Keunggulan Tangga Rumah Baja Ringan dan Cara Buatnya

Memilih tangga rumah baja ringan sebagai akses ke lantai atas merupakan pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan baja ringan memiliki keunggulan untuk menahan beban berat dan awet. Material ini cukup sering digunakan sebagai bahan konstruksi sehingga tidak asing jika penggunaannya juga untuk pembuatan tangga. Terdapat beragam model tangga rumah baja ringan yang dapat dipilih sesuai selera, Anda bisa membentuk sesuai keinginan dan melakukan pemasangan dalam waktu relatif singkat.

Sebagai salah satu bagian dari rumah, tampilan tangga bukan hanya berperan untuk menghubungkan aktivitas lantai bawah dengan lantai atas. Lebih dari itu, secara tampilan juga akan memberikan kesan estetik sehingga orang melihatnya sebagai sesuatu yang menarik. Beberapa orang bahkan meletakkan berbagai hiasan pada area dinding tangga, maupun lantai diantara anak-anak tangganya.

Meskipun memasukkan desain menarik sebagai pertimbangan, namun pastikan kembali Anda tetap menomorsatukan keamanan sehingga anak kecil maupun lansia sekalipun bisa tetap merasa aman menaiki dan menuruni satu demi satu anak tangganya di rumah.

Baca Juga: Keuntungan Konstruksi Baja Ringan untuk Rumah

Begini Kelebihan Tangga Rumah dari Baja Ringan

Beberapa orang memilih menggunakan tangga rumah baja ringan dengan berbagai alasan. Meskipun kelihatannya yang dibuat menggunakan batu-bata lebih kokoh, namun material baja ringan juga memberikan keunggulan seperti:

  1. Lebih ringan dan mudah dipindahkan ke mana saja. Bobot ringan ini memberikan kemudahan bagi para pekerja ketika melakukan pemasangan. Tidak butuh waktu lama, proses bisa selesai cepat.
  2. Fleksibel, tidak selalu bentuknya memanjang kaku dan tidak bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan. Jika memang harus memutar karena bentuk ruangan tidak mendukung untuk bentuk memanjang, maka hal ini bisa saja dilakukan.
  3. Perlu diingat bahwa material ini bukan besi sehingga tidak perlu khawatir berkarat apabila sudah terpakai cukup lama.

Ketiga kelebihan tangga rumah baja ringan tersebut dapat semakin menguatkan pilihan Anda untuk memilih material dalam membangun sebuah hunian. Sifatnya yang anti karat membuat material ini sangat cocok sekalipun diposisikan pada bagian luar rumah. Beberapa tempat yang memposisikan di luar bangunan biasanya akses dari ruko jual beli menuju gudang lantai atas atau hunian di lantai atas. Bisa juga merupakan penghubung antara pemilik kontrakan dengan berpetak kontrakan pada lantai 2.

Proses Pembuatan Tangga Baja Ringan

Untuk proses pembuatan tangga rumah baja ringan, Anda bisa menyerahkan semuanya pada tenaga ahli. Namun, tidak ada salahnya mengetahui informasi berikut supaya tidak dikelabui oknum tidak bertanggung jawab:

  1. Membuat sketsa ukuran panjang, tinggi, dan lebar, sekaligus kemiringan konstruksi penghubung lantai 1 dan dua dengan tepat menggunakan meteran.
  2. Menggunakan triplek dan kayu kaso sebagai bekisting.
  3. Manfaatkan besi tulangan dua lapis sebagai bagian atas dan bawah berdiameter 8/10 mm.
  4. Gunakan beton k175 untuk mengecor area tersebut atau bisa dengan memanfaatkan campuran semen, pasir, kerikil yang perbandingannya 1:2:3.

Selanjutnya mengenai bentuk, melingkar atau memanjang ke atas tergantung pada bentuk bangunan. Akan lebih aman memang jika bentuknya tidak banyak memutar, terutama bagi lansia maupun anak kecil. Namun, kembali kepada selera masing-masing orang. Yang pasti, sebelum menentukan desain seperti apa, hal teknis utama itu wajib memilih baja ringan. Anda dapat menghubungi atau mengunjungi KPS Steel.

Baca Juga: Kelebihan Baja Ringan dan Manfaatnya untuk Rumah Minimalis

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu