Rekor! Rangka Atap Baja Jakarta International Stadium Terberat di Dunia

rangka-atap-baja-jakarta-international-stadium

Rangka atap baja saat ini jadi salah satu material yang cukup banyak dipakai. Dari sisi ekonomis, rangka ini tentu lebih baik dari jenis lainnya sehingga wajar jika banyak dipakai. Baja ringan kemudian dipakai dalam berbagai kebutuhan konstruksi kecil hingga besar. Salah satu yang menyita perhatian adalah pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) juga menggunakan material ini.

Menariknya, dalam proyek pembangunan tersebut dianggap sebagai salah satu proyek besar. Ada keinginan untuk memiliki pusat olahraga dengan standar internasional sehingga mampu dipakai dalam event internasional.

Baca Juga: Kelebihan Besi Kanal untuk Rangka Atap Bangunan

Proyek Sejak Tahun 2019

Proyek ini sendiri sebenarnya telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi, faktanya proyek ini sampai pada tahap lanjutan dengan konstruksi megah. Saat ini, pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS sendiri sudah melewati 25%. Artinya, dalam beberapa tahun mendatang, pusat olahraga yang diharapkan memenuhi standar internasional ini bisa digunakan.

Jika sesuai dengan rencana awal, proyek ini akan menjadi salah satu dari 10 stadion terbesar di dunia. Tidak hanya untuk event olahraga, JIS juga dapat diperuntukkan sebagai tempat konser dan event besar lainnya. Namun, ada satu hal menarik yang patut dibanggakan. Dalam pembangunan ini, proyek JIS telah menghasilkan ribuan ton rangka baja yang membuatnya masuk dalam rekor dunia.

Rangka Atap Baja JIS

Seperti yang sudah diketahui, rangka atap pada JIS telah menghasilkan perancangan hingga 3.900 ton. Hasil ini membuatnya jadi bentang terbesar bukan hanya di kawasan Asia, melainkan juga dunia. Menariknya, rangka atap ini dirakit di bawah kemudian diangkat ke atas secara bersamaan. Ada 16 titik yang menjadi tempat untuk mengangkat rangka atap secara bersamaan yang dilakukan dengan komputerisasi sehingga mencapai 96 meter.

Pencapaian ini tentu dianggap sebagai salah satu karya monumental dalam dunia teknik sipil Indonesia. Tentu saja hal ini tidak bisa dilepaskan dari penggunaan rangka atap baja yang dipilih sebelumnya. Dalam proses lifting rangka dengan bobot 3.900 ton dan panjang 270 meter tersebut, ternyata mampu diangkat hingga ketinggian 70 meter. Menariknya, proses ini bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

Diklaim Mirip Stadion Real Madrid

Dengan konstruksi yang direncanakan, Jakarta International Stadium diklaim akan menyamai markas Real Madrid. Hal tersebut dikarenakan ada rangka atap dengan sistem buka tutup atau retractable roof. Media luar negeri juga sering memberitakan proyek tersebut. Jika proyek ini sudah selesai, Jakarta International Stadium pasti akan masuk dalam 10 stadion terbesar di dunia. Tentu ini adalah sebuah kebanggan tersendiri.

Dunia teknik sipil Indonesia juga pastinya akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri. Proyek ini faktanya melibatkan banyak pihak dari berbagai kalangan. Hasilnya, ada sebuah karya monumental yang sangat mengesankan. Oleh sebab itulah banyak pihak menganggap bahwa JIS nantinya setara dengan markas milik Real Madrid, Santiago Bernabeu. Ini juga akan menjadi stadion paling megah yang ada di Indonesia.

Stadion Atap Buka-Tutup Pertama Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, stadion tersebut memiliki sistem atap buka tutup atau retractable roof. Artinya, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang memiliki mekanisme seperti itu. Tentu saja ini merupakan sebuah kebanggan besar bagi banyak pihak yang terlibat dalam proyek tersebut. Ditambah dengan adanya rekor dunia yang mungkin tidak akan pernah terulang.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Rangka Atap Agar Kuat dan Awet

Semakin tidak sabar untuk menantikan event berkelas yang diselenggarakan di Jakarta International Stadium, bukan? Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu