Negara dengan Angka Produksi Baja Terbesar di Dunia

negara produksi baja terbesar dunia

Indonesia merupakan salah satu produsen baja, tapi tahukah Anda negara dengan jumlah produksi baja terbesar di dunia?

Baja merupakan salah satu logam alami yang tersebar di alam. Sebenarnya, baja bukan unsur alami dasar, melainkan paduan dari banyak unsur seperti karbon, fosfor, sulfur, dan masih banyak lagi. Kandungan bervariasi dalam baja membuatnya menjadi logam dengan kekuatan dan kekerasan yang baik. Karena keunggulannya, banyak perusahaan, bahkan negara yang gencar melakukan produksi baja.

Oleh karena itu, baja banyak digunakan dalam berbagai industri. Baja juga memiliki ketahanan tinggi terhadap air dan korosi yang membuatnya selalu menjadi bahan baku utama pembangunan.

Baca Juga: Sentuhan Rumah Bergaya Industrial dengan Railing Wiremesh

Negara dengan Angka Produksi Baja Terbesar Di Dunia

Tingginya permintaan terhadap baja membuat banyak negara berlomba-lomba memproduksi logam yang satu ini. Pada tahun 2018, produksi baja mencapai 1808, 6 juta ton. Hal ini disebabkan makin gencarnya pembangunan di berbagai wilayah di dunia. Baja menjadi primadona bagi setiap negara dari tahun ke tahun.

Banyak negara yang menjadikan baja sebagai produksi utama negaranya untuk kegiatan ekspor atau sekedar pemenuhan pasokan dalam negeri. Berikut berbagai negara dengan produksi baja terbesar di dunia:

1. Cina

Negara Cina menduduki posisi pertama produsen baja terbesar di dunia. Sebanyak 50% baja di dunia diproduksi oleh Cina. Saat ini, angka produksi baja di Cina tercatat sebesar 928,3 juta ton. Selain itu, Cina juga mampu mengekspor 106,6 juta ton baja ke seluruh penjuru dunia setiap tahunnya. Konsumen baja terbesar dari negara Cina adalah Filipina dan Vietnam.

2. India

Tidak hanya sukses di bidang industri hiburannya, India juga terkenal sebagai produsen baja terbesar kedua di dunia. Produksinya bisa mencapai 106,5 juta ton per tahun. Beberapa negara yang tercatat menjadi konsumen baja India adalah Belgia, Bangladesh, dan Nepal.

3. Jepang

Jepang menjadi negara produsen baja terbesar ketiga di dunia. Setaip tahun, produksi baja di Jepang mencapai 104,3 juta ton. Jepang juga menduduki peringkat kedua sebagai pengekspor baja terbesar di dunia. Sebanyak 40,4 juta ton baja diekspor guna sebagai pemenuhan permintaan baja dari seluruh dunia. Negara yang menjadi pelanggan utama bagi Jepang adalah Thailand.

4. Amerika Serikat

Negara adidaya ini juga tidak kalah dalam industri baja. Tercatat, Amerika Serikat mampu memproduksi baja sekitar 86,7 juta ton setiap tahunnya.

5. Korea Selatan

Selain terkenal di bidang industri hiburannya, Korea Selatan juga terkenal dan maju di bidang produksi baja. Negara ini memproduksi sekitar 72,5 juta ton baja setiap tahunnya. Produksi baja di Korea Selatan diprediksi akan terus konsisten, bahkan meningkat untuk tahun-tahun berikutnya.

6. Rusia

Tahun 2018, Rusia tercatat memproduksi baja sebesar 71, 7 juta ton. Rusia tetap mempertahankan posisinya menjadi pengekspor baja ketiga terbesar di dunia karena negaranya yang terkenal di mata dunia. Negara yang menjadi konsumen baja untuk Rusia adalah Meksiko, Taiwan, dan Turki.

7. Jerman

Walaupun angka produksi bajanya hanya sekitar 42,4 juta ton setiap tahun, kualitas baja Jerman digadang-gadang merupakan yang terbaik. Karena popularitasnya, banyak negara tetangga seperti Perancis, Belanda, dan Polandia yang mengimpor baja dari Jerman untuk pembangunan di negaranya. Umunya, baja dimanfaatkan untuk keperluan industri otomotif dan persenjataan.

Baca Juga: Peraturan Pemerintah dalam Membangun Rumah

Saat ini, Indonesia menempati urutan 27 dengan produksi baja sebesar 5,5 juta ton. Meski tidak menjadi yang negara dengan angka produksi baja terbesar di dunia, Indonesia berkomitmen untuk terus memproduksi baja berkualitas.

Jika Anda membutuhkan baja untuk keperluan industri Anda, jangan ragu untuk menghubungi KPS Steel.

 

Bagikan Artikel :
Menu