Manfaat Besi di Kehidupan Sehari-Hari

manfaat besi di kehidupan sehari-hari

Besi memiliki banyak kegunaan selain digunakan dalam konstruksi. Apa saja manfaatnya di kehidupan sehari-hari? Simak artikel berikut.

Besi merupakan salah satu jenis logam yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari sifat besi yang memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Daya tahan yang dimiliki besi membuatnya sering dimanfaatkan untuk keperluan konstruksi maupun yang lainnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi untuk Berbagai Keperluan

Ingin tahu apa saja manfaat dari besi dalam kehidupan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Berbagai Manfaat Besi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut adalah berbagai manfaat besi dalam kehidupan sehari-hari yang dijamin umum atau banyak dijumpai:

1. Dijadikan Peralatan Rumah Tangga

Penggunaan material besi untuk keseharian adalah dijadikan sebagai peralatan rumah tangga. Khususnya untuk besi jenis stainless yang memang kuat sekaligus tahan karat atau korosi. Peralatan rumah tangga yang dibuat dari besi ini sangat beragam. Dimulai dari peralatan makan seperti sendok dan garpu, kemudian panci, wajan, dan lain sebagainya.

2. Digunakan dalam Konstruksi

Sifat besi yang kuat dan kokoh membuatnya ideal untuk dimanfaatkan dalam kegiatan konstruksi. Berbagai jenis besi digunakan sebagai kerangka bangunan bisa pula dijadikan kerangka atap. Besi tertentu juga digunakan untuk pembuatan konstruksi jembatan maupun rel kereta api. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari besi sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

3. Menjadi Bahan Mesin Berat

Pernah melihat atau bahkan menggunakan mesin berat seperti mesin bor, penggiling jalan, dan sebagainya? Semua peralatan ini masuk kategori mesin berat yang dibuat dari material besi. Besi memiliki kekuatan yang mengagumkan sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan mesin berat yang membantu pekerjaan berat. Seperti mengebor jalan maupun pekerjaan berat lainnya.

4. Dijadikan Pagar dan Kawat Pembatas

Besi juga sering digunakan sebagai material pagar rumah, sekolah, gedung, dan lain sebagainya. Selain itu sering pula dimanfaatkan untuk membuat kawat pembatas seperti yang ada di lapangan olahraga maupun area sekolah. Material besi yang kuat akan melindungi area yang menggunakannya dari berbagai gangguan, misalnya pagar besi melindungi rumah dari ayam tetangga.

5. Menjadi Bahan Perkakas

Besi juga bisa diolah menjadi perkakas seperti tang, obeng, dan sejenisnya yang dipakai untuk pekerjaan tukang. Material besi membuat perkakas lebih kuat dan bisa diandalkan dalam kegiatan pertukangan. Inilah alasan kenapa perkakas dari besi cenderung tahan lama karena sifat besi yang kuat.

6. Dijadikan Pipa

Besi juga bisa dijadikan material pembuatan pipa, yakni pipa besi seperti pipa besi hollow yang banyak digunakan dalam kegiatan konstruksi. Sifat besi yang kuat membuat pipa bisa tahan lama dan berfungsi dengan maksimal. Kekuatan besi juga tidak dipengaruhi oleh cuaca sehingga pipa besi yang ditempatkan di luar ruangan tidak akan mudah rusak.

7. Dijadikan Bahan Peralatan Keamanan

Besi yang memiliki karakter kuat, tahan lama, dan beberapa diantaranya juga tahan karat membuatnya dimanfaatkan dalam pembuatan peralatan keamanan. Misalnya saja diolah atau dibuat menjadi gembok, brankas, loker, kunci pintu, dan lain sebagainya. Besi banyak dipilih untuk pembuatan peralatan keamanan karena selain kuat dan tahan lama, juga karena tidak mudah dihancurkan.

8. Menjadi Kerangka Mobil

Dalam kehidupan sehari-hari besi juga bisa ditemukan pada kendaraan, yakni pada bagian kerangka. Misalnya untuk pembuatan kerangka mobil yang biasanya menggunakan material satu ini. Satu unit mobil biasanya menggunakan lebih dari satu jenis besi, misalnya saja besi grey cast untuk gear box dan juga piston. Kerangka besi pada mobil membuat tampilan fisik mobil kuat dan tegas sekaligus tidak mudah remuk.

Besi memang sangat mudah ditemukan dalam keseharian, dan sebagian besar aktivitas tentu menggunakan material satu ini. Adapun penggunaan besi dalam kehidupan sehari-hari sangat kompleks, detailnya bisa dilihat dari penjelasan di atas.

Baca Juga: Bermacam-Macam Proses Pembuatan Besi

Jika Anda memerlukan bahan besi terbaik, KPS Steel selaku distributor besi menyediakan jenis-jenis besi berkualitas sesuai SNI. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu