Renovasi Dapur Minimalis Mudah, Perhatikan 3 Poin Ini!

renovasi dapur minimalis mudah kps steel distributor besi pulau jawa dan bali

Dapur menjadi salah satu ruang di rumah yang sangat penting untuk diperhatikan kenyamanannya. Ketika dapur di rumah sudah mulai terasa tidak nyaman, maka Anda perlu segera merenovasinya. Melakukan renovasi dapur minimalis sebenarnya mudah-mudah saja untuk dilakukan. Meskipun demikian, Anda perlu tetap merencanakan proses renovasi ini dengan matang agar hasilnya sesuai dengan apa yang Anda impikan.

Dengan memiliki dapur yang nyaman serta terfasilitasi, maka makanan yang dihasilkan dari dapur tersebut juga bisa lebih bervariasi. Artikel ini akan mencoba membahas terkait cara mewujudkan dapur minimalis, mulai dari tips merenovasi, estimasi biaya yang perlu Anda siapkan, hingga inspirasi desain yang dapat dijadikan referensi. Simak pembahasan lengkapnya pada poin berikut.

Tips Renovasi Dapur Minimalis

Sama seperti melakukan renovasi pada ruang-ruang lain di rumah, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda memulai prosesnya. Pada poin ini akan dijelaskan tentang tips-tips yang dapat Anda aplikasikan apabila memiliki rencana untuk melakukan renovasi pada dapur di rumah.

  • Persiapkan Dana Renovasi Dapur Minimalis

Ketika ingin merenovasi sebuah ruangan, salah satu tips penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu dana renovasinya harus sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Untuk bisa mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk merenovasi dapur, Anda perlu membuat rancangan pengeluarannya terlebih dahulu.

Meski nantinya kurang akurat, namun dengan membuat rancangan dana pengeluaran, Anda jadi mengetahui besaran biaya kasar yang perlu dipersiapkan.

Dalam mempersiapkan dana, selain perlu mempersiapkan dana pokok, Anda juga perlu menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga apabila nantinya ada pengeluaran yang tidak diduga sebelumnya.

  • Tentukan Ukuran Dapur

Tips selanjutnya dalam rencana melakukan renovasi dapur, yaitu Anda perlu menentukan seberapa luas ukuran ruangan yang akan dijadikan sebagai dapur. Tentunya menentukan ukuran luas dapur ini perlu dipertimbangkan dengan hati-hati, karena ukuran tersebut akan berpengaruh pada biaya yang perlu disiapkan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menyesuaikan ukuran dapur dengan ukuran rumah secara keseluruhan. Terlebih apabila Anda ingin merenovasi dapur secara total, pastikan ukuran dapur akan proporsional dan nyaman, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

  • Pilih Konsep Dapur yang Diinginkan

Apabila sudah memastikan ukuran ruangan yang akan difungsikan sebagai dapur, maka tips berikutnya saat ingin melakukan renovasi dapur, yaitu Anda perlu menentukan konsep yang diinginkan.

Meski umumnya letak dapur berada di area belakang rumah, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mengaplikasikan konsep di ruangan ini. Dengan melakukan renovasi dan mengubah konsepnya, Anda jadi bisa mendapatkan suasana yang baru di area dapur Anda.

  • Perhatikan Pencahayaan dan Sirkulasi di Dapur

Memasak umumnya dilakukan di waktu pagi dan siang hari. Agar Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami tanpa memerlukan lampu saat memasak, maka Anda perlu membuat jendela agar sinar matahari dapat masuk ke ruangan.

Selain dapat bermanfaat untuk faktor pencahayaan, dibuatnya jendela di dapur juga dapat dijadikan sebagai tempat sirkulasi udara agar kondisi dapur tidak pengap.

  • Gunakan Material Berkualitas

Supaya hasil renovasi dapur memuaskan, maka Anda perlu mengusahakan material-material yang digunakan memiliki kualitas jempolan. Dengan menggunakan material berkualitas, keamanan dan kenyamanan Anda selama nantinya menggunakan dapur juga jadi lebih terjamin.

Oleh karena itu, Anda perlu teliti dalam mencari distributor material yang akan digunakan. Seperti misalnya jika Anda membutuhkan besi beton untuk kebutuhan renovasi dapur ini, Anda bisa menghubungi distributor besi berkualitas yang ada di daerah Anda.

 

Estimasi Biaya Renovasi Dapur Minimalis

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, untuk bisa mewujudkan dapur minimalis impian, hal penting yang perlu Anda persiapkan salah satunya, yaitu biaya renovasi. Bicara tentang biaya, berikut ini akan dibahas terkait estimasi dana yang sekiranya perlu Anda keluarkan untuk melakukan renovasi pada dapur minimalis.

Perkiraan rincian dana untuk merenovasi dapur di hunian ialah sebagai berikut.

  1. Biaya Pekerja: Rp150.000 per hari untuk satu orang (besaran biaya ini bergantung kepada lokasi dan berapa lama proses pengerjaannya). Apabila Anda berencana untuk mempekerjakan dua orang selama satu minggu, maka perhitungannya, yaitu Rp150.000 x 2 (orang) x 7 (hari) = Rp2.100.000
  2. Biaya Semen: harga semen bervariasi bergantung pada mereknya, namun umumnya berada di kisaran Rp40.000-Rp70.000 untuk satu saknya. Anda bisa menyesuaikan pembelian semen ini dengan kebutuhan dan memilih merek yang memang biasa Anda gunakan. Apabila untuk melakukan renovasi dapur minimalis di hunian Anda membutuhkan 2 sak semen, maka Anda perlu mempersiapkan biaya di kisaran Rp80.000-Rp140.000.
  3. Biaya Pasir: untuk harga pasir Anda perlu mempersiapkan biaya mulai dari Rp260.000.
  4. Biaya Cat: Warna cat dinding yang akan digunakan pada dapur perlu disesuaikan dengan konsep dan tema ruangan yang sudah dipilih. Untuk perkiraan harganya sendiri, cat dinding umumnya dibanderol dengan rentang harga Rp100.000 – Rp350.000. Biasanya harga cat ini berbeda-beda bergantung kepada merek dan ukurannya.
  5. Biaya Besi: Dalam proses renovasi dapur Anda juga akan membutuhkan besi. Harga besi diperkirakan mulai dari Rp70.000.
  6. Biaya Batu Bata: Batu bata juga akan dibutuhkan ketika Anda akan merenovasi dapur. Kisaran harga batu bata sangat beragam bergantung pada variasinya, mulai dari Rp1.000-Rp5.000 untuk satu buahnya.

Selain perlu mempersiapkan budget untuk beberapa material pokok di atas, Anda juga harus mempersiapkan dana untuk keperluan membeli peralatan dan furniture untuk nantinya mengisi dapur agar bisa sesuai dengan konsep yang ditentukan.

 

Inspirasi Dapur Minimalis

Setelah mengetahui tips dan perkiraan estimasi biaya yang perlu disiapkan, apakah Anda sudah siap untuk melakukan proses renovasi dapur minimalis dan mewujudkan dapur impian Anda? 

Di bawah ini akan diberikan beberapa inspirasi desain dapur yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk ditiru.

  • Dapur Berbentuk Huruf L

Apabila ruangan dapur Anda memiliki luas yang terbatas maka Anda bisa mempertimbangkan membuat dapur berbentuk L. Dengan desain dapur seperti ini, Anda jadi bisa memanfaatkan luas ruang dengan baik. 

  • Dapur dengan Material Kayu

Selanjutnya ada inspirasi dapur yang menggunakan material berupa kayu. Warna kayu yang kecoklatan sangat cocok dipadukan dengan warna putih dari dapur minimalis. Perpaduan ini akan memberikan kesan ruangan yang dekat dengan alam dan juga hangat.

  • Dapur Dengan Bar

Inspirasi dapur minimalis berikutnya yang bisa Anda jadikan referensi, yaitu meletakkan meja bar di area dapur. Selain membuat dapur terlihat minimalis, menempatkan meja bar juga dapat memberikan dapur Anda kesan yang modern.

  • Dapur Monokrom

Apabila umumnya dapur minimalis cenderung menggunakan warna putih, maka Anda dapat mengakali menggunakan warna monokrom agar dapur tidak memberikan kesan yang monoton.

Baca Juga: 

Demikian pembahasan tentang 3 poin penting yang perlu diperhatikan saat hendak melakukan renovasi dapur di rumah, mulai dari tips, estimasi biaya, hingga inspirasi desain untuk dapur minimalis.

Apabila Anda berencana untuk melakukan renovasi dapur, Anda perlu mempertimbangan segala sesuatunya dengan matang, termasuk pada faktor materialnya. Gunakanlah material yang berkualitas agar hasil renovasinya memuaskan.

Jika Anda membutuhkan besi beton untuk kebutuhan renovasi dapur minimalis, KPS Steel yang merupakan Distributor Besi Pulau Jawa dan Bali bisa menjadi opsi yang tepat. Kami menyediakan beragam jenis besi yang dapat Anda gunakan untuk bermacam-macam kebutuhan. Hubungi kami untuk melakukan pemesanan. Anda dapat mempelajari beragam informasi terkini seputar tips konstruksi bangunan.

Bagikan Artikel :