Mengenal Mesin Bending Pipa dan Cara Pengoperasiannya

mengenal mesin bending pipa dan cara pengoperasiannya

Mesin bending pipa adalah mesin yang digunakan untuk memberi bentuk yang berbeda pada pipa

Pernah mendengar mengenai mesin bending pipa? Peralatan ini sangat familiar di kalangan industri besi maupun konstruksi, dan dibutuhkan untuk pengerjaan setiap hari. Mesin bending untuk pipa bertujuan untuk memberikan bentuk yang berbeda, dengan cara memberikan tekanan yang sangat kuat pada bagian-bagian tertentu.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menggunakan Alat Pembengkok Besi!

Hingga saat ini terdapat beberapa jenis mesin bending untuk pipa, mulai dari jenis mesin ram, kemudian mesin rotary draw, mesin mandrel, mesin induksi panas, mesin roll dan mesin panas.

Dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai hal-hal penting terkait mesin bending untuk pipa, beserta jenis, dan cara pengoperasiannya. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai peralatan yang satu ini, mulai dari pengertiannya, jenisnya, sampai cara kerja mesin. Berikut adalah penjelasan lebih jauhnya.

Apa itu Mesin Bending Pipa?

Secara singkat mesin bending dikenal juga sebagai mesin pembengkok. Seperti namanya, mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan pada objek, hingga mendapatkan hasil berupa deformasi-plastis, atau perubahan bentuk pada bagian objek. Karena itu Anda mungkin kerap mendengar istilah seperti proses bending atau pembendingan, yang umumnya diartikan sebagai kegiatan membengkokkan objek besi. Biasanya ada beberapa jenis besi yang dibengkokkan yaitu yang berbentuk plat besi, hingga pipa silinder.

Apa saja Jenis Mesin Bending untuk Pipa?

Ada beberapa jenis mesin bending untuk pipa yang bisa Anda jumpai, yang pertama adalah mesin ram yang banyak diandalkan untuk membentuk besi yang melengkung. Yang kedua adalah mesin rotary draw yang memiliki fungsi hampir sama dengan mesin bending jenis ram, yaitu untuk memberikan tekanan pada objek yang melengkung. Namun bedanya mesin yang satu ini digunakan untuk menghasilkan objek berdiameter presisi.

Yang ketiga adalah mesin bending mandrel yang berfokus pada hasil akhir tanpa cacat dan terlihat mulus. Hal ini dibantu oleh bentuk alat yang diketahui kuat namun fleksibel sehingga dapat mengikuti bentuk objek. Yang keempat adalah mesin bending yang lebih kuat daripada rotary draw atau disebut sebagai mesin berinduksi panas yang memanfaatkan tenaga listrik. Kemudian yang terakhir adalah mesin bending panas yang kerap digunakan untuk proses reparasi sebab mampu memberikan efek panas dan lunak pada besi.

Cara Mengoperasikan Mesin Bending untuk Pipa?

Pengoperasian mesin bending untuk pipa dimulai dengan mempersiapkan objek dengan cara menandai mana saja bagian yang ingin dibengkokkan. Biasanya cara ini dilakukan dengan memberikan beberapa coretan jelas pada objek, sehingga menghindari kesalahan bentuk nantinya.

Selanjutnya memasukkan bagian besi ke dalam mesin dengan memperhatikan posisinya pada dies atau bagian pembentuk. Besi harus berposisi tepat, sebab jika tidak nantinya bentuk yang dihasilkan bisa saja miring dan tidak sesuai.

Selanjutnya mulailah proses pembengkokan dengan perlahan, sembari memperhatikan dengan teliti posisi dies ataupun objek besi yang tengah dikerjakan. Lakukan ini sampai proses pembengkokan selesai dan ulangi dengan metode yang sama.

Bagi Anda yang mengerjakan pembengkokan untuk pipa dalam jumlah banyak maka sangat disarankan untuk menggunakan alat bantu yang disebut sebagai jig. Alat ini akan membantu Anda membengkokkan beberapa pipa dalam waktu yang bersamaan, dengan hasil yang benar-benar persis.

Itu dia beberapa paparan mengenai mesin bending pipa, diikuti dengan jenis-jenisnya dan cara pengoperasiannya. Pilihlah jenis mesin bending berdasarkan diameter pipa, jumlah pipa dan hasil akhir pipa yang diinginkan.

Baca Juga: Inilah Alat untuk Mengelas yang Perlu Anda Ketahui

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi dan baja menyediakan besi berkualitas. Anda dapat menemukannya dan melihat-lihat produk KPS Steel di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu