Satu Dari 6 Jenis Besi Ini Ada Di Rumah Modern

satu-dari-6-jenis-besi-ini-ada-di-rumah-modern-kps-steel

Awal berkembangnya arsitektur modern pada abad ke-20 (1920-1950) meninggalkan jejak dan pengaruh sangat besar hingga kini.

Ciri-ciri bangunan modern, di antaranya memiliki bentuk simpel yang mengutamakan fungsi; cenderung minimalis tanpa ornamen; mengeksplorasi elemen garis dan bentuk geometris; banyak mengaplikasikan material baru, seperti besi, beton, dan kaca. Hingga kini rumah modern dan kontemporer masih tak lepas dari ketiga material tersebut.

Kira-kira produk besi/baja apa saja yang dapat dijumpai pada bangunan rumah modern? Serta, pada elemen bangunan mana material tersebut dimanfaatkan? Kali ini KPS Steel, distributor besi Jakarta, akan mengajak Anda menelusurinya satu per satu!   

Baca Juga: Elemen Dekoratif Dari Material Besi Atau Baja

1. Besi/Baja Tulangan

Besi/baja tulangan atau yang populer sebagai besi beton ini utamanya digunakan sebagai rangka atau tulangan pada konstruksi beton bertulang. Seperti diketahui, beton juga menjadi material favorit pada bangunan modern. Ada dua macam besi beton, yaitu besi beton polos dan besi beton ulir/sirip. Kedua jenis besi ini juga dapat digunakan sebagai material pagar atau pintu gerbang, railing tangga atau balkon, juga teralis jendela/pintu.

2. Besi Hollow

Rangka—menggantikan material kayu—dalam pembuatan elemen dinding/partisi dan plafon biasanya menggunakan besi hollow. Besi berbentuk tabung kotak ini juga dapat diaplikasikan pada pagar, railing tangga/balkon, juga rangka kanopi atau carport. Pengaplikasian besi hollow pada perabot juga sangat dimungkinkan.   

3. Pipa Besi/Baja 

material besi yang satu ini cenderung diaplikasikan untuk jaringan pemipaan untuk air atau gas. Pipa besi/baja juga banyak diaplikasikan pada furniture atau perabot pengisi ruang dalam yang lain. Material ini juga dapat ditetapkan sebagai tiang struktural pada bagian bangunan tertentu; juga sebagai tiang lampu, tiang bendera, dan lain-lain.

4. Baja Profil

Beberapa rumah tinggal dibangun dengan menerapkan struktur baja. Alternatifnya, mulai dari dari struktur bawah atau tengah hingga konstruksi atap. Berbagai varian baja profil (IWF, UNP, CNP, besi siku, dan lainnya.) juga dapat diaplikasikan pada bagian lain, seperti pagar, perabot, teralis, dan lainnya.

5. Wiremesh

Wiremesh atau populer juga sebagai besi/kawat anyam ini dapat digunakan untuk menggantikan besi beton sebagai rangka beton bertulang. Pengaplikasian terutama pada pembuatan pelat lantai dengan sistem bondek. Material ini juga dapat membentuk elemen pagar, teralis, perabot, dan lainnya.  

6. Besi Plat

Besi plat dengan berbagai variannya—plat hitam, plat strip, plat bordes—dapat diaplikasikan pada berbagai elemen bangunan modern. Misalnya, untuk partisi, anak tangga, railing dan pagar, teralis, dan sebagainya.  

Demikian pembahasan KPS Steel, distributor besi Jakarta, mengenai elemen rumah modern yang dapat dibuat dengan material besi/baja. Segera siapkan material tersebut untuk proyek pembangunan/renovasi rumah modern Anda.

Baca Juga: Mengapa Sebaiknya Anda Memilih Pagar Besi?  

Tak perlu bingung mencari distributor penyedia produk besi/baja terlengkap karena ada KPS Steel, distributor besi Jakarta yang siap membantu. Telusuri aneka produk besi/baja di kami di sini.

Bagikan Artikel :
Menu