Ragam Jenis Mata Bor beserta Fungsinya

mata-bor-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Jenis mata bor yang digunakan dapat mempengaruhi hasil. Mata bor sendiri merupakan alat yang digunakan untuk menciptakan lubang pada berbagai benda. Mulai dari kayu, plastik, dinding, besi, logam hingga kaca. Setiap jenis atau ukuran lubang mata bor mempunyai fungsi berbeda-beda.

Oleh sebab itu, Anda perlu memakai mata bor yang tepat agar dapat melubangi benda sesuai kebutuhan. Juga agar pekerjaan berjalan efektif dan efisien. Di tahun 1861, alat ini pertama kali dikenalkan oleh Steven A. Morse yang berasal dari Bridgewater, Massachusetts. Sekarang sudah banyak digunakan dalam berbagai keperluan, terutama di bidang pertukangan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Mata Bor Nachi

Berbagai Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Alat ini mempunyai empat komponen penting, yakni the spiral, the point angle, the lip angel dan functional length. Sekarang ini, alat tersebut sangat berguna dalam berbagai keperluan, terutama di bidang konstruksi. Secara umum, mata bor mempunyai fungsi memudahkan dalam pengeboran di beragam bidang dan material. Sehingga menjadikan bentuk lubang yang presisi sesuai keperluan penggunanya.

1. Twist Drill Bits

Mata bor ini paling banyak dipakai. Karena mampu melubangi berbagai bahan, mulai dari kayu, plastik, baja hingga beton. Terbuat dari baja sehingga juga digemari untuk memotong logam. Twits drill bits mempunyai harga cukup terjangkau ketika dipakai dalam material kayu. Selain itu, tersedia banyak ukuran sehingga menguntungkan para tukang kayu. Meskipun sebenarnya jenis ini dibuat untuk material logam.

2. Hole Saw Bit

Hole saw bit ini biasa dipakai untuk membuat lubang dengan diameter besar. Sementara bahan yang dilubangi ialah metal. Hole saw bit merupakan jenis yang dapat dipilih dengan mudah apabila menghendaki lubang besar pada metal.

3. Masonry Bits

Apabila sebelumnya lebih cocok pada material metal, masonry bits diperuntukkan bagi dinding. Masonry bits bisa dipakai untuk membuat lubang pada dinding. Dinding ini dapat berupa batu bata hingga beton. Jenis mata bor ini memiliki karakteristik keras. Sebab, tidak hanya bekerja dengan cara memutar namun juga memukul. Sementara dari segi ukuran ialah 4 mm sampai 15 mm.

4. Spur Bits

Jenis ini biasa dipakai untuk melubangi kayu. Karena mempunyai bentuk runcing pada ujungnya. Kemudian tersedia mata pisau pada sekelilingnya. Sehingga mampu membuat lubang yang presisi karena mata bor tetap lurus.

5. Countersink Bits

Apabila jenis sebelumnya lebih ditujukan untuk membuat lubang yang dalam, jenis ini ditujukan dalam pembuatan lubang kepala sekrup. Material yang bisa dilubangi ialah kayu. Melalui mata bor dengan sudut 90 derajat ini bisa diciptakan lubang 45 derajat pada permukaan kayu. Sehingga bisa didapatkan lubang dengan permukaan sama rata untuk kepala sekrup.

6. Forster Bit

Jenis ini dipakai dalam menciptakan lubang engsel di material sendok. Sementara mesin yang dianjurkan ialah mesin duduk. Tujuannya agar proses berjalan dengan stabil. Apabila menggunakan mesin tangan akan membuat sulit.

7. Chisel Bit

Mata bor ini dipakai dalam pembuatan lubang dengan bentuk kotak di permukaan bahan kayu. Untuk mesinnya sendiri umumnya memakai Hollow Chisel Mortiser. Tidak seperti mata bor pada umumnya yang menghasilkan lubang bulat.

8. Mata Bor Kaca

Untuk jenis ini mempunyai bentuk tombak. Umumnya dipakai untuk melubangi kaca. Bentuknya yang menyerupai tombak membuatnya dijuluki bor tombak. Apabila membutuhkan alat untuk melubangi kaca, bisa memakai jenis ini.

9. Core Drill Bit

Jenis ini biasa dipakai untuk menghasilkan lubang pada beton, granit, dinding, marmer dan batuan lain. Alat ini lebih dikhususkan pada material bebatuan dengan hasil diameter bermacam-macam. Setiap mata bor menghasilkan bentuk lubang berbeda sesuai kebutuhan. Juga dikhususkan pada berbagai material yang berbeda sehingga bisa memilih produk dengan mudah. Untuk mendapatkan produk berkualitas bisa menghubungi kami.

Baca Juga: Mata Bor yang Cocok untuk Kerajinan Kayu

Tujuan penggunaan mata bor ialah untuk menghasilkan lubang presisi. Sementara material yang hendak dilubangi juga bermacam-macam dapat disesuaikan dengan jenis mata bor. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk mata bor di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu