Inilah Proses Pengolahan Besi Bekas Sebelum Dijual Kembali

Ini dia Proses Pengolahan Besi Bekas Sebelum Dijual Kembali

Sebelum Anda menjual kembali besi bekas yang Anda miliki, sebaiknya Anda mempelajari proses pengolahan besi bekas agar dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

Kata siapa besi bekas tidak bisa diolah dan dijual kembali dengan harga tinggi? Padahal sudah banyak ulasan mengenai proses pengolahan besi bekas sebelum dijual kembali yang bisa Anda manfaatkan. Perlakuan tersebut juga tentu mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah jauh lebih mahal daripada dijual dalam keadaan berkarat.

Baca Juga: Ini yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengolah Besi Bekas

Ingin tahu bagaimana prosesnya? Silakan simak ulasan kami berikut ini.

Pentingnya Besi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jika menurut orang awam, besi mungkin hanya berguna untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Padahal, sepanjang kehidupan dan dalam kegiatan sehari-hari pasti tidak akan pernah terlepas dari besi. Seperti misalnya peralatan dapur, otomotif dan lain sebagainya.

Sejak ditemukannya bijih besi pada sekitar tahun 1200 sebelum Masehi, sampai saat ini pun besi masih tetap mendominasi kehidupan manusia. Apalagi seiring bergulirnya jaman dan kecanggihan teknologi yang mampu mendongkrak inovasi manusia.

Tidak hanya itu, besi bahkan merupakan salah satu unsur terbanyak yang membentuk kerak bumi. Sehingga, tidak dapat dipungkiri bahwa sesederhana apapun benda yang ada di sekitar Anda pasti terdapat unsur dan senyawa besi di dalamnya. Baik untuk sekedar campuran maupun bahan baku.

Namun, tentu saja besi juga merupakan senyawa yang mudah berkarat apabila dibiarkan di alam terbuka atau seringkali terkena cairan masam. Sehingga, apabila masa usia besi sudah habis, orang cenderung membuang atau bahkan menjualnya ke pasar loak dengan harga miring.

5 Proses Pengolahan Besi Bekas Sebelum Dijual Kembali

Tentu Anda berpikir bahwa sangat disayangkan apabila besi yang semula dibeli dengan harga mahal, akhirnya harus dijual dengan harga murah, bukan? Oleh karenanya sebelum terlanjur menjual semua besi yang ada di rumah, baiknya simak penjabaran mengenai proses pengolahan besi di bawah ini:

1. Pengeliminasian Unsur-Unsur Kotor

Semua besi bekas pasti akan menampakkan warna coklat kehitaman yang tandanya sudah berkarat. Biasanya apabila sudah semikian, maka beberapa sisi besi bisa rapuh dan mudah patah. Oleh sebab itu sebelum dijual kembali, besi bekas harus melalui proses pengeliminiasian unsur-unsur kotor.

Bagaiamana caranya? yakni dengan menggunakan metode bubbling atau meniupkan udara ke dalam cairan logam. Cairan ini kemudian disiramkan kepada besi yang sudah berkarat, sehingga nantinya karat bisa lebih cepat memudar dan hilang.

2. Pemurnian Unsur Zn

Pasca melalui proses pengeliminasian, selanjutnya besi bekas harus memasuki tahap pemurnian unsur Zn. Caranya adalah dengan memisahkan dan melakukan oksidasi dengan O2, tujuan dari proses ini adalah untuk mencegah besi bekas tadi mudah berkarat lagi.

3. Compound Separation

Proses pengolahan besi bekas selanjutnya adalah memisahkan bagian yang kotor dengan membuat sebuah perbandingan yang berat dan jenisnya berbeda. Proses ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan besi besar di Indonesia maupun mancanegara. Pasalnya, dengan menggunakan cara ini besi bekas bisa lebih tahan lama.

4. Classification

Selanjutnya besi yang sudah melalui tahap compound separation harus dikelompokkan berdasarkan jenis dan kualitasnya. Hal ini biasa dilakukan agar nanti harga jualnya dapat dibedakan sehingga tidak tercampur dengan lainnya.

5. Roasting

Proses pengolahan besi bekas yang terakhir adalah memanggang (roasting). Tahap ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan hati-hati. Mengapa? karena hasilnya nanti dapat mempengaruhi kekuatan dan ketahanan besi bekas yang sudah diolah kembali.

Sekian ulasan singkat mengenai proses pengolahan besi bekas sebelum dijual kembali. Sekarang Anda tidak perlu terburu-buru menjual besi bekas di rumah dengan harga murah. Baiknya bawa ke tukang pandai besi agar diolah dan menghasilkan besi berkualitas serta bernilai jual tinggi.

Baca Juga: 5 Alasan Jual Beli Besi Tua Sangat Menguntungkan

Jika Anda mencari besi berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu