Ternyata, 7 Bangunan Terkenal Ini Menggunakan Rangka Baja

Ternyata-7-bangunan-ini-menggunakan-rangka-baja-KPS-Steel-Jakarta-Indonesia

Melihat bangunan bersejarah di dunia.

Sebagian dari kita mungkin berpikir bangunan-bangunan indah tersebut menggunakan material-material konvensional. Ternyata banyak bangunan tujuan wisata dunia menggunakan rangka baja.

Baca Juga: Mengapa Baja Dibutuhkan Pada Konstruksi Bangunan?

Salah satu contoh yang sangat terkenal adalah menara Eiffel yang berlokasi di Perancis. Apa saja yang lain?

Beijing National Stadium

Bangunan ini terletak di negara Cina. Bangunan ini sangat besar. Jika menara Eiffel bentuknya memanjang ke atas, Beijing National Stadium ini cenderung melebar. Ketinggian tidak begitu tinggi. Di Cina, stadium ini adalah yang terbesar. Daya tampung bangunan ini mencapai 85.000 manusia bahkan lebih. Bangunan ini memiliki rangka baja yang berat bahkan menjadi yang paling berat di seluruh negeri Cina. Meski terlihat tidak setinggi menara lain, tinggi bangunan ini adalah 7 lantai. Ketujuh lantai tersebut seluruhnya menggunakan rangka besi/baja. Bangunan ini kokoh dan memiliki penampilan luar yang menarik.

Burj Khalifa

Burj Khaliffa terletak di negara Timur Tengah. Menara ini tinggi menjulang ke atas. Namun menara ini bukanlah murni menara tujuan wisata namun bangunan gedung tinggi yang bisa ditinggali. Gedung ini dinobatkan sebagai pencakar langit tertinggi. Tidak hanya tinggi, bangunan ini mewah dan megah. Lift yang digunakan memiliki kecepatan yang fantastis, yaitu 60 km/jam. Pertahanan gedung ini sangat kokoh meski tingginya 828 meter. 

Rangkanya menggunakan rangka besi/baja. Lantainya berjumlah 160. Gedung ini begitu tinggi sampai-sampai memiliki waktu puasa yang berbeda dengan penduduk di dataran rendah atau biasa. Hal itu karena pada lantai yang tinggi masih akan terkena sorotan cahaya matahari saat penghuni di dataran rendah telah berbuka.

Jembatan Sydney Harbour

Jembatan yang bagian atasnya melengkung, terletak di Sydney,benua Australia. Puncak jembatan (berdiri) adalah 134 meter. Jembatan ini merupakan jembatan dengan kerangka besi berbentuk lengkung yang tertinggi. Panjang jembatan ini juga menjadikannya nomer 4 di dunia pada kategori jembatan lengkung dari besi. Rangka besi/yang digunakan seberat kurang lebih 50.000 ton. Pembangunan jembatan ini memakan waktu selama 6 tahun.

Bangunan Empire State

Gedung atau bangunan Empire State yang dikenal luas dengan nama Empire State Building adalah suatu kemegahan yang di negara Amerika Serikat. Bangunannya menggunakan rangka besi/baja. Karena rangka ini lah yang membuat ESB kuat meski tingginya menjulang. Memiliki 102 lantai. Tinggi dari bawah hingga puncaknya adalah 381 meter. Gedung ini sempat menduduki peringkat bangunan tertinggi di dunia selama beberapa puluh tahun. Namun karena banyaknya bangunan pencakar langit yang baru dan lebih tinggi maka peringkat itu tak lagi disandang. Kini bangunan ini adalah bangunan tertinggi di tingkat kota New York saja. 

Dari beberapa bangunan megah dan tinggi di atas, ternyata rangka besi/baja memiliki ketahanan yang sangat kuat. Rangka baja/besi mampu menopang bangunan tinggi dan bertahan bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga: Proses Pembuatan Bijih Besi Menjadi Besi Kasar (1)

Perkuat bangunan Anda dengan besi/baja dari KPS steel Jakarta yang telah terbukti kualitasnya.

Bagikan Artikel :
Menu