Punya Pipa Bekas? Yuk Sulap Jadi Dekorasi Rumah

punya-pipa-bekas-di-rumah-yuk-sulap-jadi-dekorasi-rumah

Memikirkan tentang ide desain rumah memang tak akan ada habisnya.

Namun pernahkah Anda berekspektasi untuk menggunakan desain rumah dari bahan pipa bekas?

Nah, diam-diam ternyata sisa pipa yang ada di rumah Anda bisa dirubah menjadi dekorasi rumah yang unik lho. Anda bisa melengkapi keperluan interior hingga eksterior rumah dengan berbagai bentuk kreatif dari pipa sisa.

Baca Juga: Yuk Hitung Besi Wiremesh Sesuai Kebutuhan

Dekorasi Rumah dari Pipa Bekas

Punya sisa pipa yang menumpuk? Stop, jangan dibuang dulu! Karena ternyata bahan yang satu ini bisa Anda rubah menjadi dekorasi yang otentik. Berikut adalah beberapa referensi dekorasi dari pipa bekasyang harus Anda coba.

1. Rak untuk buku dari pipa bekas

Kreasi pertama adalah rak buku. Anda bisa membuatnya dalam bentuk rak mini yang bisa diletakkan di sisi meja belajar, atau berbentuk menggantung dan menempel pada bagian tembok kamar.

Pipa memiliki bentuk yang unik, ramping, namun tetap kokoh. Karena itu Anda tak perlu khawatir buku-buku akan jatuh dan berserakan. Sisi menguntungkan lainnya dari pipa adalah ia bisa diberikan corak dna warna seusai dengan keinginan. Ucapkan selamat datang pada rak buku estetik Anda!

2. Kitchen buffet

Jika biasanya Anda melihat kitchen buffet berbahan plastik atau kayu, maka saat ini Anda bisa memanfaatkan sisa pipa besi untuk kualitas yang lebih kuat. Penggunaan material ini akan menambah kekuatan beban yang bisa Anda letakkan di dalam buffet.

Beberapa ide kitchen buffet yang bisa Anda cipatakan adalah, rak gantung untuk meletakkan berbagai pernak-pernik dapur, atau rak mini di sisi closet untuk meletakkan perkakas untuk mencuci piring. Kemudian Anda juga bisa mengubahnya menjadi rak duduk untuk merapikan deretan bumbu masak. Serta yang terakhir, rak tinggi untuk meletakkan piring, mangkuk, dan peralatan dapur lainnya.

3. Rak baju sederhana menggunakan pipa bekas

Apakah Anda sering bermasalah dengan tumpukan baju di dalam ruangan? Jika iya, maka membuat rak baju dari bahan pipa bekasboleh untuk dicoba. Ada beberapa bentuk rak baju yang bisa Anda buat. Pertama, bentuk yang snagat sederhana dengan satu ruas tempat menggantung. Di bawahnya sediakan roda agar mudah untuk dipindahkan.

Yang kedua, dengan bentuk lebih rumit, Anda bisa memberikan sentuhan seperti undakan pada pipa. Biasanya yang seperti ini cocok jika Anda membutuhkan sekat untuk memisahkan antara pakaian yang satu dan lainnya.

Dan yang ketiga, Anda bisa membuat gantungan baju dnegan menggabungkannya dengan rak penyimpanan sepatu di bagian samping atau bawah pipa. Perpaduan ini akan memudahkan Anda untuk mengorganisir outfit yang berserakan.

4. Pipa bekas disulap menjadi penyimpanan asesoris

Selain baju, asesoris merupakan benda yang paling rawan untuk berserakan dan hilang. Sebelum itu terjadi, Anda bisa membuatkan tempat penyimpanan khusus dari pipa yang ada di rumah. Bentuknya sama seperti rak baju, namun dengan ukuran yang lebih mini.

Pembuatannyapun tak merepotkan, sebab Anda cukup menyediakan sisi-sisi untuk menggantung asesoris saja. Dan untuk yang berbentuk kecil, Anda bisa menyediakan tempat sendiri dengan memadukan pipa besi dengan kaca, plastik, atau kayu. Ini memudahkan Anda untuk menyimpannya tanpa harus khawatir terselip.

5. Meja dan kursi menggunakan pipa bekas

Ide ini sepertinya yang paling lumrah untuk dilakukan, yaitu mengubah sisa pipa besi menjadi kaki-kaki untuk kursi dan meja di rumah Anda. Bahannya yang kokoh dan ramping ternyata memberikan keuntungan bagi Anda yang tak menyukai dekorasi yang terlihat menumpuk. Untuk bagian dudukannya Anda bisa mengombinasikan dengan busa, plastik, ataupun bahan dari kayu.

Baca Juga: Karat Besi Bisa Terhindar Dengan Cara Ini

Itulah referensi unik tentang dekorasi rumah dari pipa bekas. Yang manakah favorit Anda? Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai pipa, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu