Tingkatkan Kreativitas Membuat Kerajinan Tangan dengan Besi

tingkatkan kreativitas membuat kerajinan tangan dengan besi ini!

Membuat Kerajinan Tangan sebagai pengganti oleh-oleh.

Setiap pergi ke luar kota untuk keperluan apa saja, sebisa mungkin kita usahakan untuk membeli oleh-oleh khas daerah setempat. Bisa berupa makanan, baju, atau kerajinan tangan. Oleh-oleh tersebut diperuntukan bagi sanak saudara di rumah. Pasti sobat sekalian pernah ditanyai “mana oleh-olehnya nih? Abis dari luar kota juga.” Pertanyaan yang kadang-kadang menghantui ini membuat sobat sekalian jika pergi keluar kota usahakan untuk pulang bawa oleh-oleh.

Baca Juga: Penggunaan Pipa Schedule pada Beberapa Konstruksi

Bagaimana jika oleh-oleh tersebut kita tidak perlu bawa jauh-jauh dari luar kota? Sobat sekalian bisa mencoba membuat beberapa oleh-oleh itu sendiri di rumah. Untuk pakaian cenderung sulit, tetapi untuk makanan dan kerajinan tangan sepertinya bukan hal sulit. Hanya perlu mempelajarinya lewat internet, lalu mencoba di rumah. Jika berhasil, makanan dan kerajinan tangan yang terinspirasi dari oleh-oleh di luar kota bisa Anda jadikan bisnis di kota Anda sekarang berada.

Kerajinan Tangan dari Besi Putih

Kerajinan tangan dari besi putih misalnya. Dilansir dari laman portal kompas.com. kerajinan tangan dari besi putih menjadi salah satu ujung tombak masyarakat Pulai Morotai, Maluku Utara. Meskipun Pulau Morotai bukan daerah berpenghasil besi, masyarakat daerah ini memperoleh besi-besi untuk kerajinan tangannya dari bekas senjata-senjata peninggalan perang tentara sekutu dari Amerika Serikat, Australia, dan Belanda, yang pernah saling memperebutkan daerah tersebut pada 1944-1945.

Sedangkan di Polandia, seorang pria bernama Sebastian Kucharski membuat beberapa miniature yang terkenal di film dengan menggunakan besi-besi bekas yang ia kumpulkan. Bahkan menurut informasi dari portat laman brillio.net, pria tersebut telah berhasil membuat museum modernnya sendiri berkat keahlian mengolah besi bekas.

Sobat sekalian juga bisa, jika Anda bermodalkan keinginan dan kreativitas. Dengan berbekal beberapa bahan besi maka kerajinan tangan bisa Anda berikan kepada kerabat Anda tanpa harus pergi keluar kota.

Berikut beberapa besi yang bisa dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan Anda sendiri:

1. Aluminium

Jenis besi ini bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan karena harga besinya yang tergolong murah. Selain murah, besi ini ringan dan lebih mudah dibentuk. Kelebihan dari jenis besi ini bisa membantu Anda untuk membuat karya-karya berbentuk kerajinan tangan yang menarik. Sedikit saran, buatlah kerajinan tangan berbentuk sebuah miniature atau peralatan yang fungsional berukuran kecil yang bisa dibawa ke mana saja dan ditempatkan di mana saja.

2. Stainless Steel

Jika aluminium memiliki harga yang cukup murah, besi jenis ini memiliki harganya bisa dibilang cukup mahal. Meskipun harganya yang cukup mahal, besi ini sangatlah kokoh dan tahan lama. Memiliki karakter yang padat dan kuat serta mudah dibentuk, besi ini cocok Anda gunakan untuk kegiatan kreativitas membuat kerajinan tangan. Ketakutan menggunakan bahan besi sebagai sebuah karya adalah bahannya yang mudah berkarat. Untuk mencegah berkarat, Anda hanya perlu melapisi hasil kerajinan tangan Anda dengan coating bubuk.

Kedua jenis besi tersebut mudah untuk ditemukan, sehingga membantu pekerjaan membuat kerajinan tangan di rumah Anda lebih mudah. Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari besi itu sendiri, jangan sampai Anda tertipu dari bentuknya saja tetapi kualitasnya rendahan. Utamakan pilih merek besi yang bercap SNI untuk menjamin kualitas besi Anda. Pilihlah ukuran besi yang tidak terlalu besar untuk kerajinan tangan Anda, pilih ukuran yang sesuai untuk ide barang Anda lalu aplikasikan besi tersebut ke ide Anda untuk membuat kerajinan tangan Anda sendiri.

Baca Juga: Kegunaan Dan Jenis-Jenis Plat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

Jika Anda sedang membutuhkan berbagai macam kebutuhan besi. KPS Steel selaku distributor menyediakan besi-besi berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu