Mengenal Arti dan Kegunaan Stainless Steel

mengenal arti dan kegunaan stainless steel

Salah satu jenis besi yang paling sering digunakan adalah stainless steel. Seperti artinya yang berarti besi tahan karat, stainless steel dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Dalam dunia teknik industri, ada sebuah bahan besi yang disebut dengan stainless steel. Jenis besi yang satu ini sangat sering digunakan, tak cuma untuk kebutuhan konstruksi, bahkan kegunaan stainless steel juga banyak ditemukan untuk kehidupan sehai-hari dan juga untuk beragam industri.

Baca Juga: Besi yang Sering Kita Gunakan Sehari-hari

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kegunaannya, mari kita telaah lebih dalam tentang arti stainless steel. Jika diartikan, stainless steel adalah besi tahan karat. Besi jenis ini terdiri dari beberapa bahan logam penyusun. Yaitu kromium, besi, mangan, karbon, silicon, dan nikel dalam takaran yang lebih banyak.

Nah, semua elemen tersebut ketika disatukan dapat bereaksi terhadap oksigen untuk menjadi suatu lapisan super tipis namun stabil. Lapisan tersebut tahan terhadap proses oksidasi alias korosi. Karena sifatnya itu, bahan stainless steel banyak dipakai untuk dibentuk menjadi beragam peralatan.

Manfaat Stainless Steel untuk Kehidupan

Popularitas stainless steel pun semakin tinggi karena kemampuan daur ulangnya yang sangat tinggi. Selain itu, bahan stainless steel juga sangat mudah perawatannya, karena nyaris tidak membutuhkan elemen tambahan sebagai agen pembersih.

Di kehidupan sehari-hari, kegunaan stainless steel pun sangat banyak. Antara lain:

1. Peralatan Rumah Tangga

Yang paling umum, stainless steel digunakan untuk dijadikan peralatan makan dan kebutuhan dapur. Misalnya, sendok dan garpu, pisau, spatula, dan lain sebagainya. Meskipun terdiri atas susunan bahan besi, ternyata stainless steel tidak memiliki dampak pencemaran terhadap makanan. Malah, ia melindungi bahan makanan karena karakteristiknya yang tahan karat.

Ditambah lagi, stainless steel telah diteliti dan memiliki kemampuan untuk menekan pertumbuhan mikroba dan bakteri mencapai 10 kali lebih baik dibandingkan material plastik dan polikarbon.

Terbayang bukan, apabila peralatan makan dan dapur kita berkarat, tentu akan membuat kandungan gizi pada makanan berubah menjadi racun.

2. Peralatan Kesehatan

Kembali lagi ke karakteristiknya yang tahan karat, kegunaan stainless steel juga banyak ditemukan di dunia kedokteran dan farmasi. Stainless steel dianggap sebagai sebuah bahan yang tidak memberikan dampak negatif terkait interaksinya dengan manusia.

Dalam dunia kedokteran, biasanya peralatan bedah yang dibuat menggunakan bahan stainless steel. Hal ini menjadi logis, mengingat stainless steel tidak akan menyimpan karat yang bisa saja masuk ke dalam tubuh saat proses operasi medis.

Sementara di dunia farmasi, stainless steel tergolong sebagai bahan yang memiliki ketahanan tinggi terhadap beragam jenis tes. Misalnya tes dalam suhu tinggi, tes tekanan, hingga tes keausan bahan.

3. Industri Otomotif

Dunia otomotif dan mesin tentunya membutuhkan dukungan bahan berkualitas. Mengingat kerja mesin yang berat, tentu membutuhkan daya tahan bahan yang lebih baik, seperti yang dimiliki oleh stainless steel.

Dalam dunia otomotif, kegunaan stainless steel banyak ditemukan untuk pembuatan knalpot, baut-baut, sekrup, hingga elemen kecil di dalam blok mesin. Alasannya jelas, jika menggunakan besi biasa, maka akan tercipta karat berbahaya untuk kesehatan mesin, yang berakibat mesin tak bisa bertahan lama.

Tak cuma mesin, stainless steel juga sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan baling-baling pesawat terbang maupun turbin generator. Korosi tentu membuat kemampuan putar baling-baling menjadi lemah. Maka dari itu, stainless steel yang tahan korosi menjadi pilihan terbaik.

Diantara banyak kelebihan stainless steel, ada juga kekurangannya. Stainless steel yang terdiri dari beberapa bahan logam tentu membuatnya menjadi bahan konduktor yang sangat baik. Ia bisa menghantarkan panas dan juga dialiri listrik. Oleh karena itu, penggunaan stainless steel harus jelas dan aman bagi manusia di sekitarnya.

Demikianlah tadi, beberapa kegunaan stainless steel untuk kehidupan dan juga berbagai industri. Bahan yang satu ini terbukti membuat hidup menjadi lebih mudah, dengan karakteristiknya yang banyak bernilai manfaat.

Baca Juga: Cara Mudah agar Besi Tidak Berkarat

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu