4 Keunggulan Tangga Putar Beton untuk Rumah Minimalis

tangga-putar-beton-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Pemasangan tangga putar beton biasanya menjadi pilihan bagi beberapa hunian minimalis yang memiliki lahan luas. Sebab, tangga putar beton akan menimbulkan nilai mewah sekaligus estetik. Hal ini dapat menjadi unique point dari suatu tempat. Selain fungsinya menghubungkan lantai bawah dan atas, desain tangga berputar juga memberikan sentuhan estetik secara visual. Beberapa orang bisa memanfaatkannya sebagai area foto prewedding asalkan fotografer memiliki kemampuan andal untuk mengambil angle.

Selain ditempatkan pada area dalam rumah, jenis penghubung dua lantai ini juga kerap dipasang pada bagian luar bangunan. Contoh, beberapa minimarket yang bagian atasnya ada gudangnya bisa memanfaatkan model melingkar untuk efisiensi tempat. Karena menjadi akses pekerja untuk membawa barang-barang berat, tangga beton dengan keunggulannya yang kokoh mampu menahan beban berat.

Baca Juga: Mempelajari Konstruksi Tangga Putar Besi

Alasan Mengapa Memilih Tangga Putar Beton

Ada beberapa alasan kenapa beberapa orang memilih tangga putar beton guna melengkapi konstruksi hunian mereka:

  1. Memberikan daya tarik lebih dibandingkan pemasangan tangga tradisional, apalagi jika bahan dasarnya dari kayu. Biasanya juga bahan kayu selalu kaku dan agak sulit apabila dibentuk macam-macam.
  2. Bentuknya yang berputar secara tidak langsung memberikan akses pada cahaya ke segala sisi tangga, sehingga lebih aman.
  3. Material beton memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan kayu. Awetnya material membuat pengeluaran juga terhitung lebih hemat.
  4. Penyebab orang jatuh sampai ke dasar tangga karena bentuknya yang lurus atau horizontal tanpa belokan. Sementara, sedikit belokan pada desain ini menahan tubuh Anda agar tidak sampai jatuh tergelincir ke bagian terbawah.

Detail Tangga Putar Beton

Sebagai bagian penting area dalam maupun luar ruangan, tangga putar beton memiliki detail yang mana masing-masing detailnya memberikan fungsi berbeda-beda. Berikut merupakan penjelasan dari detail tangga dari bahan dasar beton:

  1. Handrail atau pegangan tangan pada salah satu sisi yang tidak menempel pada tembok. Pegangan kuat dapat menjaga keselamatan serta keamanan ketika Anda naik turun.
  2. Selain handrail, baluster juga digunakan sebagai sarana berpegangan bagi orang-orang yang naik turun tangga. Terutama dalam hal ini saat anak kecil berjalan di atasnya.
  3. Newel post adalah lekukan ketika menyentuh posisi teratas anak tangganya. Lekukan dibuat untuk mengamankan setiap orang ketika sudah sampai pada tujuan teratas.
  4. Wall stringer atau penghubung antara masing-masing pijakan dengan dinding. Karena ini bukan benda yang dibuat manual maka butuh penyambung dengan detail pengerjaan akurat.
  5. Tread adalah pijakan. Memilih tread berbahan dasar tepat membantu siapapun yang menginjaknya selalu merasa aman. Paling penting adalah tidak memilih bahan licin.
  6. Bullnose memiliki peranan untuk membuat lekukan terlihat lebih indah.

Baca Juga: Membuat Tangga Industrial Minimalis dengan Besi Wiremesh

Detail spesifikasi setiap elemennya memberikan berbagai manfaat berbeda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu