Kreasi Rumah dengan Material Besi, Wajib Coba!

kreasi-rumah-dengan-material-besi

Membuat kreasi rumah dengan material besi memangnya bisa? Bisa.

Malahan material besi dapat disulap menjadi berbagai pernak-pernik rumah dengan budget yang sangat bersahabat. Pengubahan material besi menjadi desain interior dan eksterior rumah memang masih belum banyak diketahui. Padahal dari sisa besi bekas saja Anda sudah bisa membuat serangkaian furnitur dan ornamen super manis sebagai hiasan rumah!

Baca Juga: Yuk Hitung Besi Wiremesh Sesuai Kebutuhan

Kreasi Rumah dari Material Besi

Tak banyak yang mengetahui perihal material besi yang dapat dirubah menjadi pelengkap desain rumah. Padahal besi memiliki beragam kelebihan, mulai dari rangkanya yang kuat hingga kemampuannya untuk dibentuk sesuai selera. Berikut adalah beberapa daftar inspirasi desain dari material besi yang bisa Anda intip.

1.Rak bunga

Anda penyuka tanaman? Bgaimana jika tanaman Anda diletakkan dalam sebuah rak besi yang estetik? Pastinya rumah akan langsung terlihat rapi, indah, dan lebih teratur. Kreasi besi yang pertama bisa Anda dedikasikan pada pembuatan rak tanaman.

Biasanya besi disusun secara vertikal, dengan membentuk kotak-kotak persegi. Nantinya tiap kotak akan diisi dengan pot tanaman. Pembuatan rak tanaman ini sangat mudah, sebab Anda tak memerlukan banyak peralatan. Cukup bahan besi dan las saja untuk menyatukan bentuknya. 

Sebagai penambah keindahan, Anda bisa menggunakan beragam cat besi, sesuai dengan corak kesukaan.

2.Kitchen storage

Desain ini cocok bagi Anda yang menyukai rumah dengan tema minimalis. Terdapat beberapa jenis kitchen storage yang bisa Anda coba. Pertama, rak gantung untuk tempat penyimpanan piring sehabis dicuci, sebelum dipindahkan ke lemari simpan.

Kedua, rak mini sebagai lokasi menyimpan bumbu dan bahan-bahan masak lainnya. Menggunakan besi akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan bentuk dan dimensi dari rak tersebut. Ketiga, Anda bisa membuat rak berbentuk tinggi dan ramping, yang bisa digunakan untuk meletakkan makanan siap saji.

Untuk menghindarkan terjadinya karat karena cipratan air dan minyak di dapur, Anda disarankan untuk  menggunakan cat pelapis.

3.Gantungan baju dan pernik

Punya ruangan tidur yang mini, namun tetap ingin punya kreasi rumahyang apik? Nah, Anda bisa menggunakan ide kreasi besi yang satu ini, dengan merubah besi di rumah Anda menjadi tempat menggantung baju. 

Tak memerlukan banyak alat, kreasi ini bisa Anda wujudkan cukup dengan bahan besi sepanjang 1 hingga 1,5 meter saja, yang kemudian diberikan bentuk melengkung pada sisi atasnya. Karena tampilannya yang jenjang, rak gantung ini akan cocok diletakkan pada semua jenis kamar. 

Ohiya, bukan hanya rak untuk baju saja, namun bisa juga Anda jadikan sebagai tempat gantung topi, handuk, asesoris, dan keperluan lainnya.

4.Tempat menyimpan jilbab

Nah, apakah Anda pernah terpikirkan untuk membuat dekorasi tempat penyimpanan jilbab dari material besi?

Bentuklah besi menjadi sebuah rak dengan bentuk bulatan-bulatan. Nantinya jilbab Anda bisa digantungkan di dalamnya. Mengapa bentuknya bilat? Sebab dengan bentuk ini Anda bisa mendapatkan 2 keuntungan, yaitu tempat meletakkan jilbab, sekaligus deskorasi kamar yang unik.

Jumlah dan ukuran dari lubang jilbab bisa Anda sesuaikan dengan ketersediaan material dan luasnya ruangan. Sama seperti kreasi yang lain, Anda harus memberikan cat pelapis, agar rak bisa tahan dna tidak mengotori jilbab.

5.Meja santai

Bagi Anda yang memiliki kebun belakang ataupun spot untuk bersantai di luar rumah, kreasi rumahini cocok untuk dicoba. Mengubah besi menjadi sebuah meja santai bisa memberikan kesan yang unik pada rumah Anda.

Anda bisa membuatnya dalam bentuk kotak simpel, atau bundaran yang unik dengan kaki-kaki yang melengkung. Pada bagian atasnya, bisa dilengkapi dengan kaca bening untuk tampilan yang elegan namun tetap santai.

Baca Juga: Karat Besi Bisa Terhindar dengan Cara Ini

Itulah beberapa pilihan kreasi rumah dengan material besi. Pembuatannya mudah, zdan materialnyapun tidak merepotkan. Bagaimana, apakah sudah siap untuk dicoba?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu