berbagai jenis material yang lebih berkualitas dan memiliki tampilan berbeda.

Termasuk di dalamnya material besi. Dengan cat pelapis, elemen konstruksi maupun furnitur besi akan lebih tahan lama sekaligus dapat tampil dengan beragam warna sesuai kesan yang ingin dihadirkan, terutama dalam tatanan interior.

Di pasaran banyak produk cat besi dengan beragam merek dan kualitas. Agar mendapatkan hasil pelapisan terbaik, Anda harus memilih cat besi dengan berkualitas terbaik. Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang akan dibahas oleh KPS Steel, distributor besi Jakarta di bawah ini.  

Baca Juga: Elemen Dekoratif Dari Material Besi Atau Baja

Merek Cat Tepercaya

Pastikan Anda memilih merek cat yang telah diakui kualitasnya. Selain memberi jaminan mutu, produsen tepercaya tidak segan memberikan berbagai layanan konsumen, seperti konsultasi secara cuma-cuma terkait pemilihan warna, teknik pengecatan, dan lainnya. Namun, merek berkualitas cenderung memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan merek bermutu rendah. Pertimbangkan hal berikut: “Mahal, tetapi dijamin awet atau murah tetapi cepat rusak dan cenderung lebih boros karena harus berkali-kali mengecat ulang”.

Ketahui Spesifikasi Pada Cat

Ada beragam bahan dasar dalam pembuatan cat besi, seperti minyak, air, akrilik, lateks, dll. yang masing-masing memiliki kelebihan/kekurangan. Ada cat yang cepat kering, tetapi kurang awet jika tidak didahului lapisan primer. Banyak juga jenis cat besi yang dapat diaplikasikan tanpa lapisan primer. Perlu diketahui juga apakah cat memiliki daya penutupan yang baik. Cat dengan pigmen dengan daya penutupan maksimal akan mengantisipasi terbentuknya celah sekecil apa pun yang berpotensi memicu terjadinya korosi.    

Ketahui Keunggulan Cat

Pengaplikasian cat pada besi tidak hanya untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap dengan warna menawan, tetapi juga untuk menjaga ketahanan material. Oleh karena itu, saat memilih cat besi Anda perlu mempertimbangkan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Cat harus mampu melindungi besi dari berbagai gangguan sehingga besi lebih tahan lama. Pastikan cat besi tersebut memiliki formula perlindungan, seperti anti karat, anti jamur, tahan panas dan berbagai perubahan cuaca ekstrem (terutama untuk pengecatan objek ruang luar).

Ragam Pilihan Warna

Salah satu tujuan pengecatan adalah mendapatkan nuansa warna baru yang indah dan menawan. Jadi, pastikan cat besi yang hendak Anda beli menyediakan warna yang cukup bervariasi. Pilihlah warna yang selaras dengan gaya arsitektur atau tatanan interior yang Anda terapkan. Kini banyak produsen terkemuka memakai “teknologi tinting”. Teknologi berbasis komputer ini memungkinkan konsumen memilih jenis warna dari ribuan yang ditawarkan kemudian di-tinting (dicampur dengan komposisi tepat) pada saat itu juga.   

Dengan memilih cat besi berkualitas maka berbagai macam properti Anda dijamin tampil kian menawan dan yang terpenting lebih tahan lama. Namun, sebelum proyek properti sampai pada tahap pengecatan, pastikan material besi yang Anda pilih pun berkualitas.

Baca Juga: Base Plate Elemen Penting Pada Struktur Baja

Dapatkan produk besi/baja dengan mutu terbaik di KPS Steel, distributor besi Jakarta, dengan menghubungi kami atau kunjungi kami di sini.

Bagikan Artikel :
Menu