Kenali Beberapa Fungsi Teknologi Konstruksi

pondasi tiang pancang KPS Steel distributor besi jakarta

Pembangunan infrastruktur semakin meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini sudah banyak gedung-gedung yang dibangun di berbagai tempat baik di kota sampai di daerah-daerah yang menggunakan konstruksi terbaik. Disinilah fungsi teknologi konstruksi berperan.

Adanya teknologi di dalam konstruksi sebuah bangunan menciptakan bentuk bangunan yang beragam, baik bangunan rumah, bangunan rumah, gedung tinggi pencakar langit, perkantoran, sampai bangunan infrastruktur seperti jalan, stadion, jembatan, dan lain-lain.

Teknologi konstruksi di masa sekarang banyak yang dilengkapi dengan perangkat lunak berbasis komputer. Perangkat lunak tersebut digunakan untuk mengoperasikan alat berat dalam pembangunan konstruksi. Hal ini menyebabkan proses pembangunannya lebih efisien dan praktis.

Sebelum membahas fungsi teknologi lebih dalam lagi, mari mengenal apa itu teknologi konstruksi, tujuan & fungsinya terlebih dahulu.

Sebelum Membahas Fungsi Teknologi Konstruksi: Apa Itu Teknologi Konstruksi?

Konstruksi merupakan bagian dari cabang ilmu teknik sipil dimana cabang ilmu ini berhubungan langsung dengan masyarakat umum. Berbicara tentang konstruksi pasti tak jauh tentang hunian atau bangunan.

Ambil contoh rumah. Dulu, rumah hanya digunakan sebagai tempat berteduh atau berlindung dari cuaca dingin dan hewan buas. Namun, seiring berjalannya waktu, rumah mengalami perubahan revolusioner baik dari fungsi mau pun dari teknik pembangunannya.

Rumah awalnya dibuat dari campuran batu dan lumpur saja. Lalu, setelah mendapat sentuhan teknologi, material rumah semakin beragam dan modern. Pembangunan rumah sekarang menggunakan material campuran, seperti kaca, beton, batu, kayu, dan lain-lainnya.

Fungsi teknologi konstruksi di sini secara umumnya adalah untuk memberikan gambaran ruang dan desain bangunan yang efektif, hemat bahan bangunan, dan uang, tapi mempunyai daya tahan tinggi serta kualitas yang bagus sehingga layak huni.

Peran teknologi konstruksi sangat penting untuk memperhitungkan pembangunan karena berfokus pada kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya.

Dalam teknologi konstruksi, diperhitungkan jenis bangunan, material yang cocok dengan lokasi pembangunan, kondisi alam, tingkat keamanan dari hewan liar dan bencana alam, dan lain-lainnya.

Seiring waktu, perkembangan teknologi konstruksi yang ada di negara ini berpengaruh pada pembangunan infrastruktur. Sumber daya manusia dan teknologi menjadi kombinasi tepat yang membantu Indonesia semakin berkembang dari segi pembangunan.

Apa Saja Fungsi Teknologi Konstruksi?

Teknologi konstruksi berguna untuk menunjang sarana dan prasarana yang memudahkan mobilitas dan aktivitas manusia. Selain itu, fungsi lainnya yaitu memberikan dukungan semua pekerjaan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan manusia.

Dengan adanya teknologi, diharapkan penerapannya mampu memberikan kemudahan dalam bentuk konstruksi apa pun, seperti rel kereta api, jembatan, dan jalan raya.

Lazimnya, suatu negara pasti mendorong peningkatan pemanfaatan teknologi konstruksi ini dapat mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik di masa depan.

Salah satu prinsip yang fundamental dari teknologi konstruksi adalah penerapan Building Information Modeling (BIM) atau yang lebih dikenal dengan sebutan teknologi konstruksi berdasarkan industri 4.0. Nah, berikut ini adalah  yang paling utama:

  • Mempermudah proses pembangunan berbagai gedung, apartemen dan rumah yang menggunakan teknologi tepat dan berkualitas tinggi.
  • Mempermudah dan mendukung pekerjaan manusia dalam berbagai pembangunan lainnya.
  • Memudahkan proses transportasi dan komunikasi, seperti untuk proses pembangunan infrastruktur rel kereta api, jembatan dan jalanan.

Jenis-jenis Teknologi Konstruksi

Proyek konstruksi merupakan sebuah rangkaian pembangunan yang berkaitan dan mempunyai tujuan dalam mutu, waktu dan biaya. Proyek konstruksi memerlukan berbagai sumber daya seperti sumber daya manusia, material bangunan, metode pelaksaan, uang, informasi, waktu, peralatan, dan informasi. Jenis-jenis teknologi konstruksi meliputi:

  • Proyek Konstruksi Bangunan Pemukiman

Macam-macam proyek pembangunan seperti hotel, vila, apartemen merupakan proyek konstruksi yang melibatkan teknologi modern yang canggih. Kegiatan konstruksi pembangunan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya pembangunan pribadi dan massal.

Dalam proses pembangunannya, proyek bangunan membutuhkan perencanaan wilayah yang matang dan menyeluruh, terutama dengan penyediaan berbagai fasilitas dan jaringan infrastruktur mencakup jaringan listrik, air bersih, dan lain-lainnya. 

Selain itu, material berkualitas, khususnya besi bangunan juga didatangkan dari supplier terpercaya seperti KPS Steel.

  • Proyek Konstruksi Bangunan untuk Gedung

Konstruksi bangunan menjadi jenis pekerjaan proyek yang banyak dilakukan karena cenderung menekankan pertimbangan konstruksi. Berbagai pertimbangan dalam teknologi seperti ini bersifat lebih praktis dan pertimbangan pada berbagai peraturan bangunan.

Berbagai pertimbangan di dalam teknologi ini sifatnya lebih praktis, penuh pertimbangan dan patuh pada peraturan pembangunan setempat.

  • Proyek Konstruksi Teknik Sipil

Proyek ini dikenal dengan istilah heavy engineering contruction. Kebanyakan, pemilik proyek ini merupakan pemerintah daerah yang ada di satu kota atau kabupaten.

Proses penggarapan proyek teknologi konstruksi ini mencakup elemen desain, pertimbangan hukum, dan uang. Hal-hal tersebut menjadi poin penting saat memutuskan pertimbangkan saat memulai pembangunan.  

Proyek ini tidak mengambil keuntungan besar karena tujuannya untuk kepentingan masyarakat umum. Yang termasuk ke dalam proyek ini adalah infrastruktur lingkungan seperti bendungan, pertambangan, taman, jalur kereta api.

  • Proyek Konstruksi untuk Bangunan Industri

Untuk menggarap konstruksi ini, diperlukan perencanaan matang yang berhubungan dengan desain dan konstruksi di dalamnya.

Proyek ini termasuk dalam bagian yang relatif minim dibandingkan industri konstruksi, tapi komponen di dalamnya sangat penting bagi perkembangan bangunan industri. Pada umumnya, yang menjadi pemimpin proyek ini adalah perusahaan kimia, perusahaan farmasi dan perusahaan minyak.

Mayoritas, pihak yang membangun proyek konstruksi ini adalah perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan minyak, farmasi, dan kimia.

Tingkat Kemajuan Teknologi Konstruksi

Setelah membahas pengertian dan fungsi teknologi konstruksi hingga jenisnya, maka ketahui tingkat kemajuannya. 

Jadi, teknologi konstruksi yang ada tidak hanya terlihat dari berbagai material yang digunakan saja, tapi juga dari alat yang digunakan dalam membuat produk konstruksi. Sebelumnya, berbagai alat digunakan dalam menggarap konstruksi masih sederhana, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Namun, di masa ini sudah banyak berbagai peralatan yang menggunakan teknologi modern yang canggih, sehingga mempermudah dan mempercepat proses pembangunannya.

Majunya teknologi konstruksi terlihat dari metode dan peralatan yang digunakan. Dulu, mencampur semen dan pasir dilakukan secara manual oleh tangan manusia. Sekarang, pekerjaan tersebut dilakukan dengan mesin atau alat yang disebut molen.

Molen beroperasi dengan menggunakan mesin canggih yang mampu mencampur adonan semen dan pasir sampai 50 kg. Melihat kemampuannya, kita yakin bahwa alat ini sangat berguna bagi para tukang yang sangat terbantu pekerjaannya.

Dengan hadirnya perkembangan alat dan bahan bangunan yang semakin berkualitas, bentuk konstruksi di masa kini pun semakin baik dan bentuknya beragam, terutama konstruksi yang ada di kota-kota besar Indonesia.

Dengan adanya perkembangan teknologi konstruksi saat ini, manusia dapat membangun hunian vertikal sampai puluhan lantai yang bentuknya unik dan beragam.

Hal ini tentu merupakan sesuatu yang harus disyukuri sebab pesatnya perkembangan teknologi konstruksi, aktivitas dan mobilitas manusia semakin mudah. Saat ini kita bisa merasakan nikmatnya bandara, gedung perkantoran yang modern, apartemen yang lengkap fasilitasnya dan jalan layang yang nyaman.

Jika Anda ingin membangun hunian atau gedung, percayakan kebutuhan besi Anda pada distributor besi Jakarta KPS Steel. Besi KPS Steel dapat mendukung pembangunan Anda.

Produk KPS Steel sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, kami sudah dipercai oleh beragam klien besar di dunia konstruksi. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk mempelajari beragam produk besi yang tersedia.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait