Mengenal Keunggulan Tali Sling

Tali sling adalah tali yang terbuat dari serat sintetis atau baja yang dipotong dan ujung satu sama lain disatukan kembali dengan tali khusus. Tali ini familiar digunakan di lingkungan perkapalan, pertambangan dan konstruksi bangunan.

Dalam kegiatan mengangkut maupun menarik benda berat, biasanya petugas di lapangan akan menggunakan tali sling. Tali jenis ini memang sangat familiar digunakan di lingkungan perkapalan, pertambangan, dan juga area konstruksi bangunan.

Baca Juga: Cara Menentukan Besi Profil untuk Keperluan Anda

Namun, tidak jarang juga yang masih asing dengan isilah tali ini. Nah, jika Anda salah satunya dan ingin mengenalnya lebih dalam, maka bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa itu tali jenis sling hingga keunggulan yang dimiliki.

Apa Itu Tali Jenis Sling?

Istilah tali sling sering juga disebut dengan istilah wire rope sling yang merupakan tali yang terbuat dari serat sintetis maupun dari baja yang dipotong dan ujung satu sama lain disatukan kembali dengan tali khusus. Bentuknya sekilas mirip dengan balon, dan sebagai gambaran lebih detail lebih mirip dengan tiang gantungan untuk narapidana yang dieksekusi mati pada masanya.

Namun penggunaan tali jenis ini tidaklah untuk tujuan mengerikan tersebut, melainkan untuk kegiatan mengangkut barang-barang berat. Dilihat dari definisi memang terbagi menjadi dua jenis. Pertama tali yang terbuat dari serat sintetis semacam material plastik, seperti nilon. Sedangkan yang kedua terbuat dari logam, misalnya saja material baja.

Keunggulan dari Tali Sling

Masing-masing jenis tali memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri, yang tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila digunakan untuk area perkapalan, pertambangan, dan sejenisnya maka tali baja lebih dianjurkan. Mengapa? Sebab memiliki sejumlah keunggulan berikut ini:

1. Material tidak mudah rusak

Material logam baik besi biasa maupun baja untuk pembuatan tali ini akan memberi keuntungan. Sebab sifatnya cenderung keras yang artinya material ini akan awet atau tidak mudah rusak. Sangat cocok untuk digunakan di lingkungan pekerjaan berat yang melibatkan barang-barang dan peralatan berat.

2. Tali terbilang kuat

Material logam yang digunakan untuk tali jenis sling juga bersifat kuat, yang artinya memiliki kemampuan mengangkut benda berat tanpa resiko putus atau patah di tengah penggunaan. Sangat tepat untuk mendukung pekerjaan berat agar tidak mudah tersendat oleh peralatan yang rusak mendadak, karena tentunya tidak mudah putus.

3. Tahan terhadap gesekan

Tali yang terbuat dari  baja maupun besi lebih tahan terhadap gesekan jika dibandingkan yang terbuat dari serat sintetis. Serat sintetis apabila bergesekan dengan benda-benda keras dan tumpul atau runcing maka perlahan akan terpotong. Berbeda dengan material baja atau besi yang tidak akan pernah tumpul dan patah meskipun bergesekan dengan material runcing dan tajam.

4. Tidak mudah melar

Keunggulan berikutnya dari tali jenis ini adalah sifatnya yang tidak akan melar karena memang tidak elastis. Berbeda sekali dengan material serat sintetis seperti plastik maupun karet yang akan melar. Terutama saat digunakan untuk mengangkat benda-benda yang cukup berat.

Sifatnya yang tidak mudah melar juga akan membuatnya awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang. Sehingga selepas satu proyek bisa disimpan dan kemudian dipakai kembali saat proyek baru didapatkan.

5. Cocok untuk alat-alat berat

Tali yang terbuat dari material besi dan baja akan sangat cocok dipadukan dengan alat-alat berat. Misalnya saja crane yang membantu mengangkut material berbobot yang sulit diangkat jika memakai tali dari serat sintetis. Maka di lingkungan kerja yang menggunakan alat-alat berat akan lebih ideal jika menggunakan tali jenis ini.

Alat berat umumnya juga memiliki material yang kuat dan mudah memutuskan material sintetis. Sehingga kurang cocok dipadukan dengan tali sintetis karena dijamin mudah sekali putus. Tidak heran jika penggunaan alat-alat berat selalu memilih tali dari material logam. Tali yang terbuat dari material baja atau besi memang menjadi pilihan ideal untuk lingkungan kerja yang berhubungan dengan alat-alat berat. Jadi, silahkan mempertimbangkan penggunaan tali sling dari baja yang keunggulannya dijelaskan di atas.

Baca Juga: Besi yang digunakan dalam Pembangunan Jembatan

Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan besi-besi berkualitas. Anda dapat menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu