Pengertian Besi Cor dan Berbagai Karakteristiknya

pengertian besi cor dan berbagai karakteristiknya

Setiap jenis besi memiliki karakteristiknya masing-masing, begitu pun dengan besi cor.

Apa sih pengertian besi cor? Secara umum, besi cor berasal dari perpaduan antara besi dan karbon. Proses pembuatan besi cor membutuhkan mesin khusus untuk melakukan pemotongan dan pengecoran. Di bidang konstruksi, ada beberapa jenis besi cor, seperti besi cor kelabu hingga besi cor nodular.

Baca Juga: Negara dengan Angka Produksi Baja Terbesar di Dunia

Beberapa Pengertian Besi Cor beserta Karakteristiknya

Besi cor ternyata memiliki beberapa jenis. Setiap jenisnya mempunyai karakteristik yang berbeda. Bagaimana karakteristik dan pengertian besi cor tersebut?

1. Besi Cor Kelabu

Besi cor kelabu merupakan jenis besi tuang yang paling banyak digunakan. Mengapa disebut “kelabu”? Warna kelabu tersebut rupanya berasal dari bidang patahan yang melintasi serpih-serpih grafit. Bidang patahan itulah yang membedakan besi cor kelabu dengan jenis besi cor lain.

Pembuatan besi cor kelabu melibatkan karbon, silikon, dan mangan. Khusus untuk karbon (C) dan silikon (Si), keduanya memegang peranan penting untuk menentukan grade atau kualitas besi cor. Karbon dan silikon merupakan unsur yang sangat berpengaruh ketebalan dinding. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kekuatan tarik, tebal benda, serta struktur yang dikehendaki. Komposisi karbon dan silikon yang paling ideal memiliki kadar sebesar 0,1% hingga 0,5%.

2. Besi Cor Putih

Karakter atau ciri khusus besi cor putih dapat diamati melalui area permukaan patahan yang berwarna putih. Sifat besi cor ini sangat keras dan getas, mengingat struktur mikronya berasal dari perlit dan sementit. Besi cor putih bersifat tidak mudah aus dan tahan terhadap korosi karena adanya proses perusakan reaksi kimia pada saat pembuatan.

Umumnya, besi cor putih digunakan untuk membuat komponen mesin seperti gerinda, dapur pemanas, dan alat penghancur. Lantaran sifat besi cor putih yang sangat keras dan getas, maka diperlukan perlakuan khusus.

Untuk melunakkan besi cor putih, dibutuhkan heat treatment (pemansaran) pada temperatur 8.500 derajat Celcius. Akan tetapi, proses tersebut hanya boleh dilakukan dalam keadaan buntu atau darurat. Pengendalian sifat besi cor putih yang lebih direkomendasikan yaitu menggunakan teknik iron chill atau proses pendinginan.

3. Besi Cor Mampu Tempa

Besi cor mampu tempa merupakan produk olahan dari besi cor putih. Untuk membuat besi cor mampu tempa, Anda memerlukan besi cor putih yang dipanaskan dengan suhu 800 hingga 900 derajat Celsius. Selama proses pemanasan berlangsung, Anda wajib memastikan kestabilan atmosfer agar produk besi terhindar dari oksidasi.

Penggunaan besi cor mampu tempa dapat dijumpai pada pembuatan sabuk penghubung, lintasan kereta api, serta kaus khusus yang digunakan di dunia otomotif. Jenis besi ini memiliki sifat ulet dan kemampuan tempa yang sangat baik sehingga bersifat tahan lama.

4. Besi Cor Nodular

Besi cor nodular memiliki tingkat keuletan yang setara dengan baja. Dibandingkan besi cor kelabu, besi cor nodular jauh lebih kuat mengingat struktur mikronya yang berasal dari perlit dan ferit. Untuk meningkatkan kekuatannya, diperlukan perlakuan khusus, seperti menambahkan bahan dari bainit dan martensit.

Besi cor nodular juga dikenal dengan nama besi tuang ulet karena sangat tahan terhadap korosi dan temperatur tinggi. Umumnya, besi cor nodular digunakan pada alat-alat pertanian seperti mesin diesel, poros engkol, kepala silinder, roda gigi, traktor, dan lain-lain.

Sama seperti produk besi lain, besi cor juga memiliki standar tertentu untuk menentukan kadar kualitasnya. Beberapa di antaranya adalah SAE (Society of Automotive Engineers), ASI (American Iron and Steel Institute), serta UNS (Unified Numbering System).

Baca Juga: Teknik dan Cara Mengelas Besi yang Perlu Diketahui

Besi tuang atau besi cor yang bagus dapat ditinjau dari sifatnya yang anti-karat dan memiliki ketahanan tinggi. Pastikan Anda selalu menggunakan besi dengan kualitas tinggi untuk meminimalisir risiko kerugian. KPS Steel menyediakan berbagai jenis besi dan baja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu